Ruang Lingkup dan Objek Studi Psikologi

Diposting pada

Ruang Lingkup dan Objek Studi Psikologi

Manusia sebagai makhluk sosial sudah pasti sering melakukan berbagai bentuk interaksi sosial dengan banyak orang yang ada di sekitar lingkungannya. Interaksi itu teradi baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena sifat sosial inilah maka setiap individu akan merasa pengaruh baik disadari ataupun tidak. Pengaruh tersebut diantaranya yaitu cara bergaul, cara berbicara, cara berfikir, betindak, dan lain sebagainya.

Pada umumnya karakter-karakter tersebut sangat berhubungan dengan psikologi manusia itu sendiri. Sehingga jangan heran jika pada dasarnya kehidupan manusia sangat erat dengan yang namanya ilmu psikologi yang berkaitan dengan mental, jiwa, sikap dan sejenis lainnya.

Psikologi

Istilah psikologi, pada dasarnya kata tersebut berasal dari perkataan Yunani “psyche” yang artinya adalah jiwa dan “logos” dengan arti ilmu pengetahuan. Sehingga jika digabungkan menjadi satu kesatuan maka psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa seseorang, baik dari gejala, proses bahkan sampai latar belakang orang itu sendiri.

Oleh karena itulah psikologi adalah suatu ilmu yang memahami dan mempelajari tingkah laku manusia maupun hewan sekalipun. Yang di dalamnya akan membahas, menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa jiwa, mental dan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ruang Lingkup Psikologi

Berikut dibawah ini yang termasuk ruang lingkup yang menjadi objek studi dalam ilmu psikologi. Antara lain;

  1. Kognisi

Kognisis adalah sesuatu yang berkaitan dengan pemahaman maupun pemikiran dari seseorang atau individu dalam melakukan kehidupan di masyarakat. Banyak sekali hubungan antara afeksi dan kognisi yang menjadi ruang lingkup psikologi ini. Misalnya saja seperti pada peserta didik yang berperilaku negatif untuk kemudian di tangani.

  1. Emosi

Emosi adalah arti sikap seseorang yang tidak stabil atau sedang mengalami amarah yang tinggi sehingga bisa menyebabkan beberapa dampak bagi diri sendiri maupun orang lain. Emosi ini konon akan banyak menimbulkan akibat kurang baik di kemudian hari jikalau diamalkan dalam kehidupan.

  1. Konasi

Konasi adalah serangkaian bentuk keinginan, harapan, kehendak,maupun kemauan yang akan dicapai oleh individu dalam kehidupannya. Konosi ini sangat penting dipelajari dalam psiokologi karena berhubungan denga sifat manusia untuk menunjan kehidupannya.

  1. Psikologi Umum

Psikologi umum adalah ilmu pengetahuan atau cabang ilmu psikologi yang mempelajari dan menyelidiki berbagai hal kegiatan-kegiatan atau aktifitas -aktifitas psikis manusia pada umumnya baik mulai dari yang dewasa, normal, sampai dengan yang beradab (berkultur).

  1. Psikologi Khusus

Psikologi khusus adalah ilmu pengetahuan psikologi yang mempelajari dan menyelidiki berbagai hal kegiatan maupun aktifitas psikis manusia secara lebih khusus. Sehingga dalam psikologi khusus ini akan dibicarakan mengenai perbuatan-perbuatan khusus yang sering terjadi dalma kehidupan manusia.

Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini merupakan beberapa macam jenis psikologi khusus yaitu sebagai berikut:

  1. Psikologi psikopatologi

Ilmu psikolog yang berkaitan dengan gangguan mental atau masalah kejiwaaan seseorang yan harus segera ditangani dengan baik, agar keadaannya dapat kembali normal

  1. Psikologi komunikasi dan media

Psikologi yang mempelajari tentang proses interaksi antara manusia satu dengan lainnya dan bagaimana pengaruhnya dalam kepribadian individu itu sendiri.

  1. Psikologi perkembangan

Psikologi perkebangan yaitu ilmu tentang psikologi yang didalamnya membahas tentang perkembangan psikis manusia mulai dari mereka lahir atau bayi sampai proses perkembangannya menuju usia yang telah lanjut atau tua.

Psikologi perkembangan ini dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu mulai dari psikologi anak, psikologi puber atau adolesensi (psikologi pemuda ), psikologi orang dewasa, dan psikologi orang tua. Sehingga dalam hal ini ilmu psikologi lebih mendetail dari setiap usia manusia. Oleh karena itu setiap individu bisa dipahami karakter, kesehatan jiwa, maupun mentalnya dengan begitu baik.

  1. Psikologi sosial

Psikologi sosial adalah cabang ilmu psikologi khusus yang didalamnya membahas mengenai pola perilaku atau kegiatan dan aktivitas dari setiap manusia dalam melakukan hubungan serta interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Pada psikologi ini bisa dilihat dengan baik bagaimana cara seseorang melakukan proses sosial di lingkungan masyarakat,apakah ada kendala atau justru merasa tenang dan kenyaman.

  1. Psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan umumnya berkaitan dengan aktivitas – aktivitas atau kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan.

Contoh psikologi pendidikan ini misalnya tentang seseorang dalam menerima pelajaran atau ilmu baru dari contoh lembaga sosial yang ada di masyarakat yaitu sekolah, kemudian bagaimana seseorang melakukan proses belajar dan lain sebagainya.

  1. Psikologi kepribadian dan tipologi

Pada psikologi yang satu ini dibahas mengenai struktur pribadi manusia secara lebih khusus yaitu diantaranya mengenai tipe-tipe kepribadian manusia itu sendiri.

Sehingga dengan psikologi ini seseorang dapat menebak karate orang dengan lebih mudah, dan bisa menilai apakah orang tersebut sedang dalam keadaan yang normal atau dalam kondisi yang sebetulnya harus diberi semangat atau lain sebagainya.

  1. Psikologi Kriminal

Mendengar kata kriminal pasti yang terbesit dalam pemikiran pertama kali adalah kejahatan yang dilakukan seseorang. Memang hal tersebut sangat betul dan sesuai dnegan psikologi criminal itu sendiri.

Perlu anda ketahui bahwa psikologi yang satu ini mempelajari hal khusus yang ada kaitan atau hubungannya dengan perbuatan kejahatan maupun kriminalitas dalam diri seseorang, sehingga harus dicarai faktor penyebab dan harus egera dibantu untuk menghilangkan karakter semacam ini.

  1. Psikologi perusahaan

Psikologi perusahaan yaitu hal-hal yang mempelajari masalah perusahaan. Pada dasarnya psikologi ini juga sangat pentung untuk dipelajari alasannya karena dalam ilmu ini manusia akan lebih paham bagaimana harus bersikap, bertindak, maupun berkegiatan secara benar dalam lingkungan organisasi tempat merka berkumpul maupun bekerja.

Melalui pemahaman tersebut secara otomatis setiap individu akan merasakan dampak yang baik karena sudah mengerti harus melakukan tindakan semacam apa agar memiiki kesan yang baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Objek Studi Psikologi

Dibawah ini merupakan objek studi psikologi. Antara lain;

  1. Material

Objek Material merupakan salah satu jenis objek studi psikologi. Objek material adalah suatu hal yang dipelajari, dibahas, diselidiki, maupun dijadikan sasaran atau tembakan mengenai pemikiran atau hal apapun yang menyangkut dnegan kehidupan manusia.

Memang pada dasarnya objek material ini sifatnya menyeluruh mulai dari nilai-nilai, ide, gagasan, sampai hal kerohanian. Sebagai informasi bahwa objek ini yaitu manusia.

  1. Formal

Objek formal adalah cara meninjau dan cara memandang yang dilakukan oleh seorang peneliti terhadap objek material yang sebelumnya telah ditentukan bagian mana yang akan dipelajari secara lebih mendalam dengan menggunakan prinsip – prinsip yang sudah ada.

Objek formal pada dasarnya juga dapat digunakan sebagai pembeda ilmu yang satu dengan ilmu yang lain, misalkan saja mulai dari ilmu psikologi, sosiologi, antropologi dan lain sebagainya. Sehingga pada objek ini akan dibahas mengenai suatu hal dari berbagai sudut pandang dan menambah banyak wawasan. Oleh karena itu segala sesuatu yang dilihatnya berifat nyata, empiris, dan sesuai dengan fakta yang ada.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mahkluk hidup mulai dari tingkah laku manusia sampai dengan hewan. Sehingga penyelidikan terhadap organisme dalam segala hal maupun kerumitannya pada saat bereaksi dengan terjadinya perubahan alam sekitar dan fenomena atau gejala-gejala yang ada di sekitar kemasyarakatan.

Selanjutnya psikologi juga memiliki ruang lingkup tersendiri agar segala ilmu yang dipelajarinya dapat lebih terarah. Ruang lingkup psikologi adalah batasan dari sebuah ilmu pengetahuan yang ada kaitannya dengan psikologi atau kondisi jiwa seseorang berdasarkan pemetaannya sendiri-sendiri. Melalui ruang lingkup psikologi seserang akan bisa melihat atau belajar psikologi dengan lebih mudah.

Adapun ilmu psikologi bukan hanya membahas ruang lingkup saja, akan tetapi didalamnya terdapat pula objek studi psikologi. Perlu anda ketahui bahwa objek studi psikologi adalah hal yang menjadi incaran, arahan, maupun sasaran agar bisa dipelajari dengan lebih baik dan membawa dampak atau pengaruh yang bagi kehidupan manusia.

Oleh karena itulah kajian terhadap psikologi sebagai ilmu pengetahuan akan senantiasa mempelajari tentang hakekat jiwa, mental. Sikap yang dimiliki manusia beserta proses yang ada dalam kehidupannya.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa kai berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ruang lingkup dan objek studi ilmu psikologi yang bisa ditemukan. Semoga memberi edukasi dan pemahaman untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *