Pengertian Prinsip Ekonomi Produsen, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada

Prinsip Ekonomi Produsen Adalah

Pada masa sekarang ini, manusia sudah seharusnya memiliki wawasan yang lebih luas dan harus pandai dalam mempertimbangkan berbagai hal.

Terutama yaitu mengenai keputusan untuk melakukan kegiatan ekonomi. Hal ini dikarenakan pada dasarnya jenis kegiatan ekonomi akan berhasil dilakukan jika telah dipikirkan dan direncanakan secara matang. Oleh karena itu dalam kegiatan ekonomi perlu yang namanya sebuah prinsip ekonomi dalam pandangan produsen.

Prinsip Ekonomi Produsen

Prinsip ekonomi bisa dikatakan sebagai tindakan ekonomi dengan melakukan suatu pengorbanan seminimal mungkin dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau hasil yang besar. Semakin kecil pengorbanan yang dikeluarkan dan semakin banyak hasil yang diperoleh maka semakin baik kegiatan ekonomi yang dilakukan tersebut.

Kemudian prinsip ekonomi juga terbagi dalam 3 jenis yaitu prinsip ekonomi produsen, distributor, dan konsumen. Dimana ketiganya menjadi fokus yang ada dalam kajian motif ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi Produsen

Pengertian prinsip ekonomi produsen adalah serangkaian proses produksi yang dilakukan oleh seseorang dari mengelola barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Tentunya dalam kegiatan pembuatan barang atau produk ini dibutuhkan berbagai alat produksi yang memadai dan biaya produksi agar barang berhasil menjadi barang jadi. Sehingga dalam prinsip ekonomi produsen ini seorang pelaku ekonomi di ajarkan untuk bisa melakukan penekanan biaya produksi dengan sekecil mungkin namun tetap memperhatikan kualitas barang agar terlihat baik dan bagus.

Tujuan Prinsip Ekonomi Produsen

Prinsip ekonomi produsen bagi seorang produsen sangat penting, karena dengan prinsip tersebut mampu menambah wawasan produsen untuk melakukan tindakan atau kegiatan ekonomi secara baik dan benar. Selain itu prinsip ekonomi produsen ini juga memiliki beberapa tujuan, antara lain;

  1. Memproduksi barang yang banyak dicari oleh masyarakat

Prinsip ekonomi produsen memberikan pengetahuan mengenai barang-barang atau produk yang sedang dibutuhkan atau dicari banyak konsumen.

Sehingga melalui prinsip ekonomi inilah seorang produsen dapat melakukan analisis pasar dan melihat peluang yang ada. Hingga pada akhirnya mampu menemukan barang atau jasa yang diperlukan konsumen dan membuka kesempatan yang besar bagi produsen untuk memperoleh keuntungan.

  1. Memilih bahan baku yang berkualitas dengan harga yang relatif murah

Produsen dengan pemahaman prinsip ekonomi yang baik tentunya akan m,encari bahan baku yang berkualitas. Semakin baik kualitas bahan yang digunakan dalam proses produksi maka hal ini akan berdampak pula pada baiknya kualitas barang yang dihasilkan. Sehingga dengan hasil yang maksimal tersebut mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen.

  1. Memiliki karyawan yang ahli, terampil dan disiplin

Prinsip ekonomi produsen juga bertujuan untuk bisa memiliki karyawan atau pegawai yang sudah ahli, terampil, disiplin, dan bertanggung jawab. Karena pada dasarnya tanpa tenaga kerja yang handal pun barang yang berada dalam masa proses produksi tidak mampu dijadikan secara maksimal.

Oleh karena itu pemilihan karyawanan juga perlu diperhatikan agar segala kegiatan produksi bisa dilakukan dengan lancar.

  1. Menentukan lokasi pembuatan barang atau jasa secara baik dan strategis

Penentuan lokasi bisnis atau pabrik harus disesuaikan dengan berbagai sumber bahan produksi yang dekat. Tujuannya agar proses produksi itu sendiri lebih mudah dilakukan. Selain itu mencari lokasi yang strategis juga menjadi tujuan utama agar proses produksi bisa dilakukan dengan lancar salah satunya yaitu mudahnya proses pengangkutan barang dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan alat yang berteknologi dan tepat guna

Penggunaan alat yang modern dan tepat guna juga menjadi bagian dari tujuan prinsip ekonomi. Karena dengan penerapan teknologi yang modern dan tepat guna  mempu memberikan keberjalanan proses produksi yang baik agar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Penerapan Prinsip Ekonomi Produsen

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang produsen sebelum melakukan penerapan proses produksi ialah;

  1. Produsen harus mengetahui jenis barang atau jasa yang seperti apa yang akan dibuat atau dihasilkan. Artinya produsen harus tahu terlebi dahulu barang dan jasa yang seperti apa yang sekiranya sedang dibutuhkan dan di minati oleh banyak konsumen. Tujuannya agar barang tersebut bisa laku dan mendatangkan banyak keuntungan bagi produsen, sehingga dengan tahapan seperti ini produsen telah memilikirkan prinsip ekonomi secara benar dan baik.
  2. Produsen harus memikirkan lokasi yang sekiranya cocok dan sangat berpotensi untuk mendatangkan konsumen dari berbagai daerah atau arah. Melalui lokasi yang strategis akan membuat konsumen lebih mudah untuk menemukan lokasi tersebut. Selain itu proses pendirian bisnis ini juga bisa disesuaikan dengan kemudahan alat tarnsportasi, kedekatan dengan pasar, dan mudah untuk dijangkau.
  3. Produsen pelu berpikir mengenai proses produksi yang akan dilakukan. Artinya seorang produsen harus merencanakan berbagai hal mulai dari biaya produksi hingga biaya-biaya tambahan yang sekiranya diperlukan. Tujuannya dengan perencanaan tersebut produsen bisa mengira-ngira biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang akan diperoleh. Produsen juga harus pandai dalam mengeluarkan biaya produksi seminim mungkin dengan perolehan hasil yang maksimal.

Contoh Prinsip Ekonomi Produsen

Adapun untuk contoh penerapan dalam prinsip ekonomi produsen yang bisa dipelajari diantaranya;

  1. Melakukan pembukaan tempat usaha yang lokasinya dekat dengan jalan kota maupun daerah pemasaran agar konsumen mudah menemukan lokasi tersebut.
  2. Melakukan penentuan harga jual yang menguntungkan.
  3. Memperhatikan sumber daya yang digunakan dalam proses produksi yaitu sumber daya berkualitas.
  4. Penentuan jumlah barang yang disesuiakan dengan permintaan konsumen, tujuannya agar barang terjual secara habis dan tidak menyisakannya agar tidak terjadi kerugian.
  5. Pemakaian alat mesin dengan produktivitas yang tinggi dan mampu menghasilkan barang yang berkualitas dengan penekan biaya yang minim.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa prinsip ekonomi produsen adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang produsen dalam melakukan proses produksi dengan berbagai pertimbangan khusus agar mampu menghasilkan barang dan jasa sebanyak mungkin melalui biaya dan pengorbanan tertentu.

Secara lebih singkat, pengertian prinsip ekonomi produsen adalah suatu prinsip ekonomi yang dilakukan produsen untuk mengeluarkan biaya produksi dalam jumlah tertentu dengan tujuan memperoleh keuntungan yang paling maksimal. Sehingga sebagai informasi dengan adanya prinsip ekonomi produsen inilah maka para pelaku ekonomi khususnya seorang produsen memiliki dasar berpikir dan perancangan yang matang sebelum melakukan tindakan kegiatan ekonomi.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian prinsip ekonomi produsen, tujuan, cara melakukan, dan contoh tidakannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *