Pengertian Prinsip Ekonomi Konsumen, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Prinsip Ekonomi Konsumen Adalah

Pernahkah anda mendengar istilah prinsip ekonomi? Pada dasarnya prinsip ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pelaku ekonomi untuk memperleh sebuah perbandingan antara pengorbanan dan hasil yang diperoleh. Dimana pengorbanan bisa dilakukan dengan sekecil-kecilnya dan hasil yang diperoleh bisa sebanyak-banyaknya. Pada umumnya prinsip ekonomi ini sangat berkaitan dengan yang namanya kegiatan ekonomi itu sendiri. Ekonomi yang baik dapat memberikan kemudahan kehidupan bagi masyarakat secara luas.

Karena kegiatan ekonomi tersebut bisa membuat kekayaan negara semakin meningkat apabila kegiatan ekonomi baik. Perlu anda ketahui sebetulnya dengan adanya prinsip ekonomi akan memberikan keuntungan bagi banyak pelaku ekonomi. Keuntungan tersebut antara lain yaitu memperoleh hasil secara maksimal dan meminimalisir segala bentuk kerugian yang bisa terjadi. Selain itu prinsip ekonomi ini juga berlaku untuk semua orang, mulai dari konsumen, produsen dan distributor.

Prinsip Ekonomi Konsumen

Prinsip ekonomi konsumen sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis pelaku ekonomi dari seorang konsumen, dimana dalam hal ini konsumen sejatinya harus mampu mengendalikan segala rasa keinginannya dalam memenuhi arti kebutuhannya yang tiada batas. Sehingga dari hal itulah makna prinsip ekonomi pada kegiatan konsumsi sangatlah penting untuk dipahami, agar setiap orang bisa melakukan tindakan konsumsi dengan cara yang baik dan benar melalui pencatatan skala prioritas dan melakukan penganggaran yang baik pula.

Selain itu seorang konsumen sebelum melakukan pembelian suatu barang atau jasa, maka disarankan untuk bisa memperhitungkan segala pengorbanan atau biaya kebutuhan yang diperlukan dalam memenuhi keperluan hidupnya tersebut.

Dengan cara seprti itu akan lebih memudahkan konsumen untuk melihat seberapa besar kemampuan yang mereka miliki dan sejauh apa cara konsumen mampu mendapatkan barang yang dibutuhkannya tersebut.

Pengertian Prinsip Ekonomi Konsumen

Prinsip ekonomi konsumsi adalah sebuah tindakan atau usaha yang dilakukan dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh kualitas pelayanan atau kepuasan yang semaksimal mungkin, sehingga sebagai badan usaha yang dilakukan dengan mengeluarkan pengorbanan yang seminal mungkin untuk mendapatkan kepuasan dari setiap barang atau jasa yang berhasil dikonsumsi.

Sebagai informasi dalam memperoleh kepuasan barang atau jasa, maka seseorang harus menyususn skala prioritas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar setiap orang bisa melihat dan memilah kepentingan-kepentingan apa saja yang perlu didahulukan terlebih dahulu.

Sehingga dengan hal tersebut mampu membuat segala kebutuhan manusia bisa terpenuhi secara baik dan maksimal. Selain itu dengan penyusunan skala prioritas seseorang juga bisa menunda beberapa hal yang sekiranya belum terlalu dibutuhkan, dan tingkat konsumsi bisa dioptimalkan.

Perlu anda pahami, sebagai seorang konsumen anda harus bisa melakukan konsumsi barang atau jasa dengan baik, cermat, teliti, dan efisien. Artinya dalam hal ini seorang konsumen harus pandai menerapkan prinsip-prinsip ekonomi pada saat melakukan tindakan ekonominya. Agar segala tindakan yang diambil bisa sesuai dengan prinsip ekonomi yang baik dan menghasilkan hasil yang maksimal pula.

Tujuan Prinsip Ekonomi Konsumen

Setidaknya ada beberapa tujuan adanya prinsip ekonomi konsumen yaitu;

  1. Menentukan barang dan jasa yang dibutuhkan

Tujuan prinsip ekonomi konsumen yaitu agar mampu menentukan barang dan jasa yang dibutuhkan. Artinya dalam hal ini dengan adanya prinsip ekonomi konsumen maka seseorang akan dilatih untuk membuat skala prioritas terlebih dahulu.

Sehingga hal ini nantinya dapat memberikan kontribusi yang cukup baik dalam menentukan segala barang yang benar-benar paling dibutuhkan oleh setiap konsumen.

  1. Menentukan barang dan jasa dengan melihat kualitas yang paling baik

Apabila konsumen mengetahui prinsip ekonominya secara baik dan benar maka hal ini mampu membuat mereka memahami baiknya sebuah kualitas barang dan jasa. Sehingga dengan hal demikian akan membuat konsumen merasa harus berhati-hari, cermat, dan teliti dalam membeli segala jenis barang atau jasa agar tidak merasa salah ataupun dirugikan.

  1. Dapat melakukan tawar menawar harga

Mempelajari prinsip ekonomi konsumen juga bertujuan untuk bisa melakukan kegiatan tawar menawar harga. Karena seorang konsumen dapat mempelajari berbagai cara atau tahapan-tahapan dalam melakukan kegiatan konsumsi salah satunya yaitu cara memperoleh barang dengan proses tawar menawar yang bisa dilakukan.

Semakin pandai dalam melakukan tawar menawar maka konsumen juga semakin mudah dalam mendapatkan harga yang lebih kecil dengan kepuasan yang maksimal.

  1. Melihat jumlah uang yang dimiliki

Seorang konsumen dalam membeli barang tentunya harus menyesuaikan kemampuan yang mereka miliki. Artinya disini konsumen harus mlihat jumlah uang yang dimilikinya sebelum melakukan pembelian barang atau jasa. Karena dengan melihat kemampuannya tersebuat bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan atau perhitungan barang mana yang akan dibeli.

  1. Memperhatikan segala bentuk manfaat barang dan jasa yang akan dibeli

Prinsip ekoomi konsumen juga bertujuan agar setiap konsumen mampu melihat manfaat yang bisa diperolehnya pada saat melakukan pembelian barang atau jasa. Dengan demikian maka pembelian barang atau jasa tersebut bukan hanya untuk memenui keinginan atau pemuas nafsu belaka. Akan tetapi pembelian barang atau jasa disesuiakan dengan kebutuhan kehidupan dan diketahui manfaat yang dapat diperoleh selama dalam jangka waktu saat ini atau dimasa yang mendatang.

Contoh Prinsip Ekonomi Konsumen

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh prinsip ekonomi konsumen, antara lain;

  1. Menentukan jenis barang dengan melihat kualitas dan dan daya tahan barang

Konsumen harus memilih barang yang dibelinya dengan memperhatikan kualitas barang tersebut. Salah satunya yaitu ketahanan barang yang dibelinya. Tujuanya agar produk yang dibeli konsumen bisa digunakan secara maksimal dan memberikan manfaat yang begitu banyak.

  1. Melakukan pembelian barang dengan harga terjangkau atau relatif murah

Setelah mempelajari prinsip ekonomi konsumen, maka seseorang harus bisa menentukan pembelian barang dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi dengan harga yang rendah tersebut tetap harus memberikan kepuasan yang baik bagi konsumen.

  1. Menyusun skala prioritas atau daftar barang yang dibutuhkan konsumen

Penyusunan dalam berbagai contoh skala prioritas sangatlah penting, sehingga dengan mempergunakan konsep inilah seorang konsumen harus paham bentul mengenai barang yang dibutuhkannya. Misalnya saja penerapan dalam skala prioritas ini seperti pilihan dalam memberi buku atau jam tangan.

  1. Mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan

Seorang konsumen harus pandai dalam menentukan jenis barang atau jasa yang akan dibelinya. Artinya konsumen seharusnya bisa mendahulukan barang atau jasa yang menjadi kebutuhan utamanya dan menunda pembelian yang sekiranya belum terlalu dibutuhkan.

  1. Mengendalikan pengeluaran dan pendapatan yang diperoleh

Pada hakekatnya dengan melihat adanya peningkatan pengeluaran dan pendapatan yang diperoleh, maka seseorang bisa melihat kemampuannya masing-masing dan bisa melakukan kegiatan konsumsi sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, terkait dengan prinsip ekonomi konsumen dapatlah digarisbawahi bahwa segala kegiatan ekonomi pada dasarnya sangat penting untuk menerapkan prinsip ekonomi dan salah satunya yaitu prinsip ekonomi konsumen.

Hal ini dikarenakan dengan prinsip ekonomi konsumen ini akan diketahui sebuah kemampuan atau penghasilan yang sekiranya dapat memenuhi segala kebutuhan manusia untuk mencapai kepuasan tertentu. Hal ini tentusaja tidak terlepas daripada makna konsumen, yaitu pelaku ekonomi atau seseorang yang melakukan kegiatan ekonomi dengan cara membeli barang atau jasa dengan proses transaksi yang dilakukan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian prinsip ekonomi konsumen, tujuan, penerapan, dan contoh pengunannya. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *