Pengertian Jujur, Ciri, Macam dan Contohnya

Diposting pada

Jujur Adalah

Perilaku jujur hakekatnya senantiasa mencerminkan moral yang baik. Alasannya karena jujur akan memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan setiap makhluk sosial yang ada di lingkungan masyarakat, sekolah, ataupun keluarga. Maka, tak khayal atas penjelasan tersebut penting bagi kami membahas mengenai apa itu perilaku jujur serta contoh penerapannya.

Jujur

Penerapan untuk bersikap jujur pada manusia harus dilakukan sejak kecil. Ketika seorang anak dilatih bersikap jujur, besar kemungkinan akan ia terapkan hingga ia dewasa.

Berkata dan bertindak sesuai dengan arti kognisi terhadap kenyataan yang sebenarnya sangat dianjurkan. Dalam lingkungan, seseorang yang memiliki dan terbiasa bersikap jujur akan dihargai oleh orang lain. sikap jujur yang diterapkan oleh seseorang menunjukan bahwa ia memiliki integritas.

Terkadang ketika kita berbohong memang tidak diketahui oleh orang lain. Hanya diri sendiri yang mengetahui. Namun, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetapi dapat merugikan orang lain.

Orang yang terbiasa berbohong biasanya terus menerus melakukan kebohongan yang lain. Meskipun terlihat sederhana, namun memberikan pengertian mengenai dampak kebohongan terhadap orang lain sangat perlu dilakukan. Membudayakan hidup jujur harus terus dilaksanakan.

Suatu percakapan tanpa melebihkan atau mengurangi suatu informasi akan menghasilkan percakapan dan interaksi yang menyenangkan serta membawa dampak positif. Sikap jujur membuat seseorang merasa tenang. Tidak ada seseuatu yang disembunyikan. Seseorang akan dihargai ketika ia berkata dan bertindak jujur sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Oleh sebagian orang, menghindari kejujuran dan memilih kebohongan terkadang dianggap dapat menyelesaikan masalah. Namun hal seperti itu sebenarnya keliru. Berkata bohong justru akan menimbulkan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya dilakukan.

Kejujuran memberikan ketenangan lahir dan batin. Kebahagiaan dan hidup tenang akan dirasakan ketika ia berkata dan bertindak secara jujur.

Pengertian Jujur

Sikap jujur merupakan sikap yang menunjukan keadaan sebenarnya. Pada hakikatnya, manusia memiliki sifat jujur. Namun dalam beberapa kondisi, mereka memilih berbohong karna terdesak keadaan. Sikap jujur mecerminkan moral dan akhlak yang baik.

Pengertian Sikap Jujur Menurut Ahli

 Beberapa ahli juga mendefinisikan tentang sikap jujur, antara lain:

  1. Mohamad Mustari, Jujur merupakan perilaku manusia berdasarkan pada upaya untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perbuatan, perkataan, pekerjaan, baik untuk dirinya maupun pihak lain.
  2. Kesuma, dkk, Mengartikan jujur sebagai keputusan seseorang untuk mengungkapkan perasaannya, kata-kata atau perbuatannya yang menunjukan bahwa realitas yang ada tidak dimanipulasi dengan berbohong atau meniru orang lain untuk keuntungan dirinya sendiri.
  3. Wikipedia, Sikap jujur merujuk pada aspek moral, karakter, dan bernotasi atribut positif juga berbudi luhur layaknya kejujuran, integritas, serta keterusterangan. Keterusterangan ini didalamnya termasuk keterusteranagn terhadap perilaku diikuti dengan tidak adanya kebnohongan, perselingkuhan, penipuan, dan lainnya.

Ciri Jujur

Sikap jujur memiliki karakteristik sebagai berikut:

Berkata apa adanya

Sikap jujur berarti seseorang mengatakan dan melakukan perbuatan sesuai dengan kebenaran yang ada. Ketika berkata ia tidak berdusta. Berkata denagn melebih-lebihkan atau mengurangi informasi dikatan sebagai pembohong.

Ketika melakukan percakapan antara dua orang atau lebih, banyak informasi-informasi baru yang didapat. Penyampaian informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan dapat menimbulkan keresahan.

Dalam situasi tertentu, bebrapa orang yang merasa tersudutkan akan berkata tidak sesuai dengan kenyataan karena rasa takut. Namun perkataannya justru dapat membuatnya semakin tersudut karena pernyataan –pernyataan palsu membuat seseorang justru berfikir tidak logis dan tidak rasional.

Berbuat sesuai aturan

Seseorang yang jujur akan berbuat dan bertindak seseuai dengan aturan. Melanggar aturan termasuk dalam perbuatan yang tidak jujur.

Peraturan dibuat atas kesepakatan bersama. Ketika kesepakan telah terjadi berarti semua orang yang bersangkutan teloah setuju untuk menjalankan dan mentaati peraturan tersebut. Ketika ia berbuat tidak sesuai dengan aturan, berarti ia telah membohongi semua orang yang terikat dalam peraturan tersebut.

Kesepakatan dilakukan atas persetujuan bersama. Ketika sebuah kesepakatan dilanggar, nilai-nilai yang terkandung didalamnya akan memudar. Hal tersebut merupakan suatu kerugian akibat seseorang yang bertindak tidak sesuai aturan. Dampaknya dirasakan oleh orang lain.

Berani mengakui kesalahan

Orang jujur akan mengakui kesalahannya ketika ia melakuakn kesalahan. Berani mengakui kesalahan merupakan wujud dari sikap jujur pada diri sendiri maupun jujur pada orang lain.

Kesalahan yang kita lakukan terkadang tidak semua orang menegatahui atau bahkan tidak ada satu orang pun yang mengetahui dan menyadarinya. Bisa saja kesalahan yang kita buat hanya diketahui oelh kita sendiri. Disinilah sikap kejujuran diuji.

Ketika ia terbiasa berkata jujur, maka ketika ia melakukan kesalahan baik yang diketahui orang lain ataupun tidak diketahui, Ia berani mengakui nya. Hal ini membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Menyimpan kebohonga hanya akan membuat diri sendiri cemas karena takut kebohongan dan kesalahan yang ia lakuan diketahui oleh orang lain. Ketika ia berani mengakui kesalahan berarti ia siap mendapatkan resiko dan konsekuensi yang harus ia terima.

Pengenalan sikap jujur harus dilatih dan dibiasakan sejak kecil. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar yang menyangkut kepentingan orang lain.

Bertanggungjawab

Orang yang jujur adalah ia yang berani bertanggungjawab atas apa yang telah ia lakukan. Ketika seseorang takut dan tidak berani bertanggungjwab maka ia akan melakukan kebohongan untuk melindungi dirinya.

Sikap tanggungjawab menunjukan kewibawaan dan kebijaksanaan dalam diri seseorang. Sikap tanggungjawab membuat seseorang dipercaya oleh orang lain.

Berani meminta maaf

Berani mengakui kesalahan berarti seseorang telah mengaui kesalahan yang diperbuat. Ketika berbuat salah, seseorang yang memiliki sikap jujur tidak malu untuk meminta maaf. Meminta maaf dan memaafkan adalah ciri-ciri orang jujur.

Macam Sikap jujur

Sikap jujur dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu jujur dalam niat, jujur dalam perbuatan, dan jujur dalam ucapan. Penjelasan mengenai sikap jujur adalah sebagai berikut:

Jujur dalam niat dan kehendak

Jujur dalam niat adalah perbuatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan karena niat yang sudah dikehendaki oleh diri sendiri. Niat seseorang hanya diketahui oleh orang tersebut. Niat muncul dalam hati karena adanya dorongan yang besar dalam dirinya. ketika seseorang memiliki niat maka ia akan melakukan sebuah rencana untuk mewujudkannya.

Seseorang yang bersikap jujur dalam niat tidak akan melakukan sesuatu diluar apa yang sudah dikehendaki. Hal ini dapat menjadi sikap jujur yang paling dasar karena merupakan sikap jujur pada diri sendiri. Ketika ia berdusta berarti ia mendustakan dirinya sendiri.

Jujur dalam perbuatan

Sikap jujur yang ditunjukan dalam hal perbuatan berarti seseorang melakukan tindakan sesuai keadaan yang seharusnya. Tidak ada kecurangan dan kebohongan dalam perbuatan.

Jujur dalam ucapan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “mulutmu adalah harimaumu”. Pepatah tersebut memiliki maksud bahwa ucapan yang keluar dari mulutmu menentukan nasibmu. Ketika yang kau ucapkan merupakan suatu kebenaran maka kau akan tenang dan aman. Namun ketika apa yang kau ucapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, lama kelamaan kau akan merasakan akibatnya.

Jujur Menurut Agama Islam

Semua agama menganjurkan untuk berkata dan berbuat jujur. Menuruut agama Islam, sikap jujur dikelompokan menjadi beberapa macam antara lain:

Shidiq dil qolbi

Shidiq fil qolbi memiliki makna sifat jujur yang penerapannya ada dalam hati seseorang.

Shidiq fil amal

Sifat yang penerapannya ada pada amal perbuatan yang meliputi semua perilaku dalam kehiodupan sehari-hari

Shidiq fil hadist

Sifat ini merupakan sifat jujur yang penerapannya dilakukan dari perkataan yang diucapkan.

Shidiq fil khall

Sifat ini merupakan sifat jujur yang penerapannya terdapat dalam kenyataan yang ada pada kehidupan sehari-hari.

Shidiq fil wa’d

Sifat ini merupakan sifat jujur yang penerapannya ada pada suatu janji yang diucapkan seseorang.

Contoh Sikap Jujur

Sikap jujur yang ada dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

Pada diri sendiri

Sikap jujur yang paling sederhana adalah jujur terhadap diri sendiri. Contoh sikap yang mencerminkan sifat jujur pada diri sendiri antara lain:

  • Melakukan suatu hal sesuai dengan keinginan
  • Berucap dan bertindak sesuai dengan kemampuan diri
  • Menerima keadaan juga merupakan salah satu bentuk jujur terhadap diri sendiri

Lingkungan keluarga

Keluarga menjadi pondasi pertama dn utama dalam membentuk karakter jujur pada seseorang. Contoh perilaku jujur dalam keluarga antara lain:

  • Meminta uang untuk membeli gawai sesuai dengan harrga gawai
  • Memberitahukan nilai ulangan
  • Meminta izin ketika akan pergi bersama teman
  • Mengakui kesalahan
  • Meberitahu anggota keluarga ketika menemukan uang saat sedang beres-beres rumah.

Lingkungan sekolah

Sekolah adalah tempat anak menuntut ilmu. Selain ilmu pengetahuan, di sekolah juga diajarkan nilai pendidikan karakter. Salah satunya adalah perilaku jujur. Contoh perilaku jujur di lingkungan sekolah antara lain:

  • Mengembalikan ketika menemukan barang di kelas yang bukan miliknya.
  • Tidak mencontek
  • Membayar makanan di kantin sesuai jumlah yang diambil
  • Mengatakan alasan yang sebenarnya ketika terlambat masuk kelas atau membolos kelas
  • Mengatakan dan bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan dalam memahami materi

Lingkungan masyarakat

Dalam lingkungan masyarakat kita bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki perbedaan dalam berbagai aspek. Contoh jujur dalam lingkungan masyarakat antara lain:

  • Memberikan informasi sesuai dengan kenyataan
  • Mematuhi peraturan dan norma yang ada
  • Tidak menyuap saat membuat SIM
  • tidak memfitnah orang lain

Lingkungan kerja

Lingkungan kerja terkadang menjadi tempat persaingan untuk menjadi yang terbaik. Persaaingan sebaiknya dilakukan secara sehat dan jujur. Contoh sikap jujur dalam lingkungan kerja antara lain:

  • tidak memalsukan data
  • melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai prosedur
  • memberikan laporan keuangan sesuai dengan kenyataan
  • tidak menyuap untuk menaikan pangkat
  • tidak menerima suap dalam keadaan apapun

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami bagikan kepada semua pembaca. Berkaitan dengan pengertian jujur menurut para ahli, ciri, macam, dan contohnya sikapnya yang ada dalam setiap orang, baik di lingkungan sekolah, kerja, masyarakat, atau dalam kesehariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *