Pengertian Prinsip Ekonomi Distributor, Tujuan, dan Contohnya

Diposting pada
Rate this post

Prinsip Ekonomi Distributor Adalah

Istilah arti ekonomi sudah tidak asing lagi didengar. Pada umumnya motif ekonomi dan prinsipnnya dianggap sebagai salah satu bentuk ilmu sosial yang berhubungan secara langsung dengan berbagai aktivitas manusia dalam hal kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi. Sebagai makhluk hidup, manusia pada dasarnya tidak bisa terlepas dari kegiatan ekonomi itu sendiri.

Bahkan karateristik manusia sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi pun akan selalu menghadapi masalah ekonomi. Karena kegiatan dalam prinsip ekonomi memang sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan, dimana dari hal itulah manusia dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan. Salah satunya melalui proses distributor pada prinsip ekonomi.

Prinsip Ekonomi Distributor

Prinsip ekonomi distributor sangat lekat dengan serangkaian berhubungan dengan kata distribusi. Dimana distribusi adalah suatu kegiatan ekonomi yang menjalankan tindakan penyaluran baran atau jasa dari seorang produsen kepada konsumen. Seseorang yang melakukan kegiatan distribusi atau penyaluran barang inilah yang dinamakan dengan istilah distributor.

Dalam hal ini distributor perlu menerapkan prinsip ekonomi karena dengan prinsip ekonomi inilah segala bentuk penyaluran barang atau jasa bisa dilakukan dengan cepat, murah, tepat, dan maksimal sekaligus mampu memberikan keuntungan yang banyak.

Penerapan prinsip ekonomi distributor ini juga harus dipahami oleh pelaku distribusi itu sendiri, agar kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara efektif, efisien dan tepat sasaran dalam menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Pengertian Prinsip Ekonomi Distributor

Prinsip ekonomi distributor adalah sebuah bentuk usaha yang berhubungan dengan waktu dan biaya angkut dalam kegiatan ekonomi sehingga mampu melaksanakan mengirimkan atau menyalurkan barang dan jasa dengan tepat sasaran dan dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya.

Selain itu prinsip ekonomi distributor juga bisa diartikan sebagai bentuk pengaturan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan biaya angkut yang seminimal mungkin agar mampu melakukan menyalurkan barang dan jasa dalam jumlah tertentu.

Tujuan Prinsip Ekonomi Distributor

Prinsip ekonomi yang merupakan sebuah pedoman dalam melaksanakan berbagai kegiatan ekonomi ini tentunya tidak secara sembarangan dilakukan. Begitu pula dalam penerapannya pada prinsip ekonomi distributor yang memiliki tujuan-tujuan khusus agar dalam pelaksanaan penyaluran barang bisa dilakukan dengan baik. Berikut penjelasannya;

  1. Pemilihan barang yang baik dan berkualitas

Prinsip ekonomi distributor bertujuan untuk bisa menerapkan pemilihan barang atau jasa yang baik dan berkualitas dengan maksud agar para konsumen tidak merasa dirugikan atas pembelian suatu produk dalam harga pasar.

Selain itu dengan adanya barang yang baik dan berkualitas itu pula seseorang bisa mempercayai produk tersebut dan bisa melanjutkan pembeliannya di hari-hari berikutnya. Sehingga keuntungan dari distributor juga akan semakin baik.

  1. Meningkatkan mutu pelayanan

Tingkat pelayanan harus diberikan secara maksimal, agar setiap konsumen merasa sangat diperlukan dalam kegiatan ekonomi ini. Selain itu dengan pemberian pelayanan yang baik itu pula juga bisa memberikan kepuasan yang maksimal bagi para konsumen.

  1. Barang yang dipilih sesuai dengan minat atau selera konsumen

Pada hakekatnya semakin baik barang dan semakin tepat sasaran dengan minat atau selera konsumen, maka yang terjadi yaitu semakin meningkat pula daya beli masyarakat terhadap barang yang dijual. Oleh karena itulah dalam hal ini proses distributor dalam prinsip ekonomi senantiasa mengikutinya.

  1. Melakukan pengajuan penawaraan harga yang tinggi

Tujuannya agar seorang distributor mampu meraih keuntungan yang maksimal. Akan tetapi dalam hal ini penawaran harga yang tinggi juga harus disesuaikan dengan kualitas barang atau jasa yang diberikan kepada konsumen.

  1. Menentukan perencanaan keuntungan yang akan diperoleh

Hal ini perlu dilakukan agar pelaku ekonomi bisa menganalisis atau memprediksi segala biaya-biaya yang perlu dikeluarkan dengan biaya yang akan diperoleh. Melalui hal tersebut akan dilihat seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan dalam proses atau kegiatan ekonomi itu sendiri.

Penerapan Prinsip Ekonomi Distributor

Dalam proses penerapan prinsip ekonomi distributor, sejatinya harus memperhatikan beberapa hal agar dalam melakukan berbagai jenis kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik. Antara lain;

  1. Pelaku ekonomi distribusi atau seorang distributor harus bisa menggunakan saluran distribusi dengan baik dan tepat.
  2. Seorang distributor harus bisa memberikan pelayanan terbaik dan maksimal agar tidak mengecewakan konsumen.
  3. Seorang distributor harus bisa memikirkan cara agar memperoleh keuntungan secara maksimal.
  4. Distributor sangat perlu memperhatikan daya beli masyarakat secara luas dan menyeluruh.
  5. Distributor harus bisa mencari alat angkut yang murah agar biayanya bisa diminimalisir.
  6. Penyaluran barang harus dilakukan dengan tepat waktu dan tepat sasaran.
  7. Penyaluran barang harus dilakukan secara hati-hati agar menghindari segala resiko yang terjadi seperti rusaknya barang yang akan sampai ditangan konsumen.

Contoh Prinsip Ekonomi Distributor

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh prinsip ekonomi distributor, yaitu;

  1. Melakukan pembelian barang atau sebuah produk secara langsung dari produsen, dengan tujuan agar mendapatkan harga yang lebih murah.
  2. Memberikan tingkat pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada konsumen, agar memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka.
  3. Melakukan penyaluran barang kepada konsumen dengan tepat waktu dan memperhatikan kuaitas barang dengan baik.
  4. Pemakaian dan pemilihan sarana distribusi yang baik dengan penentuan harga yang relatif murah.
  5. Melakukan penyediaan stok barang – barang atau jasa yang sedang tren di kalangan konsumen.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa prinsip ekonomi distributor adalah penjualan barang-barang yang dimilikinya dengan segala proses atau tindakan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Selain itu prinsip ekonomi distributor juga bisa diartikan sebagai bentuk pemilihan barang-barang yang akan dijual kembali dan berusaha untuk mendapatkannya dengan harga yang seminimal mungkin.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian prinsip ekonomi distributor, tujuan, penerapan, dan contoh tindakannya. Semoga memberikan wawasan bagi semuanya yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *