Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup, Objek Studi, dan Contoh Kajiannya

Diposting pada

Sejarah Adalah

Sejarah adalah studi tentang masa lalu. Inilah yang menjadi objek kajian sejarah, yaitu waktu (masa lampau). Sejarah memberi kita rasa identitas. Dengan memahami dari mana kita berasal, kita dapat lebih memahami siapa kita. Sejarah memberikan konteks bagi kehidupan kita dan keberadaan kita. Ini membantu kita untuk memahami bagaimana segala sesuatunya dan bagaimana kita dapat mendekati masa depan.

Sejarah mengajarkan kepada kita apa artinya menjadi manusia, menyoroti pencapaian besar dan kesalahan besar umat manusia. Sejarah juga mengajarkan kita melalui contoh. Ini menawarkan petunjuk tentang bagaimana kita dapat mengatur dan mengelola masyarakat kita untuk keuntungan dan perbaikan semua orang yang tinggal di dalamnya. Sebagai contoh dengan mengetahui sejarah kemerdakaan negara kita maka bisa memunculkan rasa cinta tanah air dalam diri kita.

Sejarah

Sejarah adalah studi tentang peristiwa masa lalu. Orang-orang tahu apa yang terjadi di masa lalu dengan melihat hal-hal dari masa lalu termasuk sumber-sumber (seperti buku, surat kabar, dan dokumen-dokumen lainnya) dan artefak (seperti tembikar, alat, dan sisa-sisa manusia atau hewan).

Seseorang yang mempelajari sejarah disebut sejarawan. Seseorang yang mempelajari pra-sejarah dan sejarah melalui hal-hal yang ditinggalkan oleh budaya kuno disebut arkeolog, sedangkan seseorang yang mempelajari umat manusia dan masyarakat disebut antropolog. Studi tentang sumber dan metode yang digunakan untuk mempelajari dan menulis sejarah disebut historiografi.

Pengertian Sejarah

Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata Syajaratun atau Syajarah yang artinya pohon atau silsilah. Sedangkan kata sejarah dalam bahasa Inggris, yaitu history yang berasal dari bahasa Yunani historia, yang berarti penyelidikan; pengetahuan yang diperoleh melalui investigasi.

Sejarah adalah studi tentang perubahan dari waktu ke waktu yang mencakup semua aspek masyarakat manusia. Perkembangan politik, sosial, ekonomi, ilmiah, teknologi, medis, budaya, intelektual, agama dan militer adalah bagian dari sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Adapun definisi sejarah menurut para ahli, antara lain:

Muhammad Yamin

Sejarah dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Mohammad Hatta

Sejarah bukan melahirkan cerita dari kejadian masa lalu, melainkan memberikan pengertian masa lalu sebagai masalah-masalah.

Nugroho Notosusanto

Sejarah ialah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusiasebagai mahluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah diartikan pula sebagai kisah mengenai segala peristiwa itu, kisah itu disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa itu.

Drs. Sidi Gazalba

Sejarah ialah masa lampau manusia serta seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang memberi pemahaman tentang apa yang berlaku.

A.J.P. Taylor

Sejarah bukan hanya katalog acara yang diletakkan di urutan yang benar seperti jadwal kereta api”. Ini adalah cara modern untuk mengekspresikan akar kata sejarah itu sendiri, yang berasal dari kata Yunani, historia, yang berarti penyelidikan.

Aristoteles

Sejarah dapat didefunisikan sebagai satu sistem yang meneliti tentang suatu kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi. Aristoteles juga berpendapat bahwa sejarah mencakup peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.

Ibnu Khaldun

Ibnu Khuldun sering dikenal sebagai pendiri ilmu Historiografi, Sosiologi dan Ekonomi. Beliau mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

Ciri Ilmu Sejarah

Sebagai ilmu pengetahuan, sejarah memiliki beberapa ciri atau karakteristik, diantaranya yaitu:

  1. Empiris

Artinya yaitu sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Pengalaman tersebut direkam dalam bentuk dokumen dan peninggalan sejarah lainnya, yang kemudian diteliti oleh sejarawah untuk menemukan fakta yang terjadi di masa lampau.

  1. Mempunyai objek

Objek sejarah yaitu waktu dalam kehidupan manusia. Sudut pandang tentang waktu dijadikan sebagai objek dalam proses pembelajaran sejarah. Manusia dan masyarakat lah yang berperan penting pada terjadinya sebuah peristiwa atau sejarah.

  1. Mempunyai Teori

Sebagaimana cabang ilmu pengetahuan lainnya, sejarah juga memiliki teori yang digunakan dalam pembelajarannya. Kaidah-kaidah pokok dan teori sejarah digunakan untuk mendukung suatu argumen atas terjadinya sejarah yang telah terjadi.

  1. Mempunyai Metode

Metode pengamatan ialah metodologi dan cara-cara yang digunakan untuk mengamati sejarah. Dalam rangka penelitian, sejarah memiliki metodologi penelitian sendiri yang menjadi patokan-patokan tradisi ilmiah yang senantiasa dihayati.

  1. Generalisasi

Sejarah juga bisa digeneralisasi, artinya yaitu berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bisa diambil kesimpulan umum untuk menggambarkan kejadian sejarah yang telah terjadi. Kesimpulan dan generalisasi tersebut ditentukan berdasakran teori, metode dan objek penelitian sejarah yang telah dilakukan.

Ruang Lingkup Sejarah

Berikut ini ruang lingkup kajian sejarah, yaitu:

  1. Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa bisa diartikan sebagai kajian tentang peristiwa yang telah terjadi dan peristiwa itu benar-benar ada. Sejarah dikatakan sebagai peristiwa yaitu menyangkut kejadian yang penting, nyata dan aktual. Sejarah hanya akan mengkaji hal-hal yang terkait peristiwa-peristiwa penting di masa lampau yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa yaitu bersifat unik dan hanya terjadi satu kali, bersifat abadi yang artinya tidak akan berubah serta memiliki pengaruh berupa efek dan dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya peristiwa sejarah tersebut.

  1. Sebagai Ilmu 

Sejarah sebagai ilmu bisa diartikan bahwa sejarah membahas mengenai kebenaran dari sejarah itu secara objektif. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian tentang peristiwa cerita sejarah.

Sejarah juga dapat dikatakan sebagai pengetahuan masa lampau yang disusun secara sistematis dengan metode kajian secara ilmiah. Dalam perkembangannya, sejarah memang dapat dijadikan sebagai sarana untuk pendidikan dan menambah wawasan pengetahuan.

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu bersifat empiris, memiliki objek, memiliki teori, memiliki metode dan generalisasi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.

  1. Sebagai Kisah

Sejarah sebagai kisah bisa diartikan bahwa sejarah mengkaji tentang penulisan peristiwa oleh seseorang yang idenya diambil dari sejarah. Sejarah adalah rangkaian kisah dan cerita berupa narasi yang disusun dengan berdasarkan pada ingatan, tafsiran manusia ataupun kesan tentang suatu kejadian yang pernah terjadi di masa lalu.

Kisah sejarah bisa disajikan secara lisan maupun tertulis. Secara lisan, sebuah kisah sejarah bisa disampaikan dalam bentuk ceramah, pidato dan cerita lisan, sedangkan secara tertulis, kisah sejarah bisa dituangkan dalam bentuk cerpen, majalah atau buku.

  1. Sebagai Seni

Sejarah sebagai seni bisa diartikan bahwa sejarah yang ditulis dan diceritakan kembali sesuai faktanya, tapi bersifat seni. Meskipun sejarah disusun berdasarkan pada bahan-bahan yang diperoleh secara ilmiah, tapi dalam penyajiannya menyangkut soal keindahan bahasa dan seni penulisannya.

Sejarah dapat dikategorikan sebagai seni sebab membutuhkan intuisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa yang termasuk sebagai karya seni dalam menuliskan sejarah supaya menjadi menarik. Akan tetapi, perlu ditekankan bahwa sejarah tidak benar-benar seni secara mutlak karena dalam proses penelitiannya dilakukan secara ilmiah.

Objek Studi Sejarah

Objek studi sejarah bisa dibedakan menjadi dua, yaitu objek material dan formal:

  1. Material

Objek material sejarah yaitu segala hal atau informasi yang berkaitan dengan kejadian yang terjadi pada masa lampau.

  1. Formal

Objek formal dalam kajian ilmu sejarah yaitu aktivitas manusia yang pernah terjadi dalam suatu rentang waktu di masa lampau.

Contoh Kajian Sejarah

Berikut ini beberapa contoh topik yang bisa dikaji dalam penelitian sejarah, antara lain:

  1. Seni

Tugas utama sejarah seni adalah mengumpulkan, melestarikan, mengklasifikasikan, menghargai, dan memediasi karya seni bersejarah dari semua periode. Ini berkaitan dengan bentuk intervensi historis yang terwujud yang membentuk konsep waktu dan dengan demikian terus mengubah karakter masa kini.

Contoh topik tentang sejarah seni misalnya saja sebagai berikut;

  • Seni Afrika
  • Seni Asia Tengah
  • Seni China
  • Seni Eropa
  • Seni Yunani dan Romawi
  • Seni Paleolitik
  • Seni Pra-Columbus.
  1. Budaya

Tidak mudah untuk mendefinisikan ‘sejarah budaya’. Risiko besar adalah kegagalan untuk menarik perbedaan yang jelas antara sejarah budaya dan sejarah lainnya, seperti sejarah gagasan, sejarah sastra, sejarah seni, sejarah pendidikan , sejarah media, atau sejarah sains.

Contoh topik tentang sejarah budaya misalnya saja sebagai berikut;

  • Diaspora
  • Etnisitas
  • Sukuisme
  • Eurosentrisme
  • Masyarakat Adat
  • Migrasi
  • Orientalisme
  1. Ekonomi

Sejarah ekonomi bukanlah cabang dari ekonomi atau cabang dari sejarah intelektual yang berkaitan dengan sejarah pemikiran ekonomi. Dalam istilah dasar, sejarah ekonomi adalah studi sejarah tentang aspek ekonomi dari keberadaan manusia.

Cakupan intelektual yang luas dari disiplin ini memungkinkan untuk melampaui tema-tema ekonomi murni dan dengan demikian mempertimbangkan, antara lain, ketidaksetaraan, standar hidup, kesejahteraan, transformasi sosial, sains, teknologi, dan pendidikan.

Dengan fokusnya pada eksistensi manusia dalam dunia inovasi, pertumbuhan, dan pembangunan, sejarah ekonomi adalah disiplin yang prinsip-prinsip intinya memiliki dimensi manusia yang kuat. Contoh topik tentang sejarah ekonomi misalnya saja;

  • Barter
  • Kapitalisme
  • Siklus Ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Jalan Sutra
  • Perdagangan budak
  1. Lingkungan

Sejarah Lingkungan telah dideskripsikan secara beragam sebagai studi interdisipliner tentang hubungan budaya, teknologi dan alam melalui waktu oleh para sejarawan seperti Donald Worster dan sebagai bagian yang secara historis didokumentasikan dari kisah hidup dan mati, bukan individu manusia tetapi masyarakat.

Contoh topik tentang sejarah lingkungan misalnya saja sebagai berikut;

  • Perubahan iklim
  • Penggundulan hutan
  • Desertifikasi
  • Imperialisme ekologis
  • Revolusi hijau.
  1. Militer

Sejarah militer adalah sejarah perang, dan pasukan bersenjata dalam damai maupun dalam perang. Pemisahannya dari sejarah, lebih luas didefinisikan, muncul dari tujuan didaktiknya. Karena itu asal-usulnya terletak pada pengembangan tentara profesional.

Contoh topik tentang sejarah militer misalnya saja sebagai berikut;

  • Perang Dingin
  • Perang Salib
  • Teknik Militer
  • Strategi dan Taktik Militer
  • Perang Dunia I
  • Perang Dunia II

Nah, itulah tadi serangkain tulisan yang sudah kami lakukan pembahasan secara lengkap terkait dengan materi pengertian sejarah menurut para ahli, ciri, ruang lingkup, objek studi, dan contoh kajian-kajiannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah literasi mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *