Tujuan dan Manfaat Industri Kreatif

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Industri Kreatif

Suatu negara dapat dinilai memiliki kegiatan ekonomi yang semakin baik, apabila didalamnya terdapat berbagai industri kreatif yang sudah terbentuk, dan mulai memasuki arti pasar dengan begitu baik. Bahkan dengan banyaknya industri kreatif yang maka hal tersebut akan menunjukkan bahwa perekonomian di suatu negara selangkah lebih maju.

Industri kreatif pada dasarnya berhubungan dengan yang namanya kreatifitas itu sendiri. Maka dari itu di era sekarang ini sebuah persaingan terlihat semakin menonol, akan tetapi dengan adanya kreatifitas maupun inovasi maka setiap bisnis yang dilakukan oleh seseorang bisa memiliki ciri atau keunikan tersendiri yang membuat bisnisnya lebih mudah dikenali atau bahkan disukai oleh banyak konsumen.

Industri Kreatif

Perlu anda ketahui bahwa industri kreatif sebenarnya yaitu proses penciptaan, gagasan, ide, pemikiran dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, tanpa menghabiskan sebuah sumber daya alam secara eksploitasi besar-besaran.

Ciri industri kreatif sudah pasti tidak bisa terlepas dari yang namanya kreatifitas itu sendiri, maka dari itu dalam industri ini selalu ada pengembangan yang baik dan dijadikan sebagai salah satu penopang perekonomian suatu negara termasuk negara Indonesia.

Tujuan Industri Kreatif

Berbagai jenis industri kreatif memiliki beberapa tujuan dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya, karena dalam industri ini akan terdapat banyak gagasan, ide,, maupun kreatifitasan yang luar biasa sehingga bisa memberikan serangkaian tujuan tertentu dalam dunia perekonomian suatu negara.

Lebih lengkapnya berikut dibawah ini adalah beberapa tujuan industri kreatif yaitu sebagai berikut;

  1. Memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan

Perlu anda ketahui bahwa industri kreatif yang ada dalam suatu negara umumnya bisa memberikan kontribusi yang cukup baik untuk negara itu sendiri terutama dalam bidang ekonomi. Kontribusi yang diberikan industri kreatif adalah sebuah kemajuan dan pekembangan dalam bidang ekonomi yaitu adanya tambahan pemasukan bagi negara.

Bahkan pada dasarnya industri kreatif tidak hanya sekedar memberikan tambahan pemasukan negara, akan tetapi bertindak pula sebagai alat bagi negera atau pemerintah dalam menerapkan kebijakan yang sesuai dengan roda perputaran perekomian agar menjadi lebih cepat dan baik pula.

Maka dari itu industri kreatif ini bisa kita lihat nantinya dapat membantunya dalam  menghadapi segala permasalah di zaman globalisasi ini dengan meningkatkan suatu perekonomian negara.

  1. Menciptakan iklim bisnis yang kondusif dan positif

Industri kreatif hadir dalam dalam dunia perekonomian bukan untuk menciptakan persaingan yang tidak sehat ataupun monopoli atas kebijakan yang bisa dilakukan dengan seenaknya sendiri. Akan tetapi industri kreatif hadir sebagai usaha atau ekonomi kreatif yang bertujuan untuk memberikan dan menciptakan iklim bisnis yang baik dan kondusif.

Dimana proses bisnis ini berlangsung dengan cara semua pihak bersaing dengan sehat yaitu mengembangkan bisnisnya dengan kombinasi inovasi maupun kreatifitas agar memberikan hasil yang maksimal. Iklim bisnis yang kondusif dan positif ini berdampak positif untuk perkembangan perekonomian karena akan ada dampak positif dari iklim tersebut yang mampu menjadikan perekonomian suatu negara lebih kuat dan berkualitas.

  1. Menciptakan masyarakat yang kreatif dan inovatif

Masyarakat yang kreatif dan inovatif pada umumnya dapat terbentuk melalui industri kreatif yang muncul dalam suatu negara. Perlu anda ketahui bahwa masyarakat adalah sumber atau penggerak utama dalam perekonomian negara.

Maka dari itu pada saat masyarakat memiliki daya saing yang tinggi dan sikap kreatif yang baik maka hal tersebut akan membantu negara atau pemerintah dalam meningkatkan dan mengambangkan perekonomian.

Bahkan dengan adanya masyarakat yang kreatif dan inovatif maka hal tersebut akan membantu setiap bisnis untuk menciptakan produk yang lebih berkualitas dan mampu meningkatkan pendapatan per kapita. Sehingga negara akan lebih berkembang dan maju dalam bidang ekonominya.

  1. Menggali dan mengembangkan potensi segala yang dimiliki oleh suatu negara

Industri kreatif mampu menggali dan mengembangkan arti potensi diri yang dimiliki setiap negara. Hal ini dapat terjadi karena setiap manusia berkesempatan untuk mengmbangkan dirinya melalui bisnis ekonomi yang dijalankan.

Terlebih lagi bisnis yang dibangun merupakan bisnis kreatif yang akan memiliki ciri atau keunikan tersendiri dan bisa membukan peluang yang cukup baik dipasaran. Maka dari itu setiap negara mampu menggali potensinya masing-masing dan bisa mengembangkan setiap usahanya dengan lebih baik lagi.

  1. Mengurangi tingkat kemiskinan

Maraknya industri kreatif di suatu negara tentunya akan membuat banyak orang  memiliki kesempatan bekerja dari bisnis yang ada tersebut. Sehingga secara tidak langsung kondisi semacam itu bisa mengurangi tingkat kemiskinan yang ada disuatu negara.  

  1. Mengurangi jumlah pengangguran

Pada dasarnya kemiskinan dan pengangguran adalah dua hal yang saling berkaitan. Apabila manusia tidak bekerja maka kehidupannya tidak akan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga dengan adanya industri kraetif ini maka hal tersebut akan membuka lapangan kerja yang lebih luas dan bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada di suatu negara.

Manfaat Industri Kreatif

Industri kreatif bukan hanya memberikan tujuan dalam kehidupan perekonomian manusia, akan tetapi industri ini memiliki beberapa manfaat yang telah dijelaskan sebagai berikut ini;

  1. Membuka Lapangan Kerja

Bisnis yang dibangun dengan sebuah kreatifitas dan inovasi maka akan memberikan warna baru dalam motif ekonomi. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan membuat bisnis dapat berkembang lebih besar dan membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

  1. Inovasi Baru Berkembang Cepat

Industri kreatif memberikan manfaat bagi seorang pebisnis untuk selalu memiliki ide atau inovasi baru dalam bisnis yang sedang dijalankannya. Sehingga dengan ide-ide baru tersebut bisnis dapat semakin besar dan mampu memenuhi kebutuhan manusia.

  1. Anda Semakin Kreatif

Sudah pasti dengan adanya industri kreatif memaksa seseorang untuk selalu mengiring pemikirannya pada arah kreatifitas maupun inovasi. Sehingga dengan berjalannya waktu pebisnis dengan sendirinya dapat menjadi orang lebih kreatif.

  1. Kualitas Produk Semakin Bagus

Industri kreatif pada umumnya akan memberikan kontribusi pada produk yang baik dan berkualitas. Bahkan dengan adanya industri kreatif ini tak khayal mampu menghasilkan produk yang dibuat bisa bersaing secara sehat di pasaran.

  1. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara sudah pasti karena adanya bisnis atau industri kreatif itu sendiri. Karena dengan adanya bisnis semacam ini akan membuat negara memiliki sumber keuntungan yang lebih baik karena  kegiatan ekonominya dapat berjalan dengan lancar serat semakin meningkat.

  1. Persaingan Yang Kompetitif

Para pebisnis biasanya akan memiliki sikap persaingan yang kompetitif dengan pebisnis lain. tujuannya agar setiap produk yang dihasilkan dari perusahaan tetap laku dipasaran dengan memprioritaskan keunggulan serta persaingan yang sehat.

  1. Meningkatkan jiwa kewirausahaan

Jiwa kewirausahaan akan semakin meningkat disaat sekeliling lingkungan seseorang memiliki bisnis yang sedang mengalami perkembangan dengan baik. Maka dari itu dengan adanya industri kreatif seseorang akan tertarik untuk sama-sama menciptakan bisnis.

  1. Pasar Yang Semakin Luas

Pasar yang semakin luas artinya yaitu kesempatan yang lebih terbuka lebar karena semakin banyaknya gagasan, ide, maupun pemikiran yang kreatif.

  1. Memberikan Dampak Sosial Yang Positif

Adanya industri kreatif maka akan membuat seseorang memiliki pemikiran yang inovatif dan keberanian untuk memulai sesuatu yang baru salah satunya adalah bsinis.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa industri kreatif akan senantisa terbentuk dari sebuah kemampuan individu, kreativitas, ketrampilan, untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan bagi banyak orang dengan produk-produk unggul yang bisa diciptakan.

Oleh karena itulah industri kreatif dimaknai kegiatan memproses atau mengolah barang dengan bantuan beberapa pelatan atau mesin agar produk yang dihasilkan bisa lebih baik dan berkualitas. Sehingga hal ini tentusaja akan memberikan ide bisnis yang mengarah pada kreativitas, ketrampilan, intelektual dan lain sebagainya sebagai bentuk pemikiran yang nyata dan di wujudkan dalam suatu perekonomian negara dengan membentuk lapangan kerja maupun menciptakan produk yang berkualitas.

Memang pada dasarnya industri kreatif mampu menghasilkan produk olahan yang berbeda jika dibandingkan dengan produk lain yang terdapat di dunia bisnis.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat adanya industri kreatif yang bisa dengan mudah kita temukan. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *