Perangkat Keras Sistem Informasi Geografi (SIG) dan Fungsinya

Diposting pada

Perangkat Keras SIG

Pada hakekatnya Sistem Informasi Geografis (SIG) memiliki beberapa jenis komponen yang berupa perangkat keras, perangkat lunak, data untuk mengelola, dan menganalisis. Sehingga mampu untuk menampilkan semua bentuk informasi yang dirujuk secara geografis.

Selain ketiga komponen tersebut ada oula komponen lainnya yaitu user dan metode yang digunakan dalam Sistem Informasi Geografis, termasuk dalam mengalisis letak geografis Indonesia.

Perangkat Keras SIG

Perangkat keras dalam komponen Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah teknologi berbasis komputer yang difungsikan untuk memetakan dan menganalisis hal-hal yang ada dan peristiwa yang terjadi di Bumi. Dimana alat dalam perangkat ini memiliki kemampuan untuk mampu membedakan SIG dari sistem informasi lain.

Sehingga pada proses membuat perangkat keras yang dikenal dengan hardware dalam objek kajian geografi fisik sangat berharga bagi berbagai perusahaan publik dan swasta. Termasuk dalam menjelaskan peristiwa, memprediksi hasil, dan strategi perencanaan.

Jenis Perangkat Keras Sistem Informasi Geografis

Sedangkan untuk perangkat keras komponen sistem informasi geografis sendiri terdiri dari berbagai macam. Antara lain;

  1. Alat masukan data (Input)

Alat masukan atau input ialah alat yang kerapkali dipergunakan untuk memasukkan (menginput) data ke dalam jaringan komputer. Misalnya alat-alat ini terdiri atas digitizer, scanner, keyboard komputer, CD-ROM, diskette reader.

  1. Alat pemrosesan data (Process)

Sedangkan alat pemrosesan data dalam perangkat keras ialah alat yang berperan penting dalam pengolahan, penganalisisan, dan penyimpanan data yang masuk sesuai kebutuhan. Misalnya penggunaan alat ini difungsikan untuk Central Processing Unit (CPU), tape drive, dan disk drive.

  1. Alat keluaran (Output)

Alat keluaran atau output dalam perangkat keras ialah alat yang berguna untuk menampilkan atau menayangkan informasi geografis yang telah selesai diolah dengan menggunakan SIG. Contoh penggunaan perangkat keras ini misalnya saja VDU (Visual Display Unit), plotter, dan printer.

Peran Perangkat Keras SIG

Adapun untuk peran adanya perangkat keras dalam Sistem Informasi Geografi ini, misalnya saja;

  1. Pembuatan Peta dan Analisis Geografis

Proses pmbuatan peta dan analisis geografis tentusaja bukanlah hal baru. Melalui penggunaan perangkat keras inilah SIG dapat melakukan tugas-tugas ini lebih baik dan lebih cepat daripada metode manual yang lama.

Dimana sebelum penemuan teknologi SIG berupa perangkat, hanya beberapa orang yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan informasi geografis untuk membantu pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan, dapatlah dikatakan bahwa Sistem Informasi Geografi perangkat keras adalah sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan dan keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

Sehingga atas dasar inilah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian dalam membantu untuk proses pengelolaan data.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan bentuk perangkat keras dalam Sistem Informasi Geografi (SIG), fungsi, dan perannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *