Tujuan dan Manfaat Sosialisasi di Masyarakat

Diposting pada

Tujuan Sosialisasi

Ciri manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi, tentusaja selalu memerlukan bantuan orang lain. Tak heran rasanya jika banyak manusia yang saling berinteraksi untuk menciptakan komunikasi dan hubungan sosial yang erat satu sama lain.

Hidup bermasyarakat memang pada dasarnya harus selalu memahami satu sama lain, dan cara agar bisa mengenal antara individu satu dengan yang lainnya yaitu dengan cara bersosialisasi. Sosialisasi inilah yang nantinya akan membuka kesempatan lebar bagi orang-orang agar bisa menjadi manusia yang saling mengenal dan mampu melakukan interaksi dengan baik.

Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses sosial pada saat seorang individu memperoleh kebudayaan kelompok dan memasukannya ke dalam tingkat norma-norma sosialnya agar dapat membimbing orang tersebut sekaligus mewujudkan harapan dari orang lain.

Jadi dalam hal ini, contoh sosialisasi adalah kegiatan yang membantu manusia untuk belajar dan menyesuaikan diri agar mengetahui bagaiman cara hidup yang benar, berpikir dengan baik, dan berperan aktif dalam kelompoknya.

Sosialisasi Menurut Para Ahli

Adapun pendapat ahli tentang arti sosialisasi, antara lain sebagai berikut;

  1. Peter Berger, Sosialisasi adalah proses sosial dimana seseorang mampu memahami norma yang ada dalam lingkungan masyarakat setempat dan berhasil membentuk kepribadiannya menjadi lebih baik.
  2. Soerjono Soekanto, definisi sosialisasi adalah proses menghubungkan sekaligus mengkomunikasikan kebudayaan kepada masyarakat baru yang ada disekitar tempat tinggal.

Tujuan dan Manfaat Sosialisasi

Tujuan yang menjadi kebermanfaatan melakukan kegiatan sosialisasi di masyarakat pada dasarnya untuk membentuk karakter seseorang agar dapat seimbang dengan nilai maupun norma yang ada di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itulah kegunaan sosialisasi adalah kegiatan untuk belajar selama masa hidup seseorang agar dapat mempelajari berbagai kebiasaan maupun kebudayaan masyarakat setempat mulai dari norma, adat istiadat, nilai-nilai dan lain sebagainya.

Tujuan Sosialisasi
Tujuan Kagiatan Sosialisasi
Tujuan Kagiatan Sosialisasi

Berikut dibawah ini yang termasuk tujuan sosialisasi, antara lain;

  1. Memberikan pengetahuan kepada individu agar dapat hidup bermasyarakat

Sosialisai pada dasarnya memang berfungsi memberikan pengetahuan kepada banyak orang agar masing-masing diri manusia mampu memahami tugasnya sebagai makhluk sosial yang hidup dalam masyarakat. Umumnya dengan pengetahuan yang mereka miliki, akan dapat menumbuhkan rasa persatuan yang lebih tinggi dan menciptakan interaksi antar masyarakat menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Memberikan keterampilan kepada individu untuk bertahan hidup

Ketrampilan adalah hal yang waib untuk dimiliki individu agar dalam hidupnya, mereka mampu bertindak sesuai dengan bekal yang dimilikinya. Ketrampilan ini dapat diperoleh berdasarkan pengalaman hidup, pendidikan dan sosialisasi dari lingkungan masyarakat setempat.

Maka dari itu tidak heran jika orang yang melakukan sosialisasi dengan banyak orang akan memiliki pemahaman yang lebih kompleks lagi karena mengenal karakter antar manusia satu dengan yang lainnya.

  1. Mengembangkan kemampuan individu untuk berinteraksi sosial

Interkasi sosial akan terjadi apabila ada komunikasi antara dua orang atau lebih. Pada dasarnya interaksi ini berlangsung dengan baik apabila seseorang memiliki arti sikap sosialisasi yang tinggi pula dengan orang lain baik yang sudah dikenal lama atau baru dikenalnya.

  1. Menyadarkan individu akan hak dan kewaiban yang pokok dalam masyarakat

Tujuan sosialiasi juga dapat memberikan kesadaran kepada setiap orang agar mengetahui hak dan kewajibannya dalam hidup bermasyarakat. Tanpa adanya sosialisasi manusia cenderung akan mengurus hidunya sendiri dan tidak memikirkan kehidupan orang lain yang ada dilingkungan sekitarnya.

Sehingga dengan adanya sosialisasi akan mengajarkan banyak hal yang berkaitan dengan hak maupun kewajiban seseorang dalam menjalankan hidupnya di lingkungan masyarakat.

  1. Memberi pemahaman kepada individu terkait nilai dan norma yang telah disepakati dalam suatu kelompok masyarakat

Nilai dan norma yang ada dalam suatu kelompok masyarakat tidak akan dapat diketahui apabila seseorang tidak berusaha untuk mempelajarinya. Salah satu cara mempelajari nilai maupun norma yaitu dengan melakukan sosialiasi agar diketahui banyak hal terkait kehidupan bermasyarakat itu sendiri.

  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar

Sosialisasi bermanfaat pula untuk menunjang komunikasi efektif baik dan benar antar sesama manusia. Karena dengan sosialiasi seseorang akan melakukan interkasi yang lebih intensif dan pastinya di dalamnya sering dilakukan komunikasi.

  1. Memahami lingkungan sosial dan budaya

Masyarakat tidak dapat mengerti lingkungan sosial dan budaya yang ada disekitar tempat tinggalnya apabila mereka tidak mau untuk bergabung dengan masyarakat setempat.

Oleh karena itulah agar pemahaman mengenai lingkungan dan budaya yang ada di masyarakat diketahui oleh masing-masing individu, maka mereka harus melakukan yang namanya proses sosialisasi untuk mengenal satu sama lain.

  1. Menanamkan nilai dan kepercayaan yang ada di masyarakat

Proses sosialisasi disebut pula sebagai tempat belajar untuk memahami berbagai hal yang ada disekitar lingkungan masyarakat termasuk persoalan nilai-nilai dan kepercayaan yang ada di masyarakat setempat. Setiap individu sangat perlu untuk melakukan sosialisasi ini agar hidupnya dapat berkembang dan memahami karakteristik atau pola hidup yang ada di lingkungan sekitarnya.

  1. Melatih diri agar lebih mawas diri

Melalui sosialisasi seseorang akan mengenal banyak karakter manusia dan dari sanalah bisa dilihat mana yang memiliki contoh sikap positif maupun negatif.

Dengan pemahaman semacam itu, seseorang nantinya dapat melingungi dirinya sendiri dari berbagai karakter manusia yang sekiranya dapat menganggu dirinya. Oleh karena itu sikap mawas diri atau kehati-hatian harus selalu ditanamnkan dalam dirinya.

  1. Mengenal lebih banyak manusia satu sama lain

Sudah pasti dengan melakukan sosialisasi seseorang akan memperoleh banyak kenalan dan melalui hal tersebut maka mereka akan memahami karakter satu sama lain. Salah satu keuntungan dengan banyaknya orang yang dikenal maka relasi yang terjalin antar setiap orang dapat lebih luas dan bisa saja hubungan kerjasama dapat terjadi diantara mereka.

Manfaat Sosialisasi
Manfaat Kegiatan Sosialisasi
Manfaat Kegiatan Sosialisasi

Manfaat sosialisasi dibedakan menjadi beberapa macam dibawah ini;

  1. Melatih emosional

Sikap emosional adalah kondisi tidak stabil yang terjadi dalam diri seseorang karena alasan tertentu yang membuat dirinya merasa marah dan kesal. Biasanya sikap ini akan lebih mampu untuk dikendalikan apabila seseorang mau untuk membuka dirinya agar mendapatkan banyak teman dan memahami karakter dari masing – masing orang yang dijumpainya tersebut.

Melalui pemahaman tersebut mereka akan sadar dan mengerti perbuatan yang sekiranya harus ditahan, dikendalikan dan dikurangi tingkat kemarahannya karena sudah melihat berbagai tingkah laku orang lain dan mampu menerapkan sikap-sikap baik dalam hidupnya.

  1. Mengurangi kecenderungan depresi

Proses sosialisasi bermanfaat untuk mengurangi kecenderungan depresi. Hal ini karena sosialisasi memaksa diri kita untuk bertemu dengan orang lain dan melakukan interaksi sosial. Dimana hal tersebut mampu membawa perasaan masing-masing individu untuk melupakan sejenak permasalahan yang ada dalam hidunya dan meredam setiap amarah yang ada dalam dirinya.

  1. Belajar berinteraksi

Interkasi terjadi apabila ada komunikasi dua orang atau lebih. Melalui sosialisasi lah seseorang akan belajar untuk melakukan interkasi tersebut, karena sosialisasi mengantarkan kita pada kehidupan nyata yang ada di lingkungan masyarakat.

Sekaligus dengan sosialisasi pula maka manusia akan lebih mengerti nilai maupun norma-norma yang harus diterapkan dalam hidupnya.

  1. Memahami situasi

Pemahaman situasi akan lebih mudah untuk dirasakan apabila masing-masing individu sudah mengerti lingkungan hidup bermasyarakat. Karena pada dasarnya pemahaman situasi ini memerlukan pengetahuan hidup baik yang berasal dari norma, nilai, adat, maupun kebudayaan masyarakat setempat.

Semua hal tersebut dapat diperoleh dengan lebih mudah apabila seseorang mau melakukan yang namanya proses sosialisasi yang akan memberikan banyak manfaat salah satunya yaitu pemahaman situasi lingkungan sekitar.

  1. Meningkatkan empati

Empati adalah sikap merasakan hal yang sama tehadap apa yang dlihatnya dari orang lain dan muncul rasa iba begitu tinggi. sehingga dengan sikap empati terkadang seseorang akan berusaha untuk menolong orang lain, karena rasa kasihan yang teramat dalam.

Umumnya sikap empati dapat terjadi apabila antar manusia saling berinteraksi satu sama lain. interaksi ini bisa ditingkatkan dengan yang namanya proses sosialisasi. Karena dengan proses tersebut manusia dapat memahami karakter orang lain dan mampu melihat kondisi atau situasi yang terjadi dalam hidup masyarakatnya.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat melakukan kegiatan sosialisasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *