Pengertian Empiris, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Empiris

Di era modern ini serangkaian ilmu pengetahuan semakin berkembang. Dimana masyarakat modern dituntut mempelajari dan mampu menerapkan ilmu-ilmu modern dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu dapat diperoleh dimana saja dan kapan saja.

Aslakan secara bukti empiris berisi tentang fakta-fakta yang diperoleh melalui proses uji coba, penelitian, dan lain sebagainya. Bukti empiris dalam arti sosiologi berisi informasi yang bukti suatu argumen memiliki kebenanran. Penentuan fakta-fakta empiris tidak dapat dilakukan secara subjektif. Penelitian maupun pengamatan dan hasil yang diperoleh harus bersifat objektif.

Empiris

Kata empiris pada hekakatnya berasal dari bahasa Yunani empeiria yang memiliki makna pengalaman atau coba-coba. Atas alasan tersebutlah empiris merupakan suatu keadaan yang dilakukan dan bisa diamati oleh indera manusia berdasarkan peristiwa atau kejadian yang pernah dialami melalui proses penelitian, pengamatan maupun eksperimen.

Disisi lainnya, empiris akan senantiasa diperoleh melalui pengalaman indrawi. Dalam hal ini, hasil pemerolehan data yang dilakukan disebut dengan bukti empiris.

Pengertian Empiris

Empiris adalah metode yang bisa dilakukan oleh panca indera manusia sebagai makhluk sosial, sehingga metode yang dilakukan bisa diamati oleh orang lain juga.

Sikap empiris dimaksudkan untuk membuktikan secara nyata sesuatu yang benar-benar terjadi, sehingga tidak terjadi manipulasi. Kebenaran dalam upaya memecahkan permasalahan sangat pernting dilakukan untuk menghindari sikap sukjektif sehingga tidak merugikan orang lain.

Pengertian Empiris Menurut Para Ahli

Definisi empiris yang dikemukakan ahli, antara lain;

  1. Amiruddin dan Zainal Asikin, Empiris adalah penelitian yang mentikberatkan pada fenomena sosial dari objek yang diteliti secara detail dengan mengumpulkan fakta yangterjadi serta mengembangkan konsep yang ada.
  2. Izzatur Rusuli, Empiris memiliki arti gagasan yang bersifat rasional yang dibentuk dan diperoleh melalui pengalaman.

Ciri Empiris

Empirisme memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Makna

Teori makna ini merupaan teroi yang menyatakan asal mula suatu pengetahuan. Menurut teori makna, asal-usul suatu ilmu berasal dari konsep sejarah yan sudah diketahui dan ditemukan sejak dahulu. Pengetahuan yang sekarang diperoleh berdasarkan pada asal usul masa lalu yang pernah terjadi.

  1. Pengetahuan

Teori pengetahuan merupakan teori yang menyatakan bahwa kebenaran sesuatu berasal dari kebenaran yang diperoleh melalui observasi. Dalam hal ini kebanaran diperoleh benar-benar berdasrakan fakta. Seseorang tidak dapat mengandalkan opini semata tanpa adanya tindakan nyata menggunakan panca indera.

Empris dianggap sebagai suatu sifat dari suatu kebenaran yang diperoleh secara objektif berdasrakan pengamatan menggunakan panca indera. Jika suatu kebenarana hanya berdasarkan pada menduga-duga tidak bisa disebut sebagai kebenaran yang bersifat empiris.

Jenis Empiris

Adapun untuk bentuk empiris. Antara lain;

  1. Sosial

Empiris dalam bidang sosial seringkali terjadi dalam masyarakat. Hal tersebut berkaitan dengan pemecahan suatu permasalahan atau penelitian sosial. Empiris dalam bidang sosial juga perlu memperhatikan faktor lingkungan. Interaksi dan hubungan sosial juga turut memberikan pengaruh.

  1. Ekonomi

Kegiatan ekonomi seringkali membutuhkan data-data yang empiris untuk menentukan transaksi ekonomi, seperti menentukan harga jual, menentukan penawaran, melakukan pengecekan, dan lain sebagainya. Data empiris di lapangan perlu diketahui untuk mengetahui perkembangan ekonomi.

  1. Sains

Ilmu sains dan teknologi sangat kental dengan data empiris. Semua yang berhubungan dengan penelitian sains harus melalui pengujian untuk mengetahui data yang diperoleh secara objektif tanpa ada rekayasa. Empiris dalam bidang sains sangat diperlukan untuk membuktikan kebenaran terhadap sesuatu karena pengetahuan adalah hasil dari pengamatan atas realitas.

  1. Kesehatan

Dalam bisang kesehatan, mengetahui data empiris diperlukan untuk mengetahui berbgaa hal beraitan dengan dunia medis, seperti mencaritahu penyebabab timbulnya penyakit yang diderita, mencari tahu jenis penyakit dan upaya penyembuhan yang dapat dilakukan.

Dalam dunia kesehatan, data empiris dapat diperoleh dengan melakukan uji laboratorium yang hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang kesehatan.

Kelebihan dan Kelemahan Empiris

Empiris memiliki kelebihan dankelemahan. Dimana untuk kelebihan suatu pengetahuan bersifat empiris dalah sumber pengetahuan yang jelas dan terjaminn kebenaranya sesuai dengan fakta-fakta di lapangan.

Sedangkan kelemahan empiris adalah pengetahuan dan pengambilan data dilakukan menggunakan indera manusia, sehingga seseornag yang memiliki keterbatasan dalam salah satu indera akan sukar untuk memperoleh data empiris. Misalnya, kelemahan dalam indera penglihatan akan sukat melihat objek yang bersifat kecil.

Contoh Empiris

Beberapa contoh sifat empiris dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Sosial

Beberapa contoh empiris dalam bidang sosial antara lain:

  1. Warga yang sedang mengalami permasalahan kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk mencari penyebab dan solusi yang mungkin bisa dilakukan, Kepala desa melakukan penelitian langsung ke lapangan untuk meninjau fakta yang terjadi. Hasil akhir dari pembuktian ini adalah penemuan faktor penyebab permasalahan tersebut bisa terjadi dlihat dari tinjauan langsung ke lokasi warga dan sumber mata air yang selama ini menjadi sumber warga mendapatkan air.
  2. Permasalahan warga dua suku yang saling berselisih. Untuk menyelesaikan permasalahan, kapala suku dari kedua suku saling berunding mancari jalan keluar masalah dengan cara mencari tahu langsung dengan wawancara ke warga yang terlibat langsung.
  1. Ekonomi

Contoh empiris dalam bidang ekonomi antara lain:

  1. Untuk mengetahui penyebab naiknya harga jual sayur di dalam arti pasar, pemerintah meninjau langsung jumlah ketersediaan bahan pangan di pasar serta meninjau lokasi penghasil komoditas sayur untuk mengetahui secara langsung penyebab naiknya harga sayuran. Dari kegiatan peninjauna langsung ke lapanagan akan diketahui penyebab dari permasalahan yang terjadi, yang kenudian digunakan untuk menyusun strategi guna menaggulangi permasalahan tersebut.
  2. Pemasok susu kedelai melihat langsung proses pembuatan susu kedelai yang akan dibelinya untuk memastikan sendiri kualitas susu kedelai dari parbik pembuatannya.
  1. Sains

Contoh empiris di bidang sains antara lain:

  1. Untuk mengetahui golongan darah seseorang, harus dibuktikan dengan melakukan tes darah langsung dengan alat khusus .
  2. Untuk mengetahui kandungan emas yang terdaat dalam tanah, perlu dilakukan riset langsung ke lokasi. Hal tersebut untuk menentukan banyaknya kadar emas serta penggunaan alat yang sesuai untuk menggali emas dalam tanah agar keseimbangan alam tetap terjaga.
  3. Untuk menentukan hari raya idul fitri, umat islam melakukan peninjauan langsung posisi bulan (hilal). Proses penentuan apakah hilala sudah mulai terlihat, dilakukan dengan menggunakan alat khsusus yang dirancang untuk melihat benda luar angkasa. Penentuan posisi hilal ini hanya dilakukan oleh orang yang ahli di bidang tersebut. Proses peninjauan ini akan menghasilkan data empiris mengenai penetapan hari raya idul fitri bagi umat islam.
  1. Kesehatan

Cohntoh empiris dalam bidang kesehatan antara lain:

  1. Seorang pasien mengalami gejala pusing dan mual. Untuk mengetahui penyakit yang diderita, seorang dokter melakukan tes laboratotium pada darah pasien tersebut untuk mengetahui penyakit yang dialami.
  2. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan asuransi kesehatan terhadap para pelanggannya, pihak asuransi melakukan survey langsung denngan mendatangi rumah sakit yang bekerja sama dengan jasa asuransi tersebut, serta menanyakan langsung kepada pengguna jasa asuransi tersebut sehingga diperoleh data yang bersifat empiris.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui data empiris dipandang memiliki tingkat kebenaran lebih besar karena disusun berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Pengalaman dan pengamatan yang baik sangat penting untuk memperoleh data atau pengetahuan yang empiris.

Oleh karena itulah bukti atau fakta empiris tidak bisa dperoleh hanya dengan mitor maupun berdasarkan unsur sejarah, karena empiris identik dengan penelitian yang bersifat indrawi atau dilakukan dan diteliti dengan panca indera (secara nyata).

Demikinalah saja wawasan terkait dengan artikel yang memberikan pembahasan pengertian empiris menurut para ahli, ciri, jenis, kelebihan, kekurangan, dan contohnya yang ada di dalam berbagai bidang. Semoga memberikan edukasi bagi kalian.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *