Tujuan dan Manfaat Good Governance

Diposting pada

Manfaat Good Governance

Istilah good governance mungkin jarang didengar oleh banyak orang, karena menggunakan bahasa asing dan tidak diketahui pasti apa arti sebenarnya. Sebetulnya kata good governance sangat berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat sebagai makhluk sosial. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki bidang bisnis.

Umumnya good governance merupakan penyelenggaraan manajemen untuk pembangunan dalam motif ekonomi, kesejahteraan dan lain sebagainya agar lebih maju dan berkembang. Dalam kegiatan good governance ini juga di ajarkan cara pengalokasian dana yang baik dagar tercipta aktifitas usaha yang benar-benar produktif.

Good Governance

Good governance pada umumnya merupakan konsep yang telah dirancang dengan begitu baik agar segala hal yang telah dibuat atau ditentukan dapat mencapai keberhasilan sekaligus pelaksanaan dan pertanggung jawabannya dapat dilakukan secara bersama.

Oleh karena itulah bentuk pelaksanaan sebuah manajemen atas pembangunan yang akan dilakukan secara bersama dengan menggunakan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien. Pada pengertian good governance juga ditegaskan bahwa segala proses yang dilakukan pada penyelenggaraan manajemen merupakan suatu hal yang telah dikonsepkan secara bersama untuk pencapaian yang berhasil.

Tujuan Good Governance

Umumnya tujuan yang menjadi ciri good governance ini terbagi menjadi beberapa hal yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Mensukseskan program perusahaan

Good governance pada dasarnya sangat membantu sebuah perusahaan untuk mensukseskan setiap program yang dijalankannya.

Hal ini karena dengan penerapan good governance maka setiap bisnis atau suatu usaha telah menetapkan berbagai rencana yang hendak dilakukannya dengan begitu baik. Maka dari tidak heran tujuan good governance salah satu diantaranya yaitu kesuksesan dari setiap perusahaan.

  1. Mendorong organisasi dalam membuat keputusan dan menjalankannya dengan nilai moral yang tinggi

Good governance juga membantu sebuah organisasi dalam hal pembuatan keputusan serta mendorongnya agar menjadi perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan nilai moral tinggi.

Karena melalui moral dan landasan-landasan yang benar dan baik maka perusahaan dapat dengan lebih mudah untuk selalu mempertahankan eksistensinya di bidang bisnis. Terlebih lagi dengan pencapainnya tersebut akan membuat perusahaan merasa lebih hati-hati dalam mengambilan keputusan.

  1. Mendorong pengelolaan perusahaan secara professional, transparan, dan efisien

Melalui good governance maka perusahaan dapat menerapkan bisnisnya dengan sangat baik. Salah satu yang menjadi kuncinya karena dengan penerapan good governance perusahaan akan melakukan kegiatan usahanya dengan profesional, transaparan dan efisien.

Dikarenakan kesemua hal tersebut sangat baik untuk mendorong perusahaan untuk lebih maju. Apalagi permasalahan tarnsparansi, hal itu sangat sensitif sekali, maka dari itu dengan perusahaan melakukan proses transparansi dan lain sebagainya sudah pasti akan meningkatkan kualitas sekaligus kepercayaan dari orang banyak.

  1. Meningkatkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, bertanggung jawab, adil, dapat dipercaya

Prinsip keterbukaan, akuntabilitas, tanggung jawab, adil dan dapat dipercaya pada umumnya memang salah satu tujuan dari adanya good governance.

Semua prinsip tersebut perlu dilakukan pastinya karena ada alasan tertentu yaitu agar perusahaan memiliki daya saing yang kuat baik secara nasional maupun internasional. Sehingga dengan sendirinya nanti perusahaan akan lebih dikenal banyak pihak dan berkembang dengan lebih baik.

  1. Meningkatkan kontribusi perusahaan untuk perekonomian nasional

Good governance meningkatkan kontribusi perusahaan dalam perekonomian nasional. Alasannya karena perusahaan dengan penyelenggaraan good governance di dalamnya dapat mengarah ke arah yang lebih maju dan berkembang.

Dengan demikian maka perusahaan secara tidak langsung akan memperoleh banyak keuntungan yang didapat karena adanya siklus kerja yang semakin baik. Keuntungan perusahaan sudah pasti akan berdampak pula pada perkonomian suatu negara yang semakin meningkat.

Manfaat Good Governance

Keberfungsian yang menajdi manfaat good governance ini sangat banyak, bahkan bisa berdampak luas ke berbagai hal. Antara lain;

  1. Perusahaan dapat meminimalisir cost of capital

Cost of capital yaitu biaya modal yang harus menjadi tanggung jawab perusahaan pada saat mengajukan pinjaman kepada kreditur.

Umumnya denagn penerapan good governance perusahaan dapat meminimalisir cost of capital tersebut karena ada beberapa alasan yang mana salah satunya yaitu adanya bantuan dari pihak pemerintah yang secara tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

  1. Perusahaan dapat meminimalisir agency cost

Agency cost adalah biaya yang muncul karena adanya pendelegasian kewenangan kepada manajemen, termasuk biaya penggunaan sumber daya perusahaan oleh manajemen untuk kepentingan pribadi maupun dalam rangka pengawasan terhadap perilaku manajemen itu sendiri.

Siklus bisnis pasti akan selalu ada hambatan salah satunya yaitu masalah biaya atau keuangan yang bisa saja dipakai untuk kepentingan pribadi dari salah satu anggota perusahaan. Namun dengan penerapan good governance perbuatan semacam seperti setidaknya dapat diminimalisir dengan baik.

  1. Mendorong pemanfaatan sumber daya perusahaan ke arah yang lebih efektif dan efisien

Perusahaan dengan penyelengaraan good governance ternyata memiliki manfaat yang baik salah satunya dapat mengarahkan bisnis ke arah yang lebih baik efektif dan arti efisien. Alasannya karena setiap kegiatan maupun program dari perusahaan di jalankan sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai moral yang tinggi.

Bahkan setaip tindakan maupun keputusan yang hendak di ambil perusahaan selalu di pikirkan terlebih dahulu dengan begitu baik dan melihat hasilnya dalam jangka waktu yang panjang agar setiap tindakannya tersebut tidak mengalami kegagalan yang parah.

  1. Pengambilan keputusan dapat berjalan secara lebih baik dan optimal

Keputusan perusahaan dapat diambil dengan begitu baik dan optimal. Alasannya agar perusahaan memiliki nilai efisiensi budaya kerja yang lebih sehat dan membuat kinerja perusahaan semakin baik pula. Karena keputusan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah perusahaan. Ketika putusan baik maka hasil yang didapat akan baik, begitupun sebaliknya.

  1. Menghindari penyalahgunaan wewenang

Prinsip good governance yang konsisten dapat menghalangi kemungkinan dilakukannya rekayasa kinerja yang bisa berhubungan dengan masalah financial atau lainnya dalam laporan keuangan. Karena segala prinsip-prinsip penyelenggaran good governance sangat dirancang dengan baik mulai dari transparansi hingga keadilan. Maka dari itu perusahaan akan berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang hendak dilaksanakannya tersebut.

  1. Nilai perusahaan di mata investor meningkat karena kepercayaan mereka kepada pengelolaan perusahaan yang baik

Perusahaan pada umumnya akan bekerja dengan beberapa prinsip yang telah dipegangnya mulai dari kemandirian, akuntabilitas, tanggung jawab, transparansi, dan lain sebagainya. Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut maka perusahaan dapat memberikan hasil yang maksimal dan menunjukkan bahwa sistemnya kerjanya tidak dapat diragukan lagi oleh banyak orang.

Sehingga dengan demikian banyak investor yang sangat tertatik untuk menanamkan modal di perusahaan tersebut karena adanya adanya rasa kepercayaan dari mereka terhadap perusahaan.

  1. Memotivasi dan kepuasan kerja karyawan semakin meningkat

Perusahaan yang menerapkan budaya kerja dengan begitu baik, secara tidak langsung mempengaruhi setiap karyawannya untuk memiki semangat kerja yang lebih tinggi. sekaligus membuat mereka untuk selalu meningkatkan kualitas kerjanya agar selalu bisa meningkatkan kinerjanya dan menempatkan mereka di posisi yang lebih baik pula.

  1. Mengurangi korupsi

Arti korupsi sudah pasti tidak asing lagi bagi banyak orang. Korupsi umumnya adalah penggelapan uang maupun barang demi keuntungan pribadi. Dalam pelaksanaan good governance permasalah korupsi ini setidaknya dapat diminimalisir dengan baik.

Alasannya karena perusahaan tersebut didirikan untuk kebaikan anggotanya maupun banyak orang yang ada disekitar. Terlebih lagi perusahaan didirikan dengan nilai moral dan prinsip-prinsip yang jelas. Sehingga dengan sebaik mungkin perusahaan akan berkerja dan baik dan menghindari dari namanya korupsi.

  1. Meningkatkan kualitas laporan keuangan perusahaan

Kualitas laporan keuangan perusahaan dapat ditingkatkan kualitasnya karena adanya prinsip transparansi, tanggung jawab, kejelasn dari setiap proses maupun langkah-langkah yang diambil perusahaan.

Sehingga secara tidak langusng perusahaan akan menunjukkan hasil laporan keuangan dengan lebih baik  agar sesuai dengan kewajiban perusahaan untuk mematuhi berbagai aturan dan prinsip akuntansi dalam dunia perekonomian.  

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan terkait dengan tujuan yang menjadi keberfungsian good governance ini dapatlah dikatakan bahwa sangat berhubungan erat dengan kebaikan yang hendak dicapai sehingga menghasilkan kegunaan yang diperoleh sebuah organisasi maupun perusahaan dan pemerintahan setelah menerapkan istilah tersebut dalam lembaganya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat penerapan good governance dalam berbagai bidang di kehidupan manusia. Semoga memberi pemahaman untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *