Tujuan dan Manfaat Proses Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Proses Sosial

Kegiatan bersama dalam lingkungan masyarakat pasti bukan menjadi sesuatu yang baru dan asing lagi bagi kebanyakan orang. Apalagi dengan kegiatan yang melibatkan adanya interaksi sosial akan menyebabkan seseorang bisa saling bertukar pendapat dan menambah pengalaman hidup dari berbagai hal yang sudah ditemuinya.

Umumnya setiap komunikasi yang efektif terjalin diantara masyarakat tersebut dinamakan proses sosial. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan mengingat manusia adalah individu yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga butuh yang namanya orang lain untuk saling mendukung dalam berbagai hal.

Proses Sosial

Proses sosial sebenarnya berhubungan dengan kelompok-kelompok masyarakat yang bekerja sama untuk membangun sebuah hubungan sosial agar terjalin kedekatan satu sama lain dan memberikan banyak pandangan dari berbagai karakter yang ditemui.

Sehingga dalam hal ini proses sosial merupakan role model atas perilaku yang mana menjelaskan bahwa dalam hubungan sosial antara individu satu dengan yang lain memiliki karakter yang beragam dan tidak dapat disamakan.

Tujuan dan Manfaat Proses Sosial

Menjalankan proses sosial memiliki tujuan dalam menciptakan sebuah karakteristik interaksi sosial yang terjalin antara manusia satu dengan yang lainnya, sehingga dapat memberikan kebebasan bagi mereka untuk menjalin hubungan yang lebih dekat agar terjadi sebuah mutualisme antara satu sama lain.

Pengamalan seperti ini tentusaja memberkikan manfaat pyang teradi dari adanya komunikasi atau interaksi antar individu atau kelompok untuk mengenal berbagai karakter dan menambah pengalaman dari berbagai hal yang telah ditemukan.

Tujuan Proses Sosial
Tujuan Kegiatan Proses Sosial
Tujuan Kegiatan Proses Sosial

Lebih lengkapnya tujuan yang dimiliki dari kegiatan proses sosial sudah dibedakan menjadi beberapa macam dibawah ini:

  1. Menjalin hubungan persahabatan

Proses sosial pada umumnya akan membuat setiap orang menemukan hubungan baru dengan orang lain. hubungan tersebut salah satu diantaranya adalah persahabatan. Ada beberapa orang yang telah menjalin pertemanan dengan begitu lama karena diawali adanya pertemuan dan merasa cocok satu sama lain, hingga akhirnya hubungan tersebut dapat diikat dengan begitu langgeng.

  1. Menjalin hubungan usaha

Hubungan suatu badan usaha atau bisnis dapat terjalin dengan baik dan lancar apabila masing – masing individu sudah saling mengenal dan memiliki rasa percaya satu sama lain. Tentunya rasa kepercayaan ini dapat diperoleh setelah masing-masing orang melakukan proses sosial atau interaksi secara lebih intensif dalam jangka waktu yang lama.

  1. Mendiskusikan sebuah persoalan

Proses sosial ternyata dapat pula dipakai untuk mendiskusikan sebuah persoalan atau masalah yang memang sedang dihadapi oleh individu atau suatu kelompok. Karena melalui proses sosial tersebut seseorang akan melakukan interaksi atau komunikasi satu sama lain yang nantinya dapat menyimpulkan solusi atau jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan yang ada.

  1. Melakukan kerjasama

Hubungan kerjasama dapat terjalin dengan baik apabila setiap orang sudah saling mengenal karakter satu sama lain. Pengenalan tersebut dapat terjadi apabila setaip masyarakat mampu melakukan yang namanya interaksi atau proses sosial. Masyarakat adalah sekelompok orang yang hidup dalam satu lingkungan dan memiliki pola hidup yang berbeda-beda.

  1. Membangun relasi yang lebih luas

Proses sosial adalah bentuk interaksi yang terjalin antara manusia satu dengan lainnya. Tentunya interaksi ini terjalin bukan hanya pada satu atau orang melainkan dengan berbagai orang yang ada di muka bumi.

Sehingga seseorang yang keluar dari rumah dan melakukan proses sosial dengan orang lain maka akan membuat dirinya membuka  kesempatan yang lebar terkait relasi yang dimilikinya. Artinya seseorang akan menemukan teman, kenalan, maupun orang baru yang jumlahnya lebih banyak.

  1. Membentuk komunitas sesuai hal yang disukai

Sebuah komunitas akan terbentuk dalam lingkungan masyarakat apabila diantara mereka memiliki kecintaan yang sama terhadap suatu hal. Misalkan saja adalah komunitas sepeda, komunitas pecinta kucing, komunitas pendaki gunung dan lain sebagainya.

Terjalinnya komunitas ini tidak dapat berjalan lancar apabila tidak ada proses sosial, yang menghubungkan komunikasi antara individu satu dengan yang lain.

  1. Memberikan makna hidup yang lebih kompleks

Proses sosial bertujuan pula untuk memberikan makna hidup yang lebih kompleks pada masyarakat. karena melalui proses sosial akan ditemukan banyak hal yang sebelumnya masing-masing individu belum mengenal atau mengerti. Bahkan melalui proses sosial akan diajarakan cara-cara untuk menghargai orang lain, bagaimana harus bersikap baik dan lain sebagainya.

Manfaat Proses Sosial
Manfaat Kegiatan Proses Sosial
Manfaat Kegiatan Proses Sosial

Manfaat proses sosial terbagi menjadi beberapa hal yang diuraikan sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan hubungan solidaritas antar individu atau kelompok

Proses sosial dapat memberikan hubungan solidaritas yang lebih kuat antara individu maupun suatu kelompok karena sudah saling mengenal satu sama lain. bahkan melalui hubungan yang kuat tersebut seseorang dapat saling membantu atau menolong layaknya saudara sendiri.

  1. Menciptakan keseimbangan dalam interaksi antar individu

Proses sosial bermanfaat pula dalam menciptakan keseimbangan interaksi antar individu. Hal ini dikarenakan antar manusia sudah saling mengetahui satu sama lain terkait karakter masing-masing orang. Sehingga mereka cenderung akan bertingkah laku sesuai dengan kenyamanannya masing-masing.

  1. Mengenal berbagai karakter dari setiap orang yang dijumpai

Pengenalan karakteristik dari setiap orang tidak akan kita ketahui tanpa adanya interaksi atau komunikasi yang terjalin dalam lingkungan masyarakat. Oleh karena itu proses sosial sangat penting untuk dilakukan agar masing-masing orang dapat menjalin hubungan dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda-beda.

  1. Belajar menghargai adanya perbedaan

Interaksi atau proses sosial yang telah dilakukan seseorang pastinya akan membuat mereka mengenali banyak karakter dari setiap manusia yang ditemuinya.

Bukan hanya karater saja, melainkan setiap orang akan menemukan perbedaan-perbedaan antara individu satu dengan lainnya. Sehingga dengan adanya kondisi tersebut mengajar seseorang untuk meghargai adanya perbedaan dalam hidup.

  1. Mengenal nilai maupun norma yang ada disekitar lingkungan masyarakat

Nilai atau norma yang ada dalam lingkungan masyarakat akan diketahui oleh individu atau suatu kelompok pada saat mereka melakukan proses sosial.

Karena proses tersebut membuat orang-orang menjalin hubungan atau komunikasi dengan banyak orang yang pastinya akan lebih mengenal berbagai aturan atau norma-norma yang sepatutnya harus dilakukan dalam hidup bermasyarakat.

  1. Menjadikan pribadi yang lebih humble

Kepribadian humble atau ramah merupakan salah satu manfaat dari adanya proses sosial. Karena pada kegiatan tersebut terjalin komunikasi yang membuat seseorang dapat mencerminkan sikap atau karakternya masing – masing, yang salah satunya adalah sikap ramah kepada orang lama atau orang yang baru dikenalnya.

  1. Menambah wawasan dari berbagai hal yang telah dilihat

Wawasan dalam hidup akan bertambah semakin banyak atas segala hal atau kondisi yang selama ini dilihat maupun didengar.

Melalui proses sosial seseorang akan menemukan berbagai pengalaman hidup yang diperoleh selama menjalin hubungan dengan karakter masing-masing seseorang yang berbeda. Maka dari itu setiap individu dapat memperoleh pembelajaran atau ilmu baru dari setiap hal yang telah dilaluinya.

  1. Menjalin komunikasi dengan orang baru atau orang lama yang telah dikenal

Terakhir, manfaat proses sosial yaitu terjalinnya komunikasi antar setiap orang yang telah bertemu. Umumnya arti komunikasi itu sendiri sebetulnya adalah hubungan interaksi yang terjalin antara dua atau lebih dan terjadi ikatan didalamnya.

Melalui contoh proses sosial inilah seseorang akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi dengan orang yang telah lama dikenal maupun orang yang baru dikenalnya. Karena proses sosial ini merupakan pertemuan antar individu untuk membentuk suatu hubungan yang lebih intens dan dapat mempengaruhi pola pemikiran maupun tingkah laku dari masing-masing orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa proses sosial adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang tujuannya untuk membangun hubungan kerjasama, integrasi, pengembangan, konflik, diferensiasi, dan hilangnya hubungan sosial.

Sehingga dalam hal ini proses sosial menjadi metode interkasi yang dilakukan individu atau kelompok pada saat mereka bertemu satu sama lain dan membangun hubungan secara bersama.

Dimana setiap perilaku individu atau suatu kelompok yang melakukan hubungan sosial atau interaksi satu sama lain untuk membentuk sebuah ikatan yang lebih kuat dan memperoleh banyak hal yang sebelumnya belum diketahui hingga memungkinkan adanya perubahan sikap dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat yang dimiliki dalam kegiatan proses sosial di masyarakat. Semoga memberikan edukasi untuk kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *