Pengertian Geografi, Ruang Lingkup, Objek Studi, dan Contoh Kajiannya

Diposting pada

Geografi Adalah

Geografi adalah ilmu yang unik karena menjembatani ilmu sosial dan ilmu alam. Geografi menempatkan pemahaman tentang proses sosial dan fisik dalam konteks tempat – mengenali perbedaan besar dalam budaya, sistem politik, ekonomi, lanskap dan lingkungan di seluruh dunia, dan menjelajahi hubungan di antara mereka.

Geografi menyediakan kerangka kerja yang ideal untuk mengaitkan bidang pengetahuan lainnya. Tidak mengherankan bahwa mereka yang terlatih sebagai ahli geografi sering berkontribusi besar pada pengelolaan sumber daya dan lingkungan yang diterapkan.

Lingkup kajian geografi adalah fenomena geosfer atau fenomena yang terjadi di muka bumi, yang ditunjau dari sudut pandang spasial. Ini sekaligus sebagai penciri geografi untuk membedakan geografi dengan ilmu lainnya atau bisa dikatakan sebagai objek formal geografi.

Geografi

Geografi adalah studi spasial permukaan bumi. Kata geografi berasal dari bahasa Yunani geo, yang berarti “Bumi,” dan graphein, yang berarti “menulis”. Para ahli geografi mempelajari karakteristik fisik bumi, penghuninya dan budaya, fenomena seperti iklim, dan tempat bumi di dalam alam semesta.

Geografi meneliti hubungan spasial antara semua fenomena fisik dan budaya di dunia. Ahli geografi (geografer) juga melihat bagaimana bumi, iklimnya, dan bentang alamnya berubah karena intervensi budaya.

Geografi lebih dari sekadar menghafal nama dan tempat. Para ahli geografi mengatur ruang dengan cara yang sama seperti para sejarawan mengatur waktu. Untuk membantu mengatur ruang, geografi mengajukan tiga pertanyaan penting tentang hal-hal di dunia, yaitu: Di mana suatu fenomena terjadi?; Mengapa terjadi di sana?; Apa konsekuensi dari keberadaannya di sana?.

Geografi memberi tahu kita tentang:

  1. Tempat dan komunitas tempat kita tinggal dan bekerja
  2. Lingkungan alami kita dan tekanan yang mereka hadapi
  3. Keterkaitan dunia dan komunitas kita di dalamnya
  4. Bagaimana dan mengapa dunia berubah, baik secara global maupun lokal
  5. Bagaimana tindakan kita sebagai individu dan sosial berkontribusi pada perubahan itu
  6. Pilihan yang ada dalam mengelola dunia kita untuk masa depan
  7. Pentingnya lokasi dalam bisnis dan pengambilan keputusaN

Pengertian Geografi

Geografi adalah studi tentang tempat, ruang dan lingkungan. Para ahli geografi menyelidiki karakter tempat, distribusi fenomena melintasi ruang, proses dan fitur biofisik, dan hubungan dinamis antara manusia dan lingkungan.

Geografi pada dasarnya bersifat interdisipliner. Ini adalah salah satu dari sedikit disiplin ilmu yang mencakup cara-cara yang sangat berbeda untuk mengetahui, dari ilmu-ilmu alam dan sosial dan humaniora.

Karena itu, para ahli geografi dilengkapi secara unik untuk memahami dan mengatasi masalah kritis yang dihadapi dunia. Geografer dimotivasi oleh isu-isu seperti keadilan sosial dan lingkungan, dan penggunaan sumber daya yang efisien, adil dan berkelanjutan.

Pemikiran geografis mengembangkan pengetahuan dan pemahaman dari tiga konsep yang saling melengkapi.

  1. Konsep tempat

Para ahli geografi mengeksplorasi apa artinya tempat, bagaimana orang membentuk tempat, dan bagaimana tempat membentuk kehidupan kita. Ini menyatukan banyak area geografi dalam pendekatan holistik untuk memahami karakteristik, dan hubungan antara lokalitas, kota, wilayah, negara, dan benua.

  1. Konsep lingkungan

Para ahli geografi menyelidiki lingkungan biofisik yang mencakup sistem darat, laut, dan atmosfer. Investigasi ini meliputi sifat, dimensi, dan penyebab perubahan lingkungan; hubungan timbal balik antara lingkungan dan manusia; sumber daya yang disediakan sistem biofisik dan keberlanjutannya.

  1. Konsep ruang

Para ahli geografi meneliti bagaimana, mengapa, dan dengan efek apa beragam fenomena berbeda-beda di seluruh permukaan bumi. Para ahli geografi memahami ruang yang harus dikonfigurasikan oleh gerakan dan organisasi orang dan material serta menjadi lokasi untuk aksi sosial dan material.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Adapun definisi geografi menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Eratosthenes, Geografi berasal dai kata“geographica”. Menurut Eratosthenes geograpica artinya penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.
  2. Claudius Ptolomaeus, Geografi adalah suatu penyajian melalui peta sari sebagian dan seluruh permukaan Bumi.
  3. Immanuel Kant, Geografi didefinisikan sebagai ilmu yang objek studinya yaitu benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.
  4. Hartshorne, Geografi adalah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan serta rasional mengenai sifat variabel dari pemukaan Bumi.
  5. Ullman, Geografi adalah interaksi antar ruang. Pengertian yang singat tapi cukup menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini berhubungan dengan ruang di permukaan Bumi.
  6. Alexander Von Humboldt, Geografi adalah ilmu yang berkaitan dengan alam dan juga makhluk hidup yang hidup di dalamnya.
  7. Karl Ritter, Geografi didefinisikan sebagai suatu telaah Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi yaitu seluruh fenomena yang terjadi di permukaan Bumi, baik organik maupun non organik yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
  8. Elsworth Huntington, Geografi didefinisikan sebagai studi tentang fenomena permukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Elsworth juga mengemukakan bahwa terdapat hubungan timbal balik antara gejala dan juga sifat- sifat permukaan Bumi dengan penduduknya.
  9. Paul Vidal de La Blance, Geografi adalah studi mengenai kualitas negara- negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagiamana manusia mengelola alam ini.
  10. Bintarto, Geografi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hubungan kausal antara gejala-gejala di permukaan Bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional yang digunakan untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.
  11. Daldjoeni, Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, serta region atau wilayah. Daldjoeni berpendapat bahwa dalam hal spasial geografi mengkaji tetang persebaran gejala, baik yang bersifat alami maupun manusiawi di muka Bumi.

Dalam hal ekologi, geografi mengkaji tentang bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungan. Sedangkan dalam hal region, geografi mengkaji tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya berdasarkan kesatuan fisiografisnya.

Ruang Lingkup Geografi

Ruang lingkup geografi sebagaimana yang dikemukakan oleh Rhoad Murphey dalam bukunya yang berjudul “THE SCOPE OF GEOGRAPHY”, diantaranya yaitu:

  1. Geografi mempelajari tentang persebaran dan relasi umat manusia dipermukaan bumi. Selain itu juga mengkaji aspek keruangan tempat hidup manusia serta bagaimana manusia memanfaatkanya
  2. Geografi mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan fisiknya sebagai bagian studi keanekaragaman wilayah
  3. Geografi mempelajari kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai ciri khusus

Objek Studi Geografi

Objek material dan formal geografi, yaitu:

  1. Material

Objek material geografi ialah seluruh fenomena geosfer atau fenoemna yang terjadi pada lapisan bumi yang terdiri atas atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer. Sehingga bisa dikatakan bahwa semua fenomena di setiap lapisan tersebut adalah objek material geografi.

  1. Formal

Objek formal geografi adalah cara pandang geografi terhadap gejala/fenomena di permukaan bumi. Objek formal tersebut mencakup 3 aspek yaitu:

  1. Pola sebaran fenomena tertentu di permukaan bumi. Misalnya kabut asap kebakaran lahan gambut di Banjarmasin menyebar hingga Palangkaraya
  2. Keterkaitan atau hubungan antar sesama gejala di tersebur. Misalnya kebakaran lahan gambut terkait musim kemarau panjang dan morfologi daerah Banjarmasin.
  3. Perkembangan atau perubahan yang terjadi pada gejala tersebut. Misalnya kabut asap disebabkan oleh adanya pembukaan lahan baru di daerah gambut oleh manusia.

Contoh Kajian Geografi

Berikut ini beberapa contoh kajian dalam geografi berdasarakan pembagian masing-masing cabangnya, antara lain:

Manusia

Ini adalah cabang geografi yang terutama melibatkan studi tentang ras manusia, termasuk asal-usul mereka, interaksi mereka dan persepsi yang mereka miliki tentang berbagai ideologi yang mempengaruhi mereka. Ini juga mencakup studi tentang bagaimana kelompok-kelompok orang ini mengatur diri mereka sendiri di tempat-tempat yang mereka huni.

Geografi manusia dibagi lagi menjadi beberapa sub-cabang dengan contoh kajian masing-masing, yaitu:

  1. Geografi populasi: Ini adalah studi geografi yang terutama berkaitan dengan distribusi demografi orang. Ini termasuk studi tentang distribusi populasi, migrasi, asal dan pertumbuhan di wilayah tertentu.
  2. Geografi ekonomi: Geografer ekonomi mempelajari cara berbagai produk dan layanan diproduksi dan didistribusikan di berbagai ceruk pasar. Selain itu, cabang ini juga memeriksa cara distribusi kekayaan di berbagai wilayah di planet ini.
  3. Geografi medis: Ini adalah cabang geografi yang berhubungan dengan studi pola dan penyebaran penyakit. Ini melibatkan epidemi dan pandemi serta asal-usul dan distribusinya di lokasi geografis tertentu.
  4. Geografi agama: Ini adalah cabang geografi manusia yang mempelajari penyebaran dan distribusi kelompok agama, budaya mereka dan lingkungan binaan.
  5. Geografi politik: Ini adalah cabang studi geografi manusia yang menyelidiki aspek-aspek politik manusia. Ini melibatkan batas-batas negara, strategi pembangunan yang diterapkan dan pola dan perilaku pemungutan suara dalam setiap yurisdiksi.

Fisik

Geografi fisik adalah cabang utama geografi yang berhubungan dengan karakteristik fisik bumi. Ini tidak terbatas pada karakteristik di permukaan bumi tetapi juga di bawah bumi dan di sekitar permukaan bumi. Cabang geografi ini juga disebut sebagai fisiografi.

Geografi fisik dibagi lagi menjadi beberapa sub-cabang dengan contoh kajian masing-masing, yaitu:

  1. Biogeografi: Ini adalah studi tentang hewan dan tumbuhan serta penyebaran dan polanya di permukaan bumi.
  2. Geografi sumber daya air: Ini adalah cabang geografi fisik yang berhubungan dengan sumber daya air dan bagaimana berbagai sumber daya air dikelola dan didistribusikan di seluruh bumi fisik. Ini juga melibatkan studi tentang bagaimana air dikumpulkan, didistribusikan, dan digunakan di berbagai tempat yang tersebar di planet ini.
  3. Geografi iklim: Ini adalah cabang geografi fisik yang berkaitan dengan studi tentang pola cuaca dan bagaimana pola cuaca ini memengaruhi iklim suatu wilayah di planet ini. Ini juga termasuk studi tentang semua kegiatan yang terjadi di atmosfer dan komposisi atmosfer.
  4. Geomorfologi: Ini adalah cabang geografi fisik yang berhubungan dengan studi tentang tanah dan proses-proses yang dialami oleh formasi tanah yang berbeda. Ini juga mempelajari berbagai bentuk tanah dan hilangnya bentuk-bentuk ini selanjutnya melalui faktor-faktor seperti erosi.
  5. Geografi tanah: Ini melibatkan studi tentang lapisan atas permukaan bumi, litosfer dan kategorisasi serta distribusinya.

Lingkungan  

Geografi lingkungan adalah studi tentang aspek interaksi spasial antara manusia dan lingkungan terdekatnya dan akibat yang dihasilkan dari interaksi ini. Cabang geografi ini membantu dalam memahami berbagai jenis aktivitas manusia di suatu daerah dan efek yang dihasilkannya pada bidang ini.

Itulah tadi serangkaian artikel yang sudah kami tulisakan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian geografi menurut para ahli, ciri, ruang lingkup, objek studi, dan contoh kajian-kajiannya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *