Permasalah Sosial dan Ekonomi Akbibat Globalisasi di Indonesia

Diposting pada
Rate this post

Contoh Permasalah Sosial dan Ekonomi Akbibat Globalisasi

Diakui atau tidak suatu bentuk negara tidak akan pernah terlepas dari yang namanya permasalahan sosial maupun perekonomian di era globalisasi. Apalagi pada negara berkembang seperti Indonesia yang pada umumnya memiliki jumlah penduduk begitu tinggi. Tentusaja menemui berbagai permasalahan baik dari segi sosial maupun kegiatan ekonomi.

Setiap permasalahan yang muncul tersebut memang tidak mudah untuk ditangani dalam satu atau dua hari saja. Melainkan harus ada intervensi dari pemerintah dan berbagai rancangan agar bisa menangani setiap permasalahan yang mucul. Beberapa contoh permasalahan sosial dan ekonomi akibat globalisasi ini, misanya saja tenaga kerja, kenaikan harga (inflasi), pengangguran, kemiskinan, dan lain sebagainya.

Masalah Sosial dan Ekonomi dalam Globalisasi

Masalah sosial dan ekonomi pada saat ini dianggap sebagai keadaan yang tidak sesuai antara yang kondisi diharapkan dengan realitias hidup kenyataan, sehingga keadaan ini dianggap sebagai suatu kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan.

Disisi lainnya, suatu permasalahan yang muncul dalam ranah sosial dan ekonomi serta mempengaruhi kehidupan masyarakat luas pada saat ini adalah sistem globalisasi yang tidak dihindari sedikitpun, lantaran pengaruh dalam berbagai contoh globalisasi terdorong kecepatan informasi yang tidak ada batasanya.

Contoh Permasalah Sosial dan Ekonomi Akbibat Globalisasi

Semakin terbukanya akses teknologi membuat beberapa pekerjaan terasa lebih mudah dan cepat terselesaikan akan tetapi beberapa hal lainnya juga berdampak pada berbagai kehidupan masyarakat yang menyebabkan terjadinya permasalahan sosial dan ekonomi akibat globalisasi ini.

Adapun contohnya saja seperti;

  1. Kenakalan remaja

Masalah kenakalan remaja hingga saat ini semakin meningkat dan tidak bisa diatasi dengan mudah tanpa adanya kerjasama dari berbagai pihak terutama dari lingkungan keluarga. Kenakalan remaja ini pada dasarnya masuk dalam kategori masalah sosial yang tidak hanya berpengaruh pada satu atau dua individu saja, melainkan juga berdampak pada orang-orang lain yang bersangkutan.

Kenakalan remaja tentu tidak akan terjadi tanpa penyebabnya. Salah satu faktor utama yang dengan mudah seorang remaja bisa terjerumus dalam lubang kenakalan remaja ini yaitu kurangnya perhatian dan didikan dari lingkungan  keluarga.

Selain itu jenis kenakalan remaja ini juga berbagai macam mulai dari seks bebas, pencurian, narkoba, miras, dan lain sebagainya.

  1. Kriminalitas

Masalah kriminalitas juga menjadi salah satu contoh masalah sosial dan ekonomi. Pada umumnya seseorang akan bertindak semakin kriminal disaat mereka sudah tidak memiliki jalan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga tindakan jahat menjadi salah satu cara alternatif yang mereka tempuh.

Padahal dengan tindakan kriminalitas tersebut seseorang bisa terkena dampak buruknya mulai dari penahan, semakin dijauhi dari lingkungan sosial dan lain-lain.

  1. Kemiskinan

Kemiskinan adalah salah satu contoh masalah sosial dan ekonomi yang hampir terjadi di semua negara berkembang. Kemiskinan dianggap sebagai suatu kondisi dimana seseorang atau suatu kelompok tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan sulit untuk mencapai pelayanan-pelayanan yang mereka butuhkan.

Sehingga atas dasar inilah kehidupan yang masyarakat lakukan hanyalah terbatas pada kemampuan seadanya yang mereka miliki.

  1. Kesehatan

Kesehatan juga menjadi salah satu masalah sosial dan ekonomi yang ada disuatu negara akibat globalisasi. Karena masalah kesehatan ini seringkali timbul disaat orang-orang belum bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang mengusik kehidupan kesehatan suatu masyarakat.

Misalnya saja dalam penanganan Covid 19 atau corona dimana dalam berbagai negara-negara maju melakukan penutupan besar-besaran dalam upaya mencegah penyebarannya, tetapi di negara-negara tertinggal kondisi berbalik dimana ketika akses ditutup maka pengahasilan masyarakat menurun dan kemiskinan juga menimgkat.

  1. Kesenjangan Sosial dan Ketidakadilan

Kesenjangan sosial pada dasarnya adalah bentuk ketidakadilan yang terjadi dalam lingkungan sosial, sehingga masyarakat merasa dibeda-bedakan antara yang satu dengan lainnya. Kejadian seperti ini akan membuat masyarakat kurang merasakan pelayanan yang maksimal dan adil dari fasilitas yang telah disediakan.

  1. Pengangguran

Pengangguran termasuk menjadi salah satu masalah sosial dan ekonomi yang begitu umum dan seringkali terjadi di suatu negara. Pengangguran ini juga disebabkan banyak faktor diantaranya seperti kurangnya ketersediaan lapangan kerja, kurangnya kesesuaian antara bidang kerja dengan keahlian yang dimiliki masyarakat dan lain sebagainya.

  1. Daya Beli Stagnan pada Situasi Inflasi

Daya beli yang stagnan karena terjadinya suatu inflasi bisa menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang sulit untuk berkembang. Sehingga keadaan semacam ini harus segera diatasi agar tidak berlarut-larut dalam kondisi perkonomian yang semakin menurun.

  1. Kekalahan Daya Saing

Permasalahan ekonomi berupa kekalahan daya saing ini biasanya dapat membuat pasaran produk dalam negeri menjadi lesu. Karena para produsen merasa produknya kalah jauh dari produk lain yang jauh lebih diminati masyarakat luas.

Padahal seharusnya dengan masalah semacam ini harus segera mencari ide terbaik dan membuka jalan baru agar masyarakat kembali pada produk dalam negeri dan membuat persaingan semakin sehat.

  1. Impor Menghambat Pertumbuhan Ekonomi

Kegiatan impor yang dilakukan secara terus menerus dan jauh lebih tinggi dari pada arti ekspor maka hal ini menjadi suatu permasalahan ekonomi dalam suatu negara. Karena akan ada banyak biaya yang terpakai untuk membeli produk dari luar sedangkan pengoptimalan biaya untuk pembuatan produksi dalam negeri semakin berkurang.

  1. Terjadinya Inflasi Berkepanjangan

Inflasi selain membuat pembelian suatu produk semakin stagnan juga bisa mengakibatkan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat. sehingga dengan kondisi semacam ini akan membuat kehidupan masyarakat semakin lebih sulit dan tentunya tren pasar menjadi semakin lemah, lesu, atau bahkan perekonomian menjadi semakin lumpuh.

Namun apabila inflasi diiringi dengan tingginya nilai pendapatan masyarakat, maka kemungkinan kondisi yang terjadi tetap bisa stabil dan aman.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkaitan dengan berbagai jenis permasalah sosial dan ekonomi di Indonesia yang terjadi sebagai akbibat globalisasi.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *