Proses Terbentuknya Harga Pasar dan Kesimbangannya

Diposting pada

Terbentuknya Harga Pasar

Pada dasarnya penenuan harga pasar telah disepakati bersama, antara penjual dan pembeli. Serangkaian istilah dalam motif perekonomian inilah kesepakatan ini dinamakan harga keseimbangan pasar.

Oleh karena itulah arti dari harga keseimbangan pasar ialah harga yang berhasil dibentuk pada pertemuan titik kurva antara arti permintaan dan makna penawaran. Pada saat keseimbangan harga telah dicapai, maka ketetapan harga tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Alasannya karena titik harga tersebut menjadi sebuah landasan dari seorang penjual maupun pembeli untuk menentukan harga dalam pasar.

Harga Pasar

Pasar kerapkali menjadi pusat berbagai bentuk kegiatan ekonomi yang paling aktif. Karena dalam pasar umumnya akan terjadi sebuah transaksi ekonomi yang melibatkan secara langsung antara pembeli dan penjual. Oleh karena itu arti pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan melakukan sebuah tawar menaawar untuk menentukan kesepakatan harga dalam pembelian suatu barang.

Kegiatan yang terjadi dalam pasar memang sangat erat kaitannya dengan harga pasar itu sendiri. Melalui berbagai jenis harga pasar maka seorang pembeli maupun penjual bisa saling merasa memiliki keuntungan yang telah dihitungkan sebelumnya.

Pembentukan Harga Pasar

Pembentukan harga dalam pasar tentunya juga dipengaruhi oleh beberapa hal dalam membentuk keseimbangan pada pasar. Antara lain;

  1. Penjualan melakukan penyediaan barang sesuai dengan jumlah permintaan dari konsumen

Seorang penjual memang sudah seharusnya menyediakan barang yang dibutuhkan pembeli. Jika jumlah barang yang tersedia jauh lebih banyak dari jumlah permintaan, maka yang akan terjadi ialah tidak tercapainya keseimbangan.

Sehingga hal ini tentunya akan berpengaruh pada harga pasar yang ada. Oleh karena itu, untuk menangani persoalan seperti tersebut, diperlukan perkiraan jumlah permintaan barang yang dibutuhkan pembeli agar suatu keseimbangan dapat dicapai dengan maksimal.

Ketika keseimbangan pasar dapat dicapai maka secara tidak langsung hal ini uga berpengaruh pada ketetapan harga yang normal atau tidak mengalami kenaikan maupun penurunan secara signifikan.

  1. Jumlah stok barang disesuaikan dengan penawaran pembeli

Proses untuk memperoleh kesepakatan harga memang tidak diperoleh secara instan. Akan tetapi perlu adanya kesepakatan baik antara pembeli dan penjual secara bersamaan. Oleh karena itu untuk memperoleh kesepakatan harga salah satunya dapat dilakukan dengan cara memastikan bahwa pembeli akan melakukan penawaran kepada penjualan.

Dengan demikian, nantinya seorang pembeli akan membeli jumlah stok barang dari penjualan yang sebelumnya telah disesuiakan dengan kebutuhan. Apabila kedua belah pihak setuju mengenai kesepakatan harga yang telah ditetapkan, maka harga itulah yang disebut sebagai harga keseimbangan.

  1. Tingkat keseimbangan permintaan dan tingkat ketersediaan

Penjual sudah seharusnya dapat memastikan bawa stok barang dagangannya terus tersedia dalam jangka waktu yang telah diperkirakan. Hal ini tentunya agar tidak mengecewakan pembeli yang akan melakukan pembelian barang tersebut.

Sehingga pada saat pembeli ingin melakukan sebuah permintaan yang jumlahnya cukup banyak, dapat diambilkan dari tingkat ketersediaan barang yang sudah disiapkan. Melalui kondisi itulah harga keseimbangan dapat terjadi.

  1. Adanya jumlah yang sama mulai dari stok produsen dan jumlah permintaan konsumen

Manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat akan terasa semakin efektif, apabila seorang produsen dapat melakukan penjualan barang dengan jumlah stok yang telah disediakan. Selain itu keefktifan tersebut juga dapat dilihat dengan daya kemampuan produsen yang setiap harinya dapat menjual barang serta tidak perlu menambah jumlah stok barang.

Sedangkan di lain sisi, pembeli juga akan melakukan permintaan barang sesuai dengan jumlah yang biasanya dibeli. Apabila hal ini berlangsung secara terus menerus maka keseimbangan pada pasar sedang terjadi. Oleh karena itu, kondisi ini berpengaruh pada terjadinya harga pasar.

Karena tidak ada alasan untuk mengubah harga pasar, yang mana penyebabnya ialah adanya keseimbangan antara stok dengan jumlah permintaan barang dari seorang konsumen.

Terbentuknya Keseimbangan Pasar

Perubahan harga dalam keseimbangan pasar pada umumnya dikarenakan dua faktor penting yaitu adanya pergeseran kurva permintaan dan pergeseran kurva penawaran.

Pergeseran ini dapat dilihat apabila kuva permintaan berubah ke kanan memberikan arti bahwa terjadi kenaikan jumlah barang yang diminta konsumen. Sedangkan, jika kurva penawaran masih tetap, maka hal ini berpengaruh pada kenaikan harga dan kenaikan jumlah barang yang terjual atau terbeli.

Sebaliknya, apabila terdapat pergeseran tersebut mengubah posisi kurva dalam penawaran ke kiri artinya terdapat penurunan permintaan. Sehingga sangatlah jelas bahwa yang akan terjadi ialah harga barang akan mengalami penurunan.

Contoh Harga Pasar

Adapun untuk contoh harga pasar yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja;

  1. Penuruan Penjualan Ajinomoto

Ajinomoto merupakan salah satu produk penyedap rasa yang terkenal di Indonesia. Pada tahun 2001 perusahaan ini pernah mengalami penuruan harga pasar lantaran terdapat anggapan subjektif masyarakat yang pada saat ini memunculkan kabar bahwa produk penyedap rasa ini mengandung minyak babi.

Dimana hewan babi sendiri memanglah menjadi salah satu hewan yang diharamkan bagi sebagai besar masyarakat Indonesia, khususnya yang beragam Islam.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, tentang adanya terbentuknya harga pasar dan kesimbangan harga pasar terdapat sejumlah mekanisme permintaan dan penawaran ini dapat berada pada titik keseimbangan harga pasar apabila jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran.

Lebih singkatnya, harag pasar bisa terbentuk ketika terjadi proses tawar menawar baik antara penjual dan pembeli, sekaligus adanya suatu kesepakatan harga pada saat jumlah permintaan barang sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Dimana khususnya untuk harga kesimbangan pasar biasanya dapat dilihat melalui kurva pasar, yaitu kurva yang menandakan adanya pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *