Jenis Pasar Berdasarkan Struktur, Luas, dan Fisiknya

Diposting pada

Jenis Pasar Berdasarkan Struktur, Luas, dan Fisik

Sudah pernahkah anda mendengar kata pasar?. Pasar adalah  tempat bertemunya penjual dan pembeli. Umumnya pasar menjadi pusat perbelanjaan bagi setiap manusia yang membutuhkan keperluan dalam hidupnya. Dimasa sekarang ini pasar tidak hanya di definiskan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung akan tetapi bisa secara jarak jauh.

Artinya dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini, membuat beberapa perubahan dalam kegiatan ekonomi. Diantaranya yaitu mudahnya akses jual beli yang dapat dilakukan konsumen melalui pembelian online. Sehingga dalam perkembangannya ada beragam bentuk pasar salah satunya jikalau dilihat berdasarkan pada struktur, luas, dan fisiknya.

Pasar

Pasar adalah salah satu bentuk kegiatan ekonomi yang melibatkan pertemuanantara penjual dan pembeli dengan melakukan sebuah transaksi untuk memperoleh kegiatan ekonomi jasa dan perdangangan yang diinginkan dengan harga tertentu yang telah disepakati secara bersama.

Atas makna ini tentusaja dapat diketahui bahwa pasar juga tidak dapat terjadi apabila belum memenuhi beberapa syarat seperti adanya penjual dan pembeli, adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan, adanya transaksi dan tawar menawar serta lain sebagainya.

Pasar Berdasarkan Struktur dan Luasnya

Macam pasar jikalau ditinjau berdasarkan pada struktur dan luas terbagi berbagai bentuk. Antara lain;

  1. Pasar Menurut Strukturnya

Pasar menurut strukturnya juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  1. Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar yang dinamakan pula dengan istilah pasar pasar persaingan murni, dimana pada pasar ini terdapat banyak sekali jumlah penjual dan pembeli yang saling melakukan transaksi satu sama lain.
  2. Pasar Monopoli adalah pasar yang didalamnya terdapat kegiatan transaksi jual beli dengan seorang penjual yang bertindak sebagai penguasa dalam hal penawaran barang.
  3. Pasar Persaingan Monopolistis adalah pasar yang memiliki banyak penjual dan menjual berbagai jenis barang dengan keragaman masing-masing.
  4. Pasar Oligopoli adalah pasar yang hanya memiliki beberapa penjual saja dan melakukan penjualan barang tertentu yang menyebabkan antara penjual yang satu dengan yang lainnya mampu memengaruhi harga dalam pasar.
  1. Pasar Menurut Luasnya

Perlu anda ketahui pasar yang didasarkan atas luasnya kegiatan ini identik dengan pemahaman tentang distribusi yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kelancaran transportasi, sifat barang, dan penyebaran konsumen yang memerlukan barang-barang tertentu.

Sehingga pasar menurut luasnya kegiatan distribusi ini juga dibedakan menjadi beberapa macam yaitu;

  1. Pasar daerah, adalah bentuk pasar yang kegiatan didalamnya mencerminkan lokal wisdom, sehingga identik dengan kegiatan dalam pasar tersebut mencermintakan kedaerahan
  2. Pasar setempat, biasanya juga dikenal dengan sebutan pasar tempel yang kegiatan ekonominya dilakukan dalam waktu-waktu tertentu.
  3. Pasar nasional, merupakan tingkatan pasar yang lebih besar dalam skala nasional sehingga kegiatan ekonominya mencangkup barang-barang dari berbagai daerah yang ada di wilayah negara bersangkutan.
  4. Pasar internasional, merupakan salah satu bentuk pasar yang berskala paling luas sehingga dalam barang ekonomi yang diproduksi tidak terbatas.
  1. Pasar Menurut Fisiknya

Pasar menurut fisiknya terbagi menjadi dua macam, yaitu;

  1. Pasar Konkrit atau disebut pula sebagai pasar nyata merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung dimana antar keduanya bisa saling melakukan tawar menawar dengan tatap muka.
  2. Pasar Abstrak atau pasar tidak nyata) adalah pasar yang menjual berbagai produk dagangan dengan contoh – contoh kualitas yang sudah ditentukan, dimana barang – barang tersebut tidak tersedia di tempat secara langsung melainkan transaksi pembelian bisa dilakukan secara jarak jauh seperti lewat surat, telepon, internet dan lain-lain.
Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai bentuk pasar. Dapatlah dikatakan bahwa terjadinya sebuah pasar ini tidak serta merta terbentuk secara langsung, akan tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu;

  1. Adanya beberapa penjual dan pembeli yang akan melakukan interaksi dan transaksi jual beli
  2. Barang memiliki sifat yang nyata dan memeuhi kriteria jual beli dengan kualitas yang baik
  3. Faktor hambatan dalam memasuki dunia pasar secara langsung maupun tidak langsung

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan macam pasar jikalau dilihat berdasarkan struktur, luas, dan fisiknya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *