Ruang Lingkup dan Objek Studi Filsafat Manusia

Diposting pada

Ruang Lingkup dan Objek Studi Filsafat Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial sudah pasti banyak orang yang pernah atau bahkan mungkin sering mendengar kata filsafat. Lalu apakah masing-masing dari individu tersebut sudah mengetahui pengertian dari filsafat? Karena pada dasarnya mungkin banyak yang mengucapkan namun belum mengetahui secara pasti pengertian dari filsafat itu sendiri.

Makna filsafat yang sesungguhnya yaitu berkaitan erat dengan ilmu-ilmu pengetahuan sosial yang penting untuk dipahami oleh banyak orang. Karena ruang lingkup dan objek studinya yang kompleks dan mempelajari banyak hal termasuk persoalan filsafat manusia.

Filsafat Manusia

Filsafat pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophia. Philos artinya adalah cinta, suka, atau kecenderungan pada suatu hal. Sedangkan arti dari sophia yaitu kebijaksanaan. Berasal dari istilah tersebut, maka jika di gabung filsafat adalah cinta yang mampu membentuk kecenderungan pada kebijaksanaan yang bisa dilihat secara kasat mata.

Ruang Lingkup Filsafat Manusia

Ruang lingkup studi filsafat manusia adalah keadaan yang menunjukkan kegiatan maupun hal apapun yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan dapat dipelajari dengan baik. Pada umumnya ruang lingkup studi inidibedakan menjadi beberapa hal yaitu sebagai berikut ini;

  1. Mempelajari Filsafat Manusia untuk mendapatkan Hakekat Manusia

Pada dasarnya ruang lingkup filsafat manusia akan dicari tahu mengenai hakekat hidup manusia secara nyata dan benar.

Melalui filsafat ini seseorang akan berupaya untuk menafsirkan maupun mengartikan setiap fakta-fakta yang telah ditemukan oleh ilmu pengetahuan dan ada kaitannya dengan sifat sekaligus kondisi manusia. Sebagai informasi pada ruang lingkup yang satu ini filsafat manusia disebut pula dengan arti antropologi filosofis.

  1. Memelajari Filsafat Manusia untuk mendapatkan Fungsi dari keberadaan manusia di dunia

Ruang lingkup filsafat manusia mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan manusia salah satunya yaitu fungsi manusia selama hidup dalam dunia ini.

Tentunya setiap ilmu atau filsafat dipelajari demi kebaikan dan menambah wawasan bagi banyak orang. Sedangkan fungsi manusia pada dunia ini salah satunya yaitu untuk menjalankan kehidupan dan berinteraksi dengan manusia lainnya demi terciptanya proses sosial dan hubungan sosial yang saling mengenal satu sama lain.

Melalui hubungan tersebut, maka masing-masing individu akan memiliki kegiatan yang bermanfaat untuk banyak orang. Bahkan akan ada keragaman budaya yang saling dipelajari dan berfungsi bagi banyak orang untuk menjalankan kehidupan.

  1. Antropologi

Filsafat manusia mempelajari pula studi yang berkaitan tentang masyarakat dan budaya manusia sekaligus perkembangannya. Melalui ilmu-ilmu tersebut maka seseorang akan memperoleh banyak pengetahuan yang ada kaitannya dengan kehidupan masyarakat secara langsung.

  1. Psikologi

Arti psikologi yaitu ilmu yang akan mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan salah satunya yaitu ilmu terapan yang mempelajari tentang fungsi mental, perilaku, dan proses mental manusia melalui proses ilmiah. Ruang lingkup ini pada dasarnya dapat dipelajari dengan baik oleh orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya.

  1. Neurologi

Neurologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang pada umumnya membahas persoalan sistem saraf manusia, mulai dari fungsinya untuk melaksanakan kinerja dengan baik hingga penyakit yang dapat menyerang manusia. Perlu anda ketahui bahwa sistem saraf manusia sendiri berlangsung sangat kompleks dan memiliki peran yang sangat penting untuk mengoordinasikan dan mengatur seluruh gerakan tubuh.

Sehingga ruang lingkup filsafat manusia yang satu ini sangat penting untuk dipelaari khususnya oleh orang-orang yang sudah ahli.

  1. Biologi

Biologi adalah ilmu hayat yang didalamnya menjelaskan gambaran tentang kehidupan, dan organisme hidup. Pengetahuan biologi dalam hidup manusia juga akan mempelajari permasalahan struktur, evolusi, pertumbuhan, fungsi, persebaran, dan taksonominya

  1. Sosiologi

Definisi sosiologi termasuk ruang lingkup manusia yang penting untuk dipelajari karena didalamnya membahas permasalahan ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Arti masyarakat sendiri sebenarnya adalah sekelompok individu yang memiliki budaya, memiliki hubungan, dan memiliki kepentingan bersama dalam hidup mereka.

Pengetahuan dalam contoh kajian sosiologi umumnya berkaitan dengan perilaku masyarakat, dan perilaku sosialnya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diamati secara langsung dengan anggota atau kelompok masyarakatnya masing-masing.

  1. Ilmu hukum

Ilmu hukum adalah suatu ilmu pengetahuan yang objek atau hal yang akan dipelajari merupakan ilmu hukum itu sendiri. Pada dasarnya pada ilmu ini akan dipelajari berbagai hal yang ada kaitannya dengan seluk beluk mengenai hukum mulai dari sejarah, asas-asas, asal mula, sistem perkembangan, fungsi dan hal lainnya yang lebih kompleks lagi.

Pada ilmu ini biasanya akan ditelaah sekaligus mengkaji hukum sebagai gejala kehidupan manusia serta fenomena yang terjadi pada lingkungan hidup  pada hidupa manusia itu sendiri.

  1. Gejala/Fenomena/Ekspresi Manusia

Ruang lingkup filsafat manusia mempelajari pula persoalan gejala, fenomena, dan ekspresi dari yang ditunjukkan oleh setiap individu. Melalui proses pembelajaran tersebut setiap orang akan mengetahui setiap fenoma atau permasalahan-permasalahan yang ada hubungan dengan kehidupan manusia.

Maka dari itu mereka dengan filsafat manusia, setiap individu akan belajar lebih baik bagaimana harus beradaptasi dengan lingkungan baru, bagaimana harus bersikap dengan baik, dan bagaimana harus melakukan arti sosialisasi dengan baik pula pada semua orang.

  1. Spiritual manusia

Spiritual manusia ada hubungannya dengan keagamaan yang dimiliki oleh setiap individu. Biasanya dalam ilmu ini akan ada kedamaian, kenyamanan yang dimiliki sekaligus dirasakan pada diri individu manusia. Karena spiritual sangat berhubungan erat dengan level kepercayaan mengenai keimanan dan keyakinan yang mereka pegang masing-masing.

Bahkan dengan mempelajari spiritual seseorang dapat memahami kehidupannya dengan lebih baik bahwa semua hal yang dilakukan akan ada balasan disuatu hari nanti.

  1. Kemanusiaan

Kemanusiaan adalah serangkaian bentuk perdamaian yang terlihat secara nyata, pada saat manusia antara yang satu dengan yang lainnya menjaga kondisi agar tetap tentram, sejahtera, dan saling menghargai satu sama lain maka saat itulah kedamaian akan tercipta melalui sisi kemanusiannya.

  1. Kebebasan kehidupan manusia

Kebebasan ini berhubungan dengan sikap manusia yang tidak mau untuk dikekang dalam hal apapun. Namun sebagai informasi bahwa sebebas-bebasnya manusia mereka tetap harus bertindak sesuai dengan norma maupun aturan-aturan yang harus dijalankannya.

  1. Pemikiran manusia

Ruang lingkup ini yang terkhir pada hakekatnya akan senantiasa berhubungan dengan pola pikir manusia baik secara logika atau rasional sampai pada tahap pemikiran yang universal. Pada saat pemikiran itulah memunculkan arti sikap yang memiliki dampak positif dan negatif.

Objek Studi Filsafat Manusia

Objek studi filsafat manusia adalah segala hal yang menjadi titik fokus an bahan kajian pada kehidupan masing – masing orang. Pada objek studi filsafat manusia adan dua macam bentuknya yaitu sebagai berikut ini :

  1. Material

Obek material adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dalam hal ekspresi, budaya, mental atau psikologisnya dan lain sebagainya. Ilmu yang telah dipelajari tersebut nanti bermanfaat untuk menginterpretasi, menyelidiki, dan memahami gejala-gejala atau ekspresi-ekspresi manusia.

  1. Formal

Objek formal pada filsafat manusia mempelajari hakekat manusia secara lebih kompleks dan lengkap lagi dibandingkan pada objek material sebelumnya. Pada objek ini filsafat manusia tidak membatasi diri pada gejala empiris namun semua bentuk fenoma yang terjadi dalam hidup manusia dapat dipikirkan secara rasional/universal.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa filsafat manusia merupakan bagian integral dari sistem filsafat secara umum. Namun dalam filsafat manusia umumnya lebih menonjolkan hakikat atau esensi dari manusia itu sendiri. Walaupun secara kedudukan filsafat ini cenderung sama rata dengan cabang filsafat yang lainnya. Namun kedudukannya jauh lebih penting karena dapat menyelidiki, memahami, dan menginterpretasi setiap fenoma maupun gejala-gejala yang ditmbulkan oleh manusia sebagai makhluk hidup.

Bahkan sebagai informasi bahwa di zaman perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju sekarang ini, membuat banyak manusia selalu bertindak atau melakukan perbuatan-perbuatan yang semakin baik. Mahkan setiap individu terlihat seakan tidak mau berhenti untuk mencari kebenaran. Justru sebaliknya, mereka lebih giat dalam mencari-cari suatu kebenaran berlandaskan teori-teori yang sudah ada sebelumnya.

Tentunya melalui keadaan seperti berikut bisa disimpulkan bahwasanya manusia memiliki sifat  statis, tidak kaku, artinya ia tidak akan berhenti pada satu titik. Maka dari itu  ruang lingkup dan objek studi filsafat manusia itu sendiri dikatakan sangat kompleks karena manusia pada dasarnya akan terus berkembang seiring dengan waktu manusia dalam memenuhi rasa keingintahuannya terhadap dunianya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ruang lingkup dan objek studi filsafat manusia beserta dengan penjelasannya. Semoga memberikan edukasi serta referensi untuk kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *