Penyebab Kelangkaan Sumber Daya dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya

Arti kebutuhan manusia yang semakin beragam membuat sumber daya yang semakin berkurang. Kekuranagn sumber daya akan mempersulit manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan akibat penggunaan sumber daya yang berlebihan dapat mengakibatkan kelangkaan.

Semua sumber daya memiliki batas pemakain. Kelangkaan sumber daya dapat diatasi dengan cara penggunaan yang lebih bijak. Siasat dan strategi perlu dikembangkan mengenai bagaimana cara memenuhi kebutuhan manusia yang banyak dan beragam dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Kelangkaan Sumber Daya

Kelangkaan adalah sutu keadaan terbatasnya sumber daya. Kelengkaan dapat terjadi karena jumlah kebutuhan manusia lebih banyak daripada ketersediaan sumber daya yang ada. Hal tersebut akan menghambat manusia untuk berkembang dan mengembangkan potensi.

Sumber daya terdiri dari sumber daya yang dapat diperbarui dan sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Pembaruan sumber daya dapat terjadi karena faktor alam maupun faktor buatan manusia. Sumber daya yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya yang jumlahnya sedikit serta proses pembentukan sumber daya yang sangat lama.

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya

Adapun yang menjadi beberapa penjabab dari adanya kelangkaan sumber daya, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Keterbatasan Sumber Daya yang Ada

Ketersediaan sumber daya dalam jumlah terbatas disebut dengan kelangkaan. Sumber daya harus mampu dikelola dengan baik dan bijak untuk dapat mengatasi meminimalisir kelangkaan akibat dari keterediaan yang terbatas. Sumber daya yang terbatas biasanya terjadi karena proses pembentukan yang membutuhkan waktu lama hingga beratus-ratus tahun. Sumber daya ini disebut dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

  1. Terjadi Bencana Alam

Kelangkaan sumber daya juga dapat terjadi karena faktor bencana alam. Bencana alam yang terjadi dapat mengakibatkan perubahan dan kerusakan alam. Bencana alam mengakibatkan banyak kerugian baik bagi manusia maupun bagi keseimbangan alam. Ketika keseimbangan alam terganggu atau terjadi perubahan, bukan tidak mungkin beberapa sumber daya yang ada akan hilang.

Bencana alam terjadi karena faktor alam maupun karena ulah manusia. bencana yang terjadi karena faktor alam seperti gempa bumi dan gunung meletus dapat merusak ekosistem alam sehingga terjadi suatu kelangkaan sumber daya alam. Bencana yang terjadi karena ulah manusia seperti banjir, tanah longsor dapat menyebabkan kerugian secara materiil

  1. Penggunaan Sumber Daya yang Berlebihan

Demi kepuasan sendiri, terkadang sumber daya tidak digunakan dengan bijak. Penggunaan sumber daya yang berlebihan membuat sumber daya yang ada mengalami kelangkaan. Akibatnya sebagian orang tidak dapat menggunakan sumber daya tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.

Penggunaan sumber daya yang bijak adalah penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Perlu adanya penyesuaian antara kebutuhan dan ketersediaan sumber daya sehingga tidak terjadi penggunaan yang berlebihan terhadap sumber daya.

  1. Perbedaan Letak Geografis

Letak geografis Indonesia dan dunia ternyata mempengaruhi ketersediaan sumber daya. Sumber daya tersebar secara tidak merata. Beberapa daerah memiliki sumber daya alam yang melimpah, sebagian lain mengalami kekurangan.

Perbedaan ini mengakibatkan kelangkaan di beberapa daerah sehingga memrlukan usaha lebih untuk mendapatkannya. Contoh persebaran sumber daya alam yang bergantung pada keadaan geografi adalah minyak bumi. Di beberapa negara seperti Arab, ketersedaan minyak bumi sangat melimpah yaitu sekitar 11.624.000 bbl per hari, namun tidak dengan negara Pakistan yang hanya mampu menghasilkan minyak sebanyak 98.000 bbl per hari.

  1. Pertambahan jumlah Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang pesat berdampak pada kebutuhan manusia yang semaikn banyak pula. Semakin bertambahnya jumlah penduduk suatu daerah akan semakin bessar pula pengunaan sumber daya yang dibutuhkan. Sumber daya yang digunakan secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan kelangkaan. Akibatnya, generasi-genarasi berikutnya tidak dapat merasakan sumber daya tersebut.

  1. Minimnya Kemampuan

Beberapa sumber daya memerlukan usaha serta pengetahuan yang luas untuk dapat mengambil mengoptimalkan penggunaannya. Minimnya seseorang yang memiliki keahlian dalam mengambil dan mengolah sumber daya membuat sumber daya yang ada tidak dapat diambil dan dimanfaatkan dengan baik.

  1. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat

Pertumbuhan penduduk yang relatif cepat mengakibatkna kelangkaan sumber daya apabila tidak diimbangi dengan jumlah dan proses pembentukan sumber daya yang cepat pula. Ketika sumber daya tidak dapat diperbarui secara cepat, maka kelangkaan akan terjadi. Kebutuhan konsumsi masyarakat yang banyak terhadap sumber daya tidak dapat terpenuhi semuanya.

  1. Perkembangan Teknologi yang Lambat

Pembaharuan sumber daya selain dibutuhkan seorang tenaga ahli, dibutuhkan juga alat dan teknolgi yang canggih. Teknologi yang canggih menunjang para ahli melakukan pembaharuan sumber daya dengan cepat. Perkembangan teknologi yang lambat akan menghambat ketersediaan sumber daya. Sedangkan kebutuhan masyarakat terhadap sumber daya semakin meningkat setiap waktu.

  1. Terbatasnya Dana

Untuk membuat dan memperbarui sumber daya, diperlukan dana yang tidak sedikit. Kurangnya ketersediaan dana akan meghambat proses tersebut. Dana merupakan aspek penting untuk dalam ketersediaan sumber daya untuk mengurangi kelangkaan.

  1. Proses Pembentukan/Pembaharuan Sumber Daya yang Relatif Lama

Tidak semua dumber daya dapat diperbarui dengan cepat. Beberpa sumber daya membutuhkan waktu yang relative lama untuk membentuk sumber daya baru. Contoh sumber daya yang memiliki waktu lama dalam proses pembuatannya adalah gas alam. Sedangkan sumber daya yang cepat dala proses pembaharuannya adalah air.

Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya

Banyak alternatif yang mungkin dapat digunakan untuk mengatasi kelangkaan sumber daya, antara lian:

  1. Membuat Sumber Daya Pengganti

Ketersediaan sumber daya utama yang terbatas, membuat beberapa orang mencari alternative lain unutuk mencegah kelangkaan. Meskipun kegunaan sumber daya pengganti tidak semaksimal sumber daya utama, tetapi hal ini dapat membantu mengatasi kelangkaaan sumber daya dalam memenuhi kebutuhan manusia. contohnya adalah biodiesel dari kelapa sawit yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi minyak bumi.

  1. Menghemat Penggunaan Sumber Daya

Untuk mengurangi kelangkaan sumber daya, perlu adanya kesadaran masyarakat dalam penggunaan sumber daya. Penggunaan sumber daya yang bijak dan sesuai pruntukannya dapat menjadi salah satu cara vuntuk mengatasi kelangkaan.

Salah satu cara bijaksana dalam penggunaan sumber daya adalah hemat dalam menggunakan sumber daya. Tidak membuang-buang sumber daya secara percuma.

  1. Tidak Merusak Sumber Daya yang Ada

Menjaga dan melestarikan sumber daya yang ada sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa sumber daya yang tersedia dapat mencukupi kebutuhan manusia. Salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan sumber daya adalah dengan tidak merusak sumber daya yang ada. Hal tersebut bertujuan agar sumber daya yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

  1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Sumber daya yang tersedia tidak dapat digunakan dengan baik apabila tidak ada tenaga ahli yang memroses sumber daya menjadi sumber daya siap pakai. Pengolahan sumber daya memerlukan cara sehingga diperlukan pengetahuan khusus.

Meningkatkan kualitas pendidikan akan menciptakan individu-individu yang terdidik dan terlatih di bidangnya sehingga dapat mengoptimalkan nilai kebermanfaatan dari sumber daya yang tersedia.

Nah, demikianlah uaraian atas tulisan yang membahas terkait dengan beberapa penyebab kelangkaan sumber daya dan cara untuk mengatasinya. Semoga bisa memberikan edukasi serta menambah bahan bacaan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *