Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Fungsinya

Diposting pada

Perangkat Lunak SIG

Perangkat lunak SIG (Sistem Informasi Geografi) kerapkali dikenal dengan istilah software sejatinya memiliki fungsi agar pengguna dapat melihat, memahami, mempertanyakan, menafsirkan, dan memvisualisasikan berbagai jenis data berupa pola, tren, dan grafik.

Atas dasar inipula komponen Sistem Informasi Geografis perangkat lunak membantu pengguna menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah dengan melihat data dengan cara yang cepat dipahami dan mudah untuk dibagikan.

Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografis

Perangkat lunak SIG (software) adalah komponen pendukung teknologi yang berisi program-program pengolahan dalam SIG berupa data untuk menghasilkan informasi geospasial, manusia sebagai pengolah dan pengguna data, serta metode yang digunakan dalam mengolah data tersebut.

Jenis Perangkat Lunak SIG

Adapun perangkat lunak dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) terdiri dari berbagai bentuk. Yaitu;

  1. Tool SIG, Tol Sistem Informasi Geografis adalah alat utama untuk mendukung penelusuran data GIS.
  2. RDBMS (Relational Database Management System), Relational Database Management System untuk menyimpan data GIS. Perangkat Lunak GIS mengambil dari RDBMS atau memasukkan data ke RDBMS.
  3. Tool ueri, Alat yang berfungsi dengan sistem manajemen basis data untuk kueri, penyisipan, penghapusan, dan SQL lainnya (Bahasa Kueri Standar).
  4. GUI (Graphical User Interface), Graphical User Interface yang membantu pengguna dan Perangkat Lunak untuk berinteraksi dengan baik.

Adapun macam-macam software SIG lainnya, antara lain:

  1. ArcGIS

ArcGIS ialah perangkat lunak SIG yang diproduksi oleh ESRI. Perangkat lunak SIG yang satu ini memungkinkan kita untuk mengolah data dari berbagai format data. Melalui ArcGIS kita bisa memanfaatkan fungsi desktop maupun jaringan.

Selain itu, dengan menggunakan ArcGIS kita bisa menggunkan fungsi pada level ArcView, ArcEditor, Arc/Info dengan fasilitas ArcMap, ArcCatalog dan Toolbox.

Materi yang disajikan dalam perangkat lunak ArcGis meliputi:

  1. Konsep SIG
  2. Pengetahuan peta
  3. Pengenalan dan pengoperasian ArcGIS
  4. Input data dan manajemen data spasial
  5. Pengoperasian Arc Catalog
  6. Komposisi/tata letak peta dengan ArcMap.
  1. ArcInfo

ArcInfo telah banyak digunakan oleh para ahli di bidang SIG. Pada prinsipnya perangkat lunak yang satu sangat mendukung untuk membuat peta yang didasarkan pada prinsip-prinsip informasi pemetaan yang terpadu, antara data spasial dan data atribut.

  1. MapServer

MapServer adalah perangkat lunak SIG yang memungkinkan kita menampilkan data spasial di web. Pada bentuk yang paling mendasar, MapServer berupa sebuah program Common Gateway Interface (CGI). Program tersebut akan ditampilkan pada web server.

Dengan menggunakan beberapa parameter tertentu dapat dihasilkan data yang selanjutanya dikirim ke web browser, baik dalam format gambar peta ataupun format lain.

  1. ERDAS Imagine

ERDAS Imagine adalah perangkat lunak pemrosesan citra digital yang keluaran oleh perusahan Leica. Produk ERDAS Imagine dan LPS (Leica Photogrammetry Suite) merupakan produk andalan dari ERDAS untuk analisis citra dan fotogrametri.

Keunggulan utama dari produk-produk tersebut ialah set analisis dan fotogrametri citra yang komprehensif dan luas serta integrasi yang luas dengan database spasial dan manipulasi database yang banyak. Meskipun demikian, kelemahan utamanya ialah navigasi dokumentasi yang sulit.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa perangkat lunak dalam Sistem Informasi Geografis adalah serangkaian alat yang berguna untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang di inginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan bentuk perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG), jenis, dan fungsinya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *