Contoh Tenaga Kerja Rohani yang Mudah Ditemukan

Diposting pada
Rate this post

Contoh Tenaga Kerja Rohani

Tenaga kerja pada hakekatnya adalah seluruh orang yang memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik pada bidang pekerjaan tertentu. Selain itu tenaga kerja dalam angkatan kerja juga diartikan seseorang yang sudah memiliki suatu pekerjaan ataupun sedang mencari pekerjaan untuk kepentingan memenuhi beragam contoh skala prioritas kebutuhan dalam hidupnya sendiri.

Akan tetapi yang pasti, jikalau ditinjau berdasarkan sifatnya salah satu bentuk tenaga kerja di Indonesia adalah tenaga kerja di bidang rohani.

Tenaga Kerja Rohani

Tenaga kerja rohani adalah tenaga kerja yang mampu melakukan pekerjaan dalam bidang tertentu dengan lebih mengandalkan serangkaian bentuk daya pikir atau otaknya dibandingkan menggunakan tenaga dalam tubuhnya. Dengan demikianlah jikalau seseorang yang dianggap sebagai tenaga kerja rohaniah merupakan orang yang menggunakan pikirannya untuk lebih produktif dalam proses produksi.

Tenaga kerja rohaniah ini pada umumnya juga berada dalam lingkungan pekerjaan yang sudah memiliki sistem organisasi dengan baik, dengan lingkungan kerja yang bersih, rapi, dan terdapat aturan-aturan yang perlu ditaati.

Contoh Tenaga Kerja Rohani

Beberapa contoh tenagan kerja rohani yang ada di Indonesia, antara lain;

  1. Manager

Dalam sebuah perusahaan atau kantor umumnya jabatan manager merupakan jabatan yang sangat baik dan menjadi bagian yang penting. Selain itu manager juga terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari manager pemasaran, manager keuangan dan lain-lain.

Adapun untuk posisi manager ini tidak bisa sembarangan ditempati oleh seseorang, melainkan harus ada syarat-syarat yang mendukungnya. Syarat tersebut diantaranya mulai dari hal pendidikan, kemampuan berkomunikasi atau public speaking, ketrampilan dalam menangani masalah dan lain-lain.

  1. Direktur

Direktur dianggap sebagai karir yang sangat menjanjikan. Akan tetapi jabatan direktur ini memiliki tanggung jawab yang begitu besar, karena harus memimpin perusahaan dengan baik dan membawahi banyak karyawan yang harus diatur dan di bimbing.

Oleh karena itu seorang direktur harus siap dengan segala resiko maupun permasalahan yang akan menghampirinya. Sehingga kemampuan pola pikir dan keahlian-keahlian khusus sangat penting untuk mendukung pekerjaan direktur ini.

  1. Kepala divisi

Dalam sebuah perusahaan atau kantor, umumnya ada beberapa bagian yang dipisahkan. Diantaraya mulai dari bidang pemasaran, bidang promosi, bidang produksi dan lain-lain. Dimana masing-masing bidang tersebut tentunya memiliki kepala divisi yang akan membantu mereka dalam hal pengawasan maupun pembimbingan.

Kepada divisi ini bertanggung jawab penuh atas dasar pekerjaan setiap bawahannya. Sehingga semaksimal mungkin mereka harus memiliki pemikiran yang baik untuk menyatukan seluruh karyawannya agar bekerjasama dengan baik dan menghasilkan produk yang berkualitas.

  1. Guru

Tenaga  kerja rohaniah juga dicontohkan oleh seorang guru. Dimana guru merupakan profesi yang tidak bisa diperoleh dengan begitu saja, akan tetapi perlu melakukan proses pendidikan yang sangat panjang. Oleh karena itu guru dianggap sebagai tenaga kerja rohaniah yang mengandalkan daya pikirnya untuk menyampaikan berbagai ilmu kepada peserta didik.

Semakin cerdas cara guru melakukan transfer ilmu kepada peserta didik dengan metode pembelajaran yang inovatif, maka hal tersebut akan lebih mudah diterima peserta didik.

  1. Dokter

Dokter merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab besar untuk kesehatan dan keselamatan para pasiennya. Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa dianggap sebagai dokter tanpa melalui proses pendidikan yang baik dan benar.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa diketahui bahwa dokter termasuk tenaga kerja rohaniah yang sangat mengandalkan daya pemikirannya untuk menganalisis berbagai gejala penyakit dan memberikan resep obat untuk setiap pasiennya.

  1. Tenaga administrasi keuangan

Tenaga administrasi keangan juga menjadi contoh tenaga kerja rohaniah, karena seseorang yang bekerja dalam bidang ini perlu kemampuan khusus. Terutama yaitu mengenai masalah akuntansi atau ekonomi dengan baik. Semakin baik pemikiran mengenai pengetahui administrasi atau bidang akuntansinya maka pekerjaan akan lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Konsultan hukum

Contoh tenaga kerja rohaniah yang berikutnya ialah konsultan hukum. Sudah pasti seorang konsultan hukum akan lebih mengandalkan kemampuan otak atau daya pikirnya dibanding dengan tenaga. Karena mereka pelu menganalisis kasus-kasus hukum yang sedang dihadapi para klien dan perlu untuk memberikan saran atau solusi-solusi yang akan diambil untuk menangani kasus hukum tersebut.

  1. Pengacara

Pengacara juga termasuk profesi yang mengandalkan kemampuan pemikiran. Tanpa adanya pola pikir yang cerdas dan mumpuni, maka kasus-kasus hukum yang sedang dialami klien tidak akan dengan mudah bisa ditangani. Oleh karena itu mereka menjadi salah satu contoh jenis tenaga kerja rohaniah yang diperlukan setiap orang dalam membantu, menangani dan memenangkan kasus hukum.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tenaga kerja rohani adalah seseorang mampu bekerja sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing akan mengisi sejumlah kekosongan lapangan kerja dari karakteristik angkatan kerja. Sehingga hal ini akan berdampak pada menurunnya jumlah pengangguran dan pendapat nasional bisa lebih meningkat.

Bahkan di suatu negara, tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang penting demi terlaksananya jenis kegiatan ekonomi. Hal ini diuraikan bahwa dengan adanya tenaga kerja, maka akan berpengaruh pada berkembangnya suatu perkonomian di suatu negara.

Selain itu, tenaga kerja juga memiliki contoh yang sangat beragam mulai dari orang – orang yang sedang bekerja ataupun anak-anak yang mempunyai ketrampilan, keberanian, dan kemampuan untuk menunjukan bakatnya seperti bernyanyi atau berakting di layar kaca yang akhirnya mampu memproleh bayaran atau upah untuk diri mereka sendiri.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *