Tujuan Kegiatan Ekonomi dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Contoh Kegiatan Ekonomi

Ekonomi nasional selalu menjadi hal utama yang di sorot oleh masyarakat. Kegiatan dalam motif ekonomi tidak hanya terkait perekonomian negara saja, melainkan juga kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya. Upaya yang dilakukan untuk mencapai kesejahteraan inilah yang kemudian disebut sebagai kegiatan ekonomi.

Manusia, sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Baik kebutuhan yang berupa barang maupun jasa, baik kebutuhan lahiriah maupun kebutuhan batiniah. Semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi melalui berbagai kegiatan ekonomi agar mencapai kesejahteraan hidup masyarakat dan juga meningkatkan pendapatkan ekonomi secara nasional.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang setiap hari bahkan setiap waktu kita lakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar. Segala upaya yang dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari melalui berbagai pengorbanan (usaha) dapat disebut sebagai kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu

  1. Produksi
  2. Distribusi
  3. Konsumsi

Pelaku ekonomi pun terbagi menjadi tiga, yaitu;

  1. Pelaku ekonomi rumah tangga produsen
  2. Pelaku ekonomi rumah tangga konsumen
  3. Pelaku ekonomi pemerintah
  4. Pelaku ekonomi terbuka

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Sama halnya dengan kegiatan ekonomi yang juga memiliki tujuan dalam pelaksanaannya. Berikut beberapa tujuan dari dilakukannya kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Memenuhi kebutuhan hidup (primer, sekunder, dan tersier)

Kegiatan ekonomi dilakukan untuk tujuan pemenuhan dalam arti kebutuhan baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun kebutuhan tersier. Manusia sebagai makhluk ekonomi akan selalu berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Namun, sifatnya yang sosialis mendorong manusia untuk saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. mereka akan berbagi peran baik sebagai produsen, distributor maupun konsumen agar kebutuhannya dapat terpenuhi dengan baik.

Memproduksi barang/jasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa peran manusia terbagi menjadi produsen, distributor, dan konsumen. Maka peran manusia sebagai produsen lah yang melakukan kegiatan ekonomi berupa produksi barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan manusia yang lain.

Mendistribusikan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup

Barang hasil produksi merupakan barang yang diperlukan dalam kehidupan, untuk itu harus didistribusikan kepada individu atau kelompok yang membutuhkan. Kegiatan ekonomi bertujuan untuk mendistribusikan barang/jasa ini melalui perannya sebagai distributor.

Mengkonsumsi produk hasil dari kegiatan produksi

Kegiatan ekonomi yang selanjutnya adalah kegiatan konsumsi. Kegiatan ini merupakan kegiatan ekonomi akhir yaitu mengurangi atau menghabiskan nilai dari produk yang telah dihasilkan dan didistribusikan. Melalui kegiatan konsumsi inilah manusia dapat merasa terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Memilih barang atau jasa Berdasarkan pilihan yang ada

Manusia selalu dihadapkan pada banyaknya pilihan untuk barang/jasa yang dibutuhkan. Untuk memilih yang terbaik, maka manusia harus melakukan kegiatan ekonomi yaitu mempertimbangkan berbagai konsekuensi atas pilihannya sebelum benar-benar memilih.

Sebagai contoh skala priotitas, sebelum memilih jasa pendidikan yang dibutuhkannya maka harus dipertimbangkan dahulu biaya, dan manfaat yang mungkin diperolehnya dari pilihan lain yang ada.

Mengidentifikasi perbedaan kualitas barang dan jasa

Mengidentifikasi perbedaan kualitas merupakan jalan untuk dapat memilih produk yang terbaik bagi pemenuhan kebutuhan hidup.

Kualitas tidak hanya dilihat secara fisik, namun juga dilihat dari biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh produk dengan kualitas tertentu. Pertimbangan ini dilakukan dalam berbagai kegiatan ekonomi, yaitu produksi, distribusi, maupun konsumsi agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik.

Memilih kebutuhan mana yang akan dipenuhi lebih dulu berdasarkan susunan skala prioritas

Kebutuhan hidup memang tidak ada habisnya. Oleh karena itu, diperlukan skala prioritas untuk menentukan kebutuhan mana yang akan didahulukan pemenuhannya. Dengan demikian, kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Tanpa adanya skala prioritas maka kegiatan ekonomi hanya sebatas usaha semata tanpa diperoleh hasil yang maksimal.

Mempertimbangkan untung atau rugi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kegiatan ekonomi dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Namun, kegiatan ekonomi juga dapat digunakan untuk mempertimbangkan untung atau rugi atas kegiatan yang telah dilakukan tersebut.

Misalnya dalam kegiatan ekonomi produksi, maka akan dapat dipertimbangkan langkah yang dapat memberikan keuntungan dengan meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan dalam kegiatan produksi.

Contoh Kegiatan Ekonomi Rumah Tangga Berdasarkan Tujuannya

Untuk lebih memahaminya berikut ini contoh penerapan keguatan ekonomi rumah tangga berdasarkan pada tujuannya. Misalnya;

Adanya orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi sedangkan ia sendiri sedang ada tanggungan kredit usaha. Dengan biaya kuliah yang tidak gratis tentusaja dalam hal ini orangtua haruslah melakukan kegiatan ekonomi, yakni memilih menyekolahkan anaknya atau harus melunasi kredit usaha, maka hal yang perlu dilakukan oleh orangtua tersebut ialah melihat potensi anak untuk sekolah serta melihat usaha yang dijalankan. Jika anak memang memiliki potensi yang lebih maka haruslah di kuliahkan dan menjual usaha untuk melunasi hutang-hutangnya. Begitu pula sebalikanya. 

Demikialah bahasan lengkap yang bisa kami ulaskan kepada segenap pembaca yang berkaitan dengan tujuan kegiatan ekonomi dalam berbagai bidang dan contohnya. Semoga memberikan literasi yang bisa membantu pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *