Tujuan Interaksi Sosial dan Manfaatnya

Diposting pada

Manfaat Interaksi Sosial

Untuk membentuk pola hubungan sosial yang baik dalam kehidupan masyarakat, diperlukan terjalinnya proses sosial berupa interaksi. Interaksi memiliki banyak manfaat dan tujuan. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tujuan dan manfaat dari interaksi sosial dalam masayarakat.

Interaksi Sosial

Proses interaksi sosial menjadi hal yang lumrah terjadi dalam masyarakat. Individu yang enggan untuk berinteraksi dan bersossialisasi dengan masyarakat lain sering disebut sebagai anti sosial.

Proses interaksis sosial diperlukan mengingat bahwa manusia memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi arti kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri. Interaksi sosial membantu menciptakan individu yang kreatif serta membentuk masyarakat yang madani.

Interaksi sosial dapat bersifat posistif dapat pula bersifat negatif. Hal tersebut tergantung pada tujuan masing-masing individu ketika melakukan proses interaksi. Tidak mudah untuk menjalin interaksi dan membentuk pola hubungan antar masyarakat. Perbedaan pemikiran, latar belakang sosial budaya menjadi penghalang atau faktor penghambat terbentuknya interaksi sosial

Interaksi Sosial Menurut Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan interaksi sosial, sebagai berikut:

  1. Shaw, Interaksi sosial adalah seperangkat proses pertukaran ide, dan perilaku yang berpotensi untuk saling mempengaruhi satu sama lain.
  2. Soejono Soekanto, Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang terjadi antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain, maupun individu dengan kelompok. sama halnya seperti Shaw, Soerjono Soekanti juga mengatakan bahwa interaksi sosial memberikan pengaruh terhadap keselarasan sosial.
  3. Basrowi, Interaksi sosial adalah pola hubungan yang dinamis, serta terdapat berbagai macam interaksi sosial yaitu antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. interaksi tidak selalu mengenai hal positif tetapi juga terjadi dalam hal negatif.
  4. Bonner, Interaksi sosial adalah hubungan yang terjadi antara dua individu atua lebih, dimana perbuatan masing-masing individu mampu mempengaruhi, member efek, serta mengubah individu yang lain.

Tujuan Interaksi Sosial

Setiap anggota masyarakat yang melakukan ciri interaksi sosial memiliki tujuan masing-masing. Tujuan interaksi dapat bersifat positif dan bersifat negatif. Antara lain:

  1. Untuk menjalin hubungan kekerabatan yang lebih erat agar terbentuk kerukunan antar masyarakat.
  2. Menjalin hubungan pekerjaan yang baik demi menciptakan hasil yang maksimal.
  3. Menciptakan kebudayaan dan struktur masyarakat yang baru
  4. Merundingkan berbagai permasalahan baik sosial, ekonomi, politik, maupun bidang lainnya dalam rangka mencari solusi.
  5. Mengurangi pertikaian dan pertentangan baik individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.
  6. Untuk bernegosiasi dalam menentukan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.
  7. Menunjukan sikap simpati dan empati kepada orang lain.
  8. Untuk berkompetisi menjadi yang terbaik dari yang terbaik.
  9. Menjatuhkan pihak lawan yang tidak sejalan dengan keinginan dan mengancam kepentingan individu atau kelompok.
  10. Sekedar mempererat hubungan dengan orang lain
  11. Bertukar pikiran dan pendapat demi menciptakan hal atau sistem baru yang lebih kreatif dan inovatif.
  12. Kerjasama untuk mengusahakan proyek bersama baik untuk kepentingan pekerjaan, penelitian, maupun kepentingan lainnya.

Manfaat Interaksi Sosial

Selain memiliki tujuan, proses interaksi juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Membangun relasi bisnis yang baik.
  2. Mendapat kepercayaan dari orang lain.
  3. Dapat menyelesaikan permasalahan dalam berbagai bidang.
  4. Memiliki banyak teman dan saudara karena hubungan sosial yang baik.
  5. Meningkatnya solidaritas antar sesama warga masyarakat.
  6. Meningkatnya rasa kepedulian antara anggota kelompok masyarakat.
  7. Tercipta rasa damai dan tentram dalam hidup bermasyarakat.

Nah, itulah tadi uraian atas materi yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan tujuan melakukan interaksi sosial dan manfaatnya bagi masyarakat. Semoga bisa memberikan referensi serta edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *