Tujuan dan Manfaat Etika Profesi

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Etika Profesi

Manusia sebagai makhluk ekonomi dalam melakukan pekerjaan semestinya bisa bertindak ataupun berperilaku secara baik dan professional. Dengan sikap tersebut maka setiap individu diharapkan bisa menunjukkan kualitas kinerja mereka sendiri. Sehingga nilai atau hasil pekerjaan benar-benar bisa tercipta dengan baik.

Berbicara mengenai arti sikap dalam pekerjaan, anda pasti pernah mendengar istilah etika profesi. Kata tersebut sangat erat hubungannya dengan masalah profesionalitas, pekerjaan, dan sikap yang baik dalam menyelesaikan setiap tanggung jawab yang ada pada diri seseorang.

Etika Profesi

Etika pada umumnya berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang artinya adalah adat istiadat atau kebiasaan yang baik. Etika ini sesungguhnya sangat dekat dengan istilah moral, kesopanan, dan hal-hal yang baik. Maka dari itu etika profesi ini dianggap sebagai cara seseorang bekerja dengan tetap memperhatikan segala hal secara baik dan sikap yang sopan.

Pengertian Etika Profesi

Etika profesi adalah perilaku yang menjadi karakteristik seseorang dalam hidup untuk memenuhi arti kebutuhan pelayanan profesional dari para klien yang mereka temui dan sebagai bentuk memenuhi kewajiban mereka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Oleh karena itulah etika bisa dianggap sebagai cara hidup yang menjadi kode etik dalam pandangan seseorang untuk berperilaku berdasarkan nilai dan ukuran yang baik.

Tujuan Etika Profesi

Berikut dibawah ini adalah tujuan etika profesi yaitu sebagai berikut :

  1. Standar-standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab kepada lembaga dan masyarakat umum.

Etika profesi digunakan sebagai bentuk petunjuk bagi setiap orang yang melakukan pekerjaan agar bisa professional dan bertindak secara baik. Alasannya karena ada tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan disampaikan kepada masyarakat umum baik secara langsung maupun tidak langsyng.

  1. Membantu para profesional dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat dalam mengahadapi dilema pekerjaan mereka.

Etika profesi sebagai solusi bagi mereka yang sedang bekerja agar bisa melakukan perbuatan dengan baik dan menentukan segala hal yang bisa mereka lakukan. Melalui etika profesi ini masing-masing individu akan lebih mudah dalam menghadapi berbagai hal dan menganggapnya dengan tenag tanpa ada rasa gegabah maupun panik.

  1. Etika profesi memiliki tujuan untuk memelihara nama baik atau reputasi tenaga professional.

Nama baik setiap individu yang memiliki tanggung jawab dalam pekerjaan akan lebi terjaga karena etika profesi bisa mengarahkan setiap orang untuk bertingkah laku dengan baik dan benar.

  1. Untuk menjaga kelakuan dan integritas para tenaga profesi.

Kelakukan tenaga profesi bisa diatur dan lebih terkendali dengan adanya etika profesi. Karena etika profesi dianggap sebagai pengingat dan menjelaskan berbagai hal yang seharusnya dilakukan maupun yang tidak seharusnya dilakukan.  

  1. Standar etika juga merupakan pencerminan dan pengharapan dari komunitasnya, yang menjamin pelaksanaan kode etik tersebut dalam pelayanannya

Etika profesi dinilai sebagai bentuk pencerminan dari setiap komunitas atau kelompok kerja dari seseorang. Karena etika profesi berkesempatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyrakat luas.

  1. Etika profesi dapat mencerminkan atau mengarahkan setiap para tenaga professional untuk bekerja sesuai dengan moralmoral baik dari komunitasnya masing-masing

Etika profesi digunakan untuk pedeman atau prosedur tingkah laku yang bisa menjamin bahwa para anggota profesinya dengan baik agar dapat bekerja dengan menaati segala peraturan etika atau kode etik profesi dalam pelayanannya menghadapi keluh kesah setiap masyarakat.

  1. Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi

Etika profesi yang bergerak sebagai petunjuk, pengingat dalam berbagai hal tingkah laku yang baik disini digunakan untuk menjaga nama baik setiap individu atau instansi tertentu. Sehingga dengan sebaik mungkin segala sikap baik mulai dari rasa jujur hingga tanggung jawab selalu ditonjolkan oleh individu sebagai suatu hal yang memang menjadi kewajiban bagi setiap para tenaga profesi.

Manfaat Etika Profesi

Etika profesi juga memiliki manfaat yang beragam diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Meningkatkan tanggung jawab

Perlu anda ketahui apabila individu telah menemukan arti potensi diri atau kemampuan yang baik dan handal dalam kehidupannya maka sudah sepatutnya mereka harus bekerja dengan memegang teguh etika yang menyangkut dengan rasa profesionalitas dari diri mereke sendiri.

Secara tidak langsung kondisi semacam ini menjadi tanggung jawab setiap orang agar bisa bekerja dengan baik dalam melakukan setiap pekerjaannya..

  1. Menekankan prinsip profesionalitas

Etika profesi bermanfaat sebagai prinsip profesionalitas. Artinya daalam melakukan setiap pekerjaan seseorang akan melakukan semua tindakannya dengan pedoman atau aturan yang ada selama ini.

Sehingga setiap individu akan mengetahui dengan baik tindakan yang harus dilakukan dan hal-hal apa saja yang sekiranya tidak diperbolehkan dalam suatu pekerjaan tertentu. Oleh karena itu etika profesi sudah seharusnya bisa dihargai dengan baik agar bisa memberikan manfaat yang benar bagi setiap orang.

  1. Menghasilkan kedisiplinan

Kedisplinan adalah bentuk ketepatan waktu dan rasa tanggung jawab yang tinggi bagi seseorang dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupannya. Sebagai informasi bahwa dengan adanya kode etik profesi maka sebuah lembaga atau institusi akan memiliki peraturan sendiri-sendiri yang harus dijalankan bagi setiap anggotanya atau para tenaga professional.

Dengan melaksanakan kode etik profesi maka setiap tenaga kerja dapat bekerja dengan baik pada setiap tugasnya masing-masing. Sehingga kecil kemungkinan adanya sebuah penyimpangan maupun kekeliruan yang akan terjadi dalam suatu pekerjaan tersebut karena telah ada berbagai peraturan atau prosedur-prosedur yang mengikat dengan baik.

  1. Menghindari campur tangan dari pihak lain

Manfaat etika profesi ternyata digunakan pula untuk menghindari campur tangan dari pihak lain. Artinya melalui etika profesi ini masing-masing orang akan memiliki tanggung jawab yang harus mereka kerjakan. Sehingga tidak semua hal bisa mereka ambil atau kuasai dengan begitu saja.

Contoh saja suatu bisnis atau arti industri yang telah terbentuk dengan baik memang sudah semestinya melakukan pembagian rincian tugas yang jadi kewajiban bagi setiap tenaga profesionalnya.

Alasannya dengan rincian tugas tersebut maka diharapkan setiap individu bisa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan dapat menguasai kedudukannya dengan baik di dalam suatu industri. Bahkan tidak hanya itu saja dengan adanya rincian tugas yang jelas maka hal tersebut bisa membuat seseorang pegawai bekerja secara lebih baik dan fokus tanpa terdapat campur tangan dari pihak lain atau pihak luar yang tidak berkepentingan.

  1. Melindungi hak pekerja

Melalui etika profesi maka setiap orang yang melakukan pekerjaa dapat melindungi hak mereka masing-masing sebagai tenaga kerja.

Bahkan etika profesi ini tidak hanya berperan memperjelas kewajiban dari tenaga kerja saja. Akan tetapi dapat membantu setiap individu dalam berbagai hal mulai dari tugas, nama baik seseorang, citra seseorang, hingga kesejahteraan seseorang dalam pekerjaan yang mereka lakukan selama ini.

  1. Menolong penyelesaian permasalahan

Etika profesi bermanfaat untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam lingkungan pekerjaan maupun tugas-tugas dari pekerjaan itu sendiri.

Sehingga setiap permasalahan yang hadir bisa dengan lebih mudah diselesaikan secara terbuka. Tentunya penyelesaian setiap masalah dalam pekerjaan tersebut diselesaikan dengan cara-cara yang professional dengan tetap memperhatikan aturan atau prosedur-prosedur yang ada.

  1. Manfaat terhadap diri sendiri

Etika profesi bermanfaat pula diri sendii atau diri setiap individu yang menjadi tenaga profesi dalam menyelesaikan pekerjaannya. Perlu anda ketahui bahwa penyandang profesi ini memiliki kesempatan yang lebih luas dalam mengembangkan kemampuannya dengan baik sekaligus dapat mengabdikan dirinya masing-masing untuk kepentingan publik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa etika profesi adalah sebuah ilmu yang menjelaskan tentang norma-norma dan nilai-nilai yang bisa mengarahkan perilaku manusia dalam kehidupan di dalam perusahaan. Oleh karena demikian pola perilaku atas perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan buruknya sesuai dengan akal yang dimiliki setiap orang.

Hingga akhirnya, tujuan dan manfaat etika profesi dalam hal ini dianggap sebagai harapan yang hendak dicapai dari adanya sebuah perilaku baik pada setiap pekerjaan manusia yang dilakukan secara professional.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat adanya etika profesi yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *