Contoh Tindakan Sebagai Makhluk Sosial

Diposting pada

Contoh Tindakan Sebagai Makhluk Sosial

Pada hakikatnya manusia saling membutuhkan satu sama lain. Hidup berdampingan dan saling membantu satu sama lain adalah ciri khas dalam arti sikap manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa dielakan. Oleh sebab itulah tidak ada seorang pun yang bisa hidup secara sendiri dan mandiri. Oleh karena demikian, sejatinya, bagimana sih tindakan mengenai makhluk sosial dalam keseharian.

Makhluk Sosial

Dikatakan sebagai makhluk sosial, karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia tidak dapat melakukannya sendiri. Kebutuhan sosial dilakukan dengan menciptakan pola interaksi sosial dan hubungan sosial antar individu.

Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari kesadaran akan kedudukannya sebagai makhluk tuhan yang saling membantu dan membutuhkan satu sama lain. terciptanya hubungan dan interaksi sosial menjadi proses sosial awal manusia dalam menentukan di lingkungan mana ia akan tumbuh dan berkembang.

Lingkunagn sekitar memberikan pengaruh serta dampak bagi perilaku dan sikap manusia. Pola pikir  yang terbuka dan menerima perubahan memungkinkan berkembangnya budaya maupun sistem dalam lapisan masyarakat secara global.

Pengertian Makhluk Sosial Menurut Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan makhluk sosial sebagai berikut:

  1. Aristoteles, Menurut Aristoteles makhluk sosial adalah zoom politicion, yang memiliki arti bahwa manusia dikodratkan untuk hidup dalam masyarakat dan saling berinteraksi satu sama lain.
  2. Elly M. Setiadi, Mendefinisikan makhluk sosial sebagai makhluk yang ketika hidupnya tidak dapat melepaskan diri dari pengaruh orang lain.
  3. Dr. Johannes Garang, Pengertian makhluk sosial menurut Johannes adalah makhluk berkelompok yang tidak mampu hidup sendiri.
  4. Adam Smith, Adam smith menyebut makhluk sosial sebagai homo homini socius, manusia yang menajdi sahabat bagi manusia lain. Selain itu, Adam smith juga menyebut manusia dengan sebutan homo economicus yang berarti manusia sebagai makhluk ekonomi yang tidak pernah merasa puas dan selalu berusaha terus menerus untuk memnuhi arti kebutuhan hidup.
  5. Thomas Hobbes, Thomas Hobbes menyebut manusia sebagai homini lupus yang berarti manusia yang satu akan menjadi serigala bagi manusia yang lain.

Contoh Tindakan Sebagai Makhluk Sosial

Dalam bermasyarakat, perilaku individu harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Beberapa contoh tindakan yang mencerminkan sikap manusia sebagai makhluk sosial antara lain:

  • Gotong Royong

Kegiatan kerja bakti menunjukan adanya sikap saling membutuhkan dan saling membantu satu sama lain. contohnya saja misalnya warga di desa X bersama-sama membersihkan selokan agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman

  • Mentaati peraturan

Setiap kelompok masyarakat memiliki paeraturan dan tata tertibnya masing-masing untuk mengatur warganya. Sikap taat terhadap peraturatan menunjukan sikap kesadaran terhadap kepentingan bersama. Contoh perilaku yang megambarkan tentang mentaati peraturan, Pak tio selalu rutin membayar iuran RTyang diperuntukan untuk membeli sarana dan prasarana bersama

  • Saling menyapa

Saling bertegur sapa menjadi salah satu contoh interaksi yang sangat sederhana untuk dilakukan. Ketika bertegur sapa kita menghargai dan menghormati orang lain. Contoh sikap saling menyapam, misalnya saja Rani menyapa Weni yang merupakan teman semasa ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Meskipun jarang bertemu, mereka terlihat akrab karena rasa saling menghargai.

  • Memiliki rasa simpati dan empati

Rasa simpati dan empati menunjukan adanya sikap peduli terhadap orang lain. sebagai makhluk sosial, kita selalu membutuhkan orang lain. Hal tersebut dapat timbul dari adanya manfaat rasa simpati dan empati yang muncul dalam diri seseorang.

Contoh sikap peduli, misalnya saja Bu Rina ikut mendoakan Santi yang baru saja mengalami kecelakaan supaya cepat sembuh dan pulih kembali.

  • Membantu orang lain

Saling membantu merupakan faktor utama untuk menjadi makhluk sosial yang baik. Contoh perilaku yang mengambarkan saling membantu, yaitu Ranu memanggil montir untuk membantu Faiz yang sepeda motornya mogok di tengah jalan.

  • Mengikuti organisasi masyarakat

Organisasi menjadi wadah bagi masyarakat untuk mngembangkan diri. Dalam sebuah organisasi akan tercipta interaksi dan hubungan sosial. Contohnya saja Ibu Hanin aktiv mengikuti kegiatan PKK di desanya. Ibu Hanin beranggapan bahwa dengan adanya kegiatan PKK dapat mengembangkan pola pikir dan saling bertukar pikiran satu sama lain.

  • Menjaga hubungan baik dengan tetangga

Tetangga adalah orang terdekat di lingkungan tempat tinggal. Sebagai makhluk sosial, berhubungan baik dengan tetangga harus sealalu dijaga. Contoh sikap yang mencerminkan perilaku menjaga hubungan dengan tetangga, yaitu Keluarga Pak imran selalu berbagai makanan kepada tetngganya ketika ada rezeki lebih.

  • Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan

Keamanan danketertiban lingkungan menjadi tanggungajawab bersama. Contoh sikap yang ditunjukan untuk emmabnatu menjaga keamanan dan kletertiban lingkungan, yaitu:

Pab banu selalu melaksanakan kegiatan ronda sesuai jadwal yang telah ditentukan yaitu pada hari Rabu. Pak Banu sadar bahwa kegiatan ronda diadakan untuk menjaga kemanan lingkungan dan melindungi warga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Bersosialisasi dengan lingkungan

Sosialisasi dalam masyarakat biasanaya melibatkan orang banyak. Seseorang yang mampu bersosialisasi berarti ia mampu beradaptasi dengan masyarakat secara cepat. Contohnya saja Pak Djoko mengajak warga sekitar untuk bersama-sama menanam pohon bakau di ligkungannya yang dekat dengan pesisir pantai. Pak Djoko sadar akan pentingnya kelestarian tanaman.

  • Menghormati hak orang lain

Setiap orang memuiliki hak yang harus dipenuhi oleh dirinya dan orang lain. salah satu hak manusia sebagai makhluk sosial adalah hak untuk menyampaikan pendapat di depan umum. Contoh:

Pada rapat pemilihan ketua karang taruna, Weni memberikan saran bahwa pemilihan dilakukan sebaiknya dilakukan setelah semua anggota atau sebagain besar anggota hadir. Semua anggota yang sudah berkumpul setuju dan menghargai pendapat Weni.

  • Saling mengingatkan

Manusia tidak lepas dari salah dan lupa. Saling mengingatkan dan member saran dalam hal kebaikan merupakan merupakan implementasi dari sikap manusia sebagai makhluk sosial. Contohnya saja Dedi selalu mengingatkan teman-temannya untuk membuang sampah sesuai dengan jenis dan tempat yang telah disediakan.

  • Saling memberi semangat dan motivasi

Dalam keadaan terpuruk, semangat dan motivasi dari orang lain mampu menjadi penyemangat bagi individu untuk bangkit. Contoh perilaku yang mencerminkan sikap saling menyemangati yaitu Hana memberikan semangat dan motivasi untuk Popi karena popi tidak berhasil mendapat juara pada perlombaan menyanyi di tingkat provinsi.

  • Mengedepankan kepentingan bersama diatas kepentingan individu

Dalam syarat terbentuknya kelompok sosial masyarakat, kepentingan bersama harus dijunjung tinggi diatas kepentingan pribadi. Contohnya saja adanya tindakan Pak Ghani menghibahkan tanahnya untuk dibangun masjid karena belum ada masjid dilingkungannya.

  • Bersikap jujur

Tidak membohongi orang lain menjadi wujud menghormati orang lain. Informasi maupun sikap yang ingin disampaikan kepada orang lain hendaknya dilakukan tanpa melebihkan maupun mengurangi. Contoh sikap jujur ini misalnyas aja Rani disuruh ibunya membeli garam di warung. Rani meminta uang sesuai dengan harga garam.

  • Menerima perbedaan

Keberagaman menjadi ciri khas masayarakt Indonesia. Sikap menrima perbedaan menunjukan bahwa setiap orang memiliki kedudukan yang sama.

Contoh sikap menerima perbedaan, yaitu di kompleks X mayoritas masyarakat beragama Islam. Ketika Pak Gleen dan keluarganya yang beragama Kristen pindah ke kompleks tersebut semua warga menerimanya dengan baik tanpa membeda-bedakan.

Nah, itulah tadi uraian lengkap yang bisa kami tuliskan dan selesaikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial yang ada dalam kehidupan sehari-harinya. Semoga memberikan edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *