Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya

Diposting pada

Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya

Salah satu tujuan kegiatan ekonomi yaitu untuk mencukupi segala arti kebutuhan yang diperlukan manusia, sehingga menyebabkan terjadinya transaksi ekonomi. Tentunya dalam kerangka bisnis keadaan tersebut dibutuhkan tenaga kerja yang akan melakukan proses produksi serta mengolah barang mentah hingga menjadi barang jadi.

Tenaga kerja pada dasarnya merupakan faktor produksi yang penting karena mereka mampu memberikan manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat dengan cara berkontribusi secara langsung dalam dunia kerja. Adapun disisi lain, tenaga kerja ini bisa dibedakan dalam berdasarkan kualitasnya yang terdiri dari tenaga kerja terdidik, telatih, dan tidak terdidik serta terlatih.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah seorang individu yang siap dan mampu untuk melakukan pekerjaan dengan tujuan dapat menghasilkan barang ataupun jasa agar membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun diri pribadinya masing-masing.

Sehingga dalam hal ini tenaga kerja yang sanggup untuk bekerja juga memiliki keuntungan yaitu diperolehnya sebuah upah atau gaji untuk keperluan sehari-harinya. Oleh karena itu tenaga kerja bisa disebut juga sebagai seseorang yang jauh lebih mandiri dan memiliki kontribusi yang baik dalam kegiatan ekonomi.

Jenis Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya

Adapun untuk jenis tenaga kerja berdasarkan pada kualitasnya. Terdiri atas;

  1. Tenaga Kerja Terdidik

Tenaga kerja terdidik adalah seseorang yang masuk sebagai penduduk usia kerja dan mempunyai ketrampilan, keahlian atau kemahiran pada bidang tertentu yang diperoleh melalui jalur sekolah atau pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

Pada dasarnya tenaga kerja terdidik ini merupakan jenis tenaga kerja yang telah didik sebelumnya secara matang dan penuh dengan berbagai macam pembelajaran. Jenis pembelajaran yang diberikan pun bukan semata-mata hanya sebuah materi.

Akan tetapi ada beberapa latihan dan praktek secara langusng agar menguasi jenis pekerjaan yang nantinya akan dilakukannya. Selain itu tenaga kerja terdidik juga harus melakukan pengorbanan tertentu terlebih dahulu dengan mengeluarkan biaya pendidikan agar bisa memberikan bekal yang baik sebelum terjun ke lapangan dalam melakukan pekerjaannya.

Contoh Tenaga Kerja Terdidik

Misalnya saja;

  1. Dokter yang lulusan Perguruan Tinggi Kedokteran
  2. Guru yang lulusan Sarjana Pendidikan
  3. Pengacara lulusan hukum
  4. Konsultan keuangan lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  5. Jaksa Lulusan Hukum
  1. Tenaga kerja terlatih

Tenaga kerja terlatih adalah seseorang yang memasuki usia kerja dan mempunyai ketrampilan maupun keahlian pada bidang tertentu dengan ditambahnya pula pengalam kerja yang cukup baik untuk mendukung proses kerja yang dilakukannya.

Seseorang yang termasuk dalam tenaga kerja terlatih ini membutuhkan latihan secara khsusus untuk melakukan berbagai kegiatan yang perlu dilakukan dengan proses latihan yang secara berulang-ulang agar lebih menguasai bidang pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.

Contoh Tenaga Kerja Terlatih

Mislanya saja;

  1. Apoteker
  2. Montir
  3. Reparasi elektronik
  4. Konsultas SEO (Search Engine Optimizer
  1. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih

Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah jenis tenaga kerja yang dianggap memiliki tingkatan paling rendah dibandingkan dua jenis tenaga kerja sebelumnya. Umumnya tenaga kerja ini disebut pula sebagai tenaga kerja kasar karena hanya membutuhkan tenaganya saja dalam melakukan suatu pekerjaan.

Seseorang yang dianggap tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih ini umumnya tidak perlu melakukan pengorbanan tertentu seperti melakukan proses pendidikan atau latihan terlebih dahulu sebelum terun kelapangan untuk bekerja.

Contoh Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih

Misalnya;

  1. Pembantu rumah tangga
  2. Kuli bangunan
  3. Buruh angkut

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan macam-macam tenaga kerja berdasarkan pada kualitas beserta contohnya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *