Tujuan Kode Etik Profesi dalam Berabagi Bidang

Diposting pada

Tujuan Kode Etik

Kode etik merupakan istilah yang sering kita sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi dengar atau bahkan kita ucapkan. Namun, dalam mendefinisikan makna kode etik terkadang masih sulit bahkan salah pemaknaannya. Kode etik merupakan aturan yang mengatur mengenai hal yang baik dan buruk dalam suatu profesi tertentu. Baik itu guru, wartawan, perawat, kebidanan, dan lainnya.

Segala hal yang ada di muka bumi ini haruslah diatur agar keberjalanannya tidak menemui hambatan dan semua berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Hal yang lebih penting dengan adanya kode etik adalah untuk dapat melindungi hak setiap orang sesuai dengan profesinya. Kode etik berkaitan dengan perilaku dari seseorang.

Kode Etik

Kode etik ini disusun degan sengaja dan secara sistematik berdasarkan prinsip-prinsip moral dan sesuai dengan kebutuhan. Fungsinya adalah untuk menghakimi berbagai jenis tindakan dan perilaku yang mungkin melanggar aturan profesionalisme.

Sikap ketaatan terhadap kode etik merupakan ketaatan yang alamiah, karena adanya kesadaran dalam diri seseorang untuk mengikuti aturan profesinya.

Tujuan Kode Etik

Tujuan dari kode etik sebenarnya telah terintegrasi dalam pengertian kode etik itu sendiri, yaitu mengatur secara hukum sikap dan pelaksanaan profesi seseorang. Namun, untuk lebih jelasnya akan diperinci satu per satu sebagai berikut.

Professional dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa/nasabah

Dengan adanya kode etik yang mengatur profesionalisme seseorang dalam menjalankan tugasnya, maka setiap profesi akan memiliki standar kinerja. Melalui standar kinerja tersebut, maka ada pegangan untuk berperilaku. Kepatuhan terhadap kode etik akan berujung pada kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna/nasabah.

Berperan sebagai pelindung terhadap adanya tindakan pelanggaran keprofesian

Kode etik berisi mengenai norma, hukum dan aturan terkait baik dan buruk suatu perilaku professional seseorang. Dengan demikian, maka tindakan pelanggaran dapat dihindari karena adanya kesadaran akan pentingnya mematuhi kode etik tersebut.

Selain itu, adanya sanksi/hukuman akan menyadarkan seseorang untuk selalu bertindak sesuai aturan yang ada. Sehingga, pelanggaran keprofesian tidak akan terjadi.

Menjunjung tinggi martabat profesi

Kode etik yang mengatur perilaku profesi akan mendorong adanya perilaku yang baik dan sesuai aturan. Dengan adanya kondisi seperti ini, maka martabat suatu profesi tertentu dapat dikenal baik oleh para nasabah. Misalnya, seorang dokter yang bekerja sesuai dengan kode etik profesi dokter. Maka, para pasien akan melabeli profesi dokter yang bekerja dengan baik sesuai standar operasional yang ada.

Menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota

Kesadaran untuk mematuhi kode etik akan berujung pada perilaku baik dan pandangan pengguna akan kinerja profesi yang baik juga. Hal ini akan mendorong pada terpeliharanya kesejahteraan anggota, karena para nasabah akan menggunakan secara kontinu jasa suatu profesi tersebut, sehingga sejahteralah anggotanya.

Bermanfaat bagi pengabdian para anggota profesi

Suatu profesi ada untuk peningkatan kegiatan pengabdian profesi, hal ini bermaksud untuk anggota profesi agar dapat dengan mudah mengetahui tugas dan tanggung jawab pengabdian dalam melaksanakan tugas profesionalismenya. Oleh karena itu, kode etik merumuskan ketentuan-ketentuan yang perlu dilakukan dan dihindari oleh para anggota profesi dalam menjalankan setiap tugasnya.

Berguna dalam upaya meningkatkan mutu profesi

Tidak jauh berbeda dari tujuan mensejahterakan anggota profesi, yaitu kode etik berguna dalam meningkatkan mutu profesi. Anggota profesi yang melaksanakan tugas profesionalismenya dengan baik berdasarkan kode etik yang ada maka kinerjanya akan baik. Hal ini berdampak poritif pada baiknya pula pandangan masyarakat pada profesi tersebut. Dengan demikian, mutu profesi akan meningkat di benak masyarakat.

Berguna dalam upaya meningkatkan mutu organisasi profesi

Tidak hanya mutu profesi yang meningkat, tetapi organisasi dalam setiap profesi juga akan meningkat karena setiap anggota profesi memiliki kewajiban untuk berpartisipasi membina kegiatan-kegiatan organisasi profesi yang telah dirancang.

Mampu meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi

Suatu profesi diakui sebagai penyedia layanan tertentu (sesuai dengan profesinya) untuk kesejahteraan masyarakat secara umum. Hal ini berarti bahwa anggota profesi harus mampu untuk memberikan layanan tanpa memikirkan keuntungan pribadi. Tujuan ini akan tercapai dengan adanya kode etik yang mengatur baik buruk perilaku anggota profesi.

Mampu mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat

Setiap profesi memiliki organisasi professional seperti Ikatan Dokter Indonesia maupun organisasi profesi yang lainnya. Organisasi profesi ini dikelola dan dipelihara dengan berpedoman pada kode etik yang disepakati. Dengan mematuhi kode etik tersebut, maka setiap anggota profesi mampu mempererat jalinan dalam organisasi profesi.

Menentukan standar baku profesi sendiri

Kode etik sejatinya disusun berdasarkan prinsip dan tujuan masing-masing profesi. Sehingga, dengan adanya kode etik maka akan lebih mudah dalam menentukan standar baku profesi itu sendiri sebagai identitas profesi dalam kegiatan yang dilakukan.

Contoh Kode Etik

Untuk memberikan penjelasan yang memahamkan. Maka berikut ini contoh pengalaman dalam kode etik guru pembimbing atau konselor sekolah yang ada untuk profesi guru, baik sebagi honorer ataupun ASN.

Konselor atau guru pembimbing di SMA Negeri 01 Surakarta harus menghormati harkat pribadi, integritas dan keyakinan setiap siswanya

Dari kode etik tersebut maka tujuan adanya konselor atau profesi guru dilakukan demi lancarnya pendidikan untuk menunjang segala kebutuhan siswa, khususnya di SMA Negeri 01 Surakarta.

Nah, itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang lengkap bisa kami berikan kepada segenap pembaca berkaitan dengan tujuan kode etik dalam profesi yang dijalankan manusia dan contohnya. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *