Tempat Wisata Bahari di Indonesia

Diposting pada

Tempat Wisata Bahari Indonesia

Indonesia menjadi salah satu definisi Negara kepualaun terbesar yaitu memiliki 17.499 pulau dan memiliki garis pantai terpanjang ke-2 di dunia dengan total panjang pantai ± 81.000 km (Lemhannas, 2017). Kondisi tersebut menjadi potensi besar untuk pengembangan pariwisata berbasis kelatan di Indonesia.

Salah satunya yaitu yang kita kenal dengan istilah wisata bahari. Wisata bahari merupakan wisata yang kegiatannya adalah menikmati keindahan dan keunikan lingkungan alam di wilayah pesisir dan laut serta kegiatan rekreasi lainnya yang mendukungnya. Indonesia memiliki begitu banyak tempat wisata bahari.

Beberapa terkenal di seluruh dunia dan beberapa lainnya masih belum dikenal secara luas. Untuk memperlua pengetahuan kita tentang bermacam-macam objek wisata bahari di Indonesia, artikel ini akan menyajikan contoh tempat wisata bahari di Indoensia.

Wisata Bahari

Wisata Bahari adalah kegiatan wisata yang berkaitan dengan bahari atau wisata yang kegiatannya dilakukan di bentang laut dan bentang darat selama kegiatan wisata tersebut masih melibatkan unsur perjalanan dengan kegiatan yang memanfaatkan potensi alam bahari sebagai daya tarik wisata maupun sebagai wadah kegiatannya.

Aktivitas yang dilakukan dalam berwisata bahari biasanya berkaitan dengan menikmati ekosistem laut yang indah. Akan tetapi, kini aktivitas tersebut sudah dikemas dalam event-event yang diselenggarakan di area laut, pantai dan sekitarnya, misalnya: olah raga air, kegiatan tradisional, kegiatan ekonomi edukatif, kegiatan kuliner, dan arti ekowisata bahari.

Pengertian Wisata Bahari

Pengertian wisata bahari ialah rekreasi di pantai atau lautan. Secara lebih luas wisata bahari dapat diartikan sebagai:

  1. Sebuah wisata dimana tempat wisata tersebut didominasi perairan dan kelautan.
  2. Sebuah kegiatan untuk menikmati keindahan dan keunikan pesisir pantai dan juga lautan.
  3. Sebuah usaha untuk memanfaatkan wilayah pantai dan laut sebagai tempat wisata.
  4. Kegiatan untuk menghabiskan waktu di pantai dan lautan.
  5. Kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem alam khususnya pantai dan lautan.

Pengertian Wisata Bahari Menurut Para Ahli

Adapun definisi wisata bahari menurut para ahli, antara lain:

Orams (1999)

Wisata bahari meliputi kegiatan-kegiatan rekreasi yang melibatkan perjalanan jauh dari tempat tinggal seseorang dan yang berfokus pada lingkungan laut sebagai tuan rumah atau fokusnya (dimana lingkungan laut didefinisikan sebagai perairan yang dipengaruhi oleh salinitas dan pasang surut)

Ecorys (2013)

Wisata bahari mengacu pada kegiatan berbasis laut seperti berperahu, berperahu pesiar, berlayar, olahraga bahari serta layanan dan infrastruktur berbasis darat.

Definedterm

Wisata Bahari dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan dan keunikan wilayah di sepanjang pesisir pantai dan juga lautan. Secara singkat, Wisata Bahari dapat diartikan sebagai sebuah rekreasi di pantai atau lautan.

Contoh Wisata Bahari di Indoensia

Berikut ini contoh-contoh wisata bahari yang ada di Indonesia, antara lain:

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Wisata Bahari Sulawesi Utara

Bunaken adalah tempat wisata bahari dimana wisatawan dapat menikmati kehidupan bawah laut yang penuh warna. Bunaken terletak di teluk Manado di Pulau Sulawesi Utara. Di tempat wisata bahari Indonesia ini, ada sekitar 20 titik selam yang tersedia.

Penyelam dapat melihat berbagai ikan, moluska, karang dan terumbu. Di Timor Bunaken, penyelam akan dapat menemukan kura-kura, hiu dan rayap. Ada juga reruntuhan kapal terkenal yang dapat ditemukan di sebelah Pantai Molas. Pantai-pantai di Bunaken juga dikenal sebagai pantai eksotis.

Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Wisata Bahari Jakarta

Taman Nasional Pulau Seribu yang juga dikenal sebagai Kepulauan Seribu terletak di teluk Jakarta. Itu terletak sekitar 45 km di utara Jakarta. Kepulauan Seribu terdiri dari 342 pulau. Namun, hanya ada 20 pulau yang difungsikan sebagai tempat wisata bahari Indonesia. Ada enam pulau utama yaitu Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Puri, Pulau Pantara dan Pulau Pura.

Kepulauan Seribu dihuni oleh berbagai spesies termasuk burung, karang, ganggang kimam, moluska, karang dan rumput laut. Wisatawan juga dapat mengalami beberapa atraksi olahraga air di sini seperti jet ski, kano, memancing, selancar angin, snorkeling, dan selam scuba.

Pulau Nias, Sumatera Utara

Wisata Bahari Sumatra Utara

Pulau Nias (bahasa Nias: Tanö Niha) adalah sebuah pulau yang terletak di lepas pantai barat pulau Sumatra dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Nias juga merupakan nama kepulauan (Kepulauan Nias) di mana pulau ini menjadi pusatnya, tetapi juga mencakup Kepulauan Batu di tenggara dan Kepulauan Hinako kecil di barat.

Nias adalah tujuan selancar yang terkenal secara internasional. Area selancar paling terkenal adalah Sorake Bay, dekat dengan kota Teluk Dalam, di ujung selatan. Dikelilingi oleh pantai Lagundri dan Sorake. Ada juga dua gelombang kelas dunia yang stabil di Kepulauan Hinako terdekat, Asu dan Bawa.

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Wisata Bahari Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di utara Papua dekat dengan Vogelkoop. Vogelkoop adalah bagian dari Pulau Papua yang bentuknya seperti kepala burung. Kepulauan ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat. Pulau-pulau ini dikenal luas karena keindahan kehidupan bawah lautnya.

Ada banyak jenis ikan, moluska dan terumbu yang berada di daerah ini. Namun, Kepulauan Raja Ampat menawarkan lebih dari sekadar pemandangan bawah laut yang indah. Terumbu karang dan karang yang ada di pulau ini terletak di Segitiga Karang.

Para wisatawan dapat menikmati kehidupan bawah laut yang indah di Kepulauan Raja Ampat dengan snorkeling atau menyelam. Pulau-pulau ini juga terkenal dengan suku tradisionalnya, suku Asmat. Suku Asmat memegang aturan penting untuk menjaga pulau-pulau tetap murni dan bersih. Para wisatawan juga dapat menyaksikan kehidupan tradisional yang dijaga oleh suku Asmat hingga sekarang.

Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tengah

Wisata Bahari Sulawesi Tengah

Taman Nasional Wakatobi dikenal sebagai salah satu surga bawah laut paling indah di dunia. Taman nasional ini terletak di Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara.

Ada empat pulau utama di taman nasional ini. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Wangi-wangi, Pulau Kalidupa, Pulau Tornia dan Pulau Binongko, serta banyak juga pulau kecil seperti Tokobao, Lintea Utara, Lintea Selatan, Kampenaune, Hoga dan Tolandono.

Tempat wisata bahari Indonesia ini menjadi lebih terkenal setelah ekspedisi Wallacea yang menyebutkan bahwa Wakatobi kaya akan spesies karang. Dikatakan bahwa Jacques Cousteau telah menyebut pulau Wakatobi – yang kemudian dikenal sebagai pulau Tukangbesi sebagai sebuah “Nirwana Bawah Air“. Taman laut nasional ini menampung sekitar 900.000 terumbu karang tropis. Wakatobi memiliki jumlah spesies terumbu dan ikan tertinggi di dunia.

Teluk Tomini, Sulawesi Tengah

Wisata Bahari di Sulawesi

Teluk Tomini adalah teluk terbesar di Indonesia yang memiliki luas sekitar 6.000.000 Ha dan memiliki 90 pulau. Ada beberapa pulau kecil di sini dan tempat ini seperti surga bagi penyelam, karena posisi geografis Teluk Tomini sendiri, yang dilintasi garis khatulistiwa, secara alami telah menghadirkan berbagai jenis spesies laut di dalamnya.

Teluk Tomini dikatakan sebagai surga tersembunyi di Ekuator. Ada lebih dari 8 lokasi penyelaman yang tersebar di sepanjang pantai Barat dan Timur pantai Olele seperti tanah bayangan, penjaga, sarang lebah, lingkaran lalu lintas, kemacetan lalu lintas, gua jin, teluk helikopter, dan tanah ujung perak. Olele juga dikenal sebagai taman air Gorontalo.

Pulau Bali

Wisata Bahari di Bali

Di antara tempat wisata bahari Indonesia lainnya, Kepulauan Bali adalah tempat wisata paling terkenal di dunia. Kepulauan Bali menawarkan berbagai jenis atraksi. Para wisatawan dapat menikmati pantai yang indah, suasana dataran tinggi yang tenang, banyak upacara dan acara budaya.

Ingin merasakan liburan yang lebih ekstrem, ada juga beberapa atraksi olahraga air yang dapat ditemukan di pulau ini. Matahari terbenam dan matahari terbit di beberapa tempat di pulau ini sangat indah, misalnya melihat matahari terbit di Pantai Sanur dan melihat matahari tenggelam di Tanah Lot.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Wisata Bahari Pulau Komodo

Pulau Komodo, sebagaimana namanya terkenal sebagai habitat Komodo, kadal terbesar di Bumi. Pulau Komodo mempunyai luas permukaan 390 Km2 dengan populasi manusia lebih dari dua ribu orang. Pulau Komodo adalah bagian dari rantai pulau Sunda Kecil dan membentuk bagian dari Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo mempunyai kehidupan bawah laut yang yak kalah menakjubkan. Para penyelam menyatakan bahwa Pulau Komodo adalah salah satu situs menyelam terbaik di dunia. Dengan pemandangan dasar laut yang menakjubkan di mana terdapat 385 spesies karang yang indah, hutan bakau dan rumput laut.

Pulau ini juga menjadi rumah bagi ribuan ikan, 70 spesies spons, 10 spesies lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu. dan ikan pari. Kombinasi berbagai vegetasi di taman menyediakan lingkungan yang baik untuk berbagai jenis hewan di wilayah ini.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Wisata Bahari di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan terletak di Kalimantan Timur. Pulau-pulau tersebut diakuisisi oleh dunia untuk wisata bawah lautnya. Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau. Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi di wisata bahari Indonesia ini. Para wisatawan akan dapat menyelam atau snorkeling.

Ada sekitar 469 jenis karang dan lebih dari 870 jenis ikan yang hidup di Laut Derawan. Penyu hijau langka juga dapat ditemukan di sini. Pada waktu tertentu, para pelancong dapat melihat kura-kura bertelur di pantai. Di Pulau Kakaban, ada juga spesies ubur-ubur raksasa.

Kepualaun Karimun Jawa

Wisata Bahari di Jawa

Kepulauan Karimun Jawa menyimpan banyak harta karun yang indah baik di permukaan maupun di bawah laut. Jumlah pengunjung pulau tidak terlalu besar. Ini adalah alasan mengapa pantai-pulau di kepulauan masih bersih. Para nelayannya masih bekerja dengan cara tradisional sehingga hanya ada kerusakan minimum untuk kehidupan di bawah laut.

Kepulauan ini cukup terkenal dengan tempat menyelam dan snorkeling yang indah. Kepulauan Karimun Jawa adalah salah satu tempat wisata bahari Indonesia yang akan memanjakan wisatawan dengan langit biru jernih dan pantai pasir putih bersih. Para wisatawan akan dapat menikmati berbagai hidangan makanan laut segar di Kepulauan Karimun Jawa.

Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Wisata Bahari di Pulau

Pulau Alor terletak di sebelah timur Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Alor adalah salah satu tempat wisata bahari Indonesia yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah. Laut Alor memiliki begitu banyak tempat menyelam. Dua puluh tempat menyelam dikenal sebagai tempat menyelam terbaik di dunia.

Pulau dan lautnya juga terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Para wisatawan akan dapat melihat lumba-lumba dan mola-mola. Pulau Alor dapat dicapai dengan terbang ke Bandara Kupang dan Mali di Kalabahi. Para wisatawan juga dapat menikmati langit yang cerah dan pantai pasir putih yang indah.

Gili Trawangan, Lombok Barat

Wisata Bahari di Lombok

Gili Trawangan adalah salah satu pulau yang terletak di Lombok Barat. Pulau itu kecil. Dengan demikian para pengunjung dapat mengelilingi pulau dalam waktu 2 jam. Gili Trawangan adalah salah satu tempat wisata bahari Indonesia dimana wisatawan dapat melihat pemandangan indah sambil menikmati suasana yang tenang.

Pulau itu sangat bersih. Tidak ada mobil atau kendaraan bermotor lain yang ditemukan di pulau ini. Warga setempat juga dikenal sangat ramah terhadap pengunjung. Pulau ini memiliki beberapa tempat menyelam dan snorkeling di mana penyelam akan dapat menemukan kura-kura hijau dan berbagai jenis ikan dan karang.

Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Wisata Bahari di Pulau Sulawesi

Pulau Selayar dipisahkan dari daratan Sulawesi Selatan dengan luas sekitar 2000 km2 yang membentang dari utara ke selatan antara Pulau Sulawesi dan pulau Takabonerate. Di Kabupaten Kepulauan Selayar, ada 123 pulau, dan 62 pulau di antaranya berpenghuni.

Pulau Selayar adalah tujuan wisata bahari yang menarik karena bentang alamnya yang unik, dan menawarkan pantai-pantai indah yang belum terjamah. Tempat paling favorit ada di sisi barat yaitu Pulau Gusung. Pulau ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin tinggal di pantai indah berpasir putih.

Sisi timur pulau Selayar dikelilingi oleh terumbu yang menawarkan pemandangan bawah laut yang indah dan terlihat seperti surga untuk kegiatan Menyelam, Snorkeling, dan Memancing.

Barelang, Kepulauan Riau

Wisata Bahari di Batam

Kepulauan Barelang terdiri dari 6 pulau di selatan Batam. Keenam pulau tersebut adalah Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setotok, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Barelang merupakan akronim dari 3 nama pulau – Batam, Rempang & Galang. Di wilayah ini terkenal dengan Jembatan Barelang yang menghubungkan keenap pulau tersebut.

Pulau Batam menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia karena  memiliki beberapa tempat wisata menarik dan pantai yang spektakuler. Banyak klub dan resor olahraga yang berjajar di pantai Nongsa dan Waterfront City menawarkan olahraga laut yang menarik dan kegiatan luar ruangan untuk semua orang. Ada juga beberapa situs keagamaan dan museum kecil di pusat kota.

Wisata Bahari Lamongan (WBL), Jawa Timur

Wisata Bahari di Lamongan

WBL terletak di pantai utara Jawa, di Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Wisata bahari ini memiliki keunikan tersendiri dengan hasil perpaduan antara aspek alam, budaya, dan arsitektur, yang rasanya bersifat global tetapi tetap mempertahankan merek dagang lokal.

WBL adalah penyeimbang terhadap beberapa tempat wisata yang sudah ada sebelumnya seperti Tanjung Kodok dan gua Maharani. WBL Berada di lahan seluas 17 hektar dan didukung oleh beberapa fasilitas, yang siap untuk menyenangkan tamu dengan konsep layanan satu atap.

Itulah tadi materi yang dapat dituliskan terkaiat dengan beragam contoh wisata bahari di Indonesia dari berbagai daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kaliamantan, Papua, ataupun Bali. Semoga melalu artikel ini bisa memberikan referensi kepda segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *