Objek Studi Ilmu Ekonomi dan Penjelasannya

Diposting pada

Objek Studi Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu cabang dari ilmu sosial yang didalamnya membahas serta mempelajari berbagai hal. Termasuk pola tingkah laku manusia sebagai pelaku ekonomi terhadap berbagai keputusan-keputusan ekonomi yang dipilih atau dibuatnya.

Atas dasar demikinalah objek kajian yang ada dalam ekonomi ini ternyata juga dapat digunakan untuk kerangka berpikir dalam melakukan berbagai pilihan dari setiap sumber daya yang terbatas, khususnya untuk memenuhi Arti kebutuhan manusia yang tiada batasnya.

Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang senantiasa mempelajari berbagai hal, cara, proses, maupun tahapan yang diambil masyarakat untuk memanfaatkan segala sumber daya yang langka dalam memperoduksi barang dan jasa yang bisa didistribusikan kepada semua orang yang memerlukan.

Objek Studi Ilmu Ekonomi

Adapun jenis kajian ekonomi ini yang ada di dalam objek studinya. Antara lain;

  1. Ekonomi Lingkungan (Environmental Economics)

Ekonomi lingkungan adalah Objek studi ilmu ekonomi yang satu ini diawali dari sebuah tulisan Gray tahun 1900-an, Pigou tahun 1920-an, dan Hotelling tahun 1930-an.

Namun ekonomi lingkungan bidang kajian ekonomi lingkungan ini baru muncul ke permukaan sebagai ilmu pengetahuan yang koheren sekitar tahun 1970-an. Dimana pada saat itu merupakan tahun terjadinya revolusi lingkungan diberbagai belahan dunia.

  1. Ekonomi Evolusioner (Evolusioner Economics)

Ekonomi evolusioner adalah objek studi ilmu ekonomi yang didalamnya berkaitan dengan proses naik turunnya maupun jatuh dan bangkitnya suatu pertumbuhan ekonomi, perusahaan – perusahaan, kota – kota, serta kawasan suatu negara.

Sehingga dalam ekonomi evolusioner ini menunjukkan bahwa evolusi selalu berputar atau bergerak pada arah yang berbeda-beda dan mampu menjadi salah satu sebab munculnya bidang-bidang ekonomi lainnya yang baru.

  1. Ekonomi Eksperimental (Experimental Economics)

Ekonomi eksperimental adalah objek studi ilmu ekonomi yang pada awalnya membahas mengenai tingkah laku seseorang, khususnya para ahli ekonomi yang melakukan serangkaian kegiatan-kegiatan ekonomi dengan memusatkannya pada teori-teori mikro ekonomi.

  1. Ekonomi Kesehatan (Health Economics)

Ekonomi kesehatan adalah objek studi ilmu ekonomi yang membahas mengenai tindakan analisis dari setiap kegiatan kesehatan mulai dari pembelanjaan dan tenaga kerja, serta menganalisis maupun memprediksi dampak – dampak dari ksehatan masyarakat.

Kemudian ekonomi kesehatan ini juga mempunyai tujuan khusus yaitu untuk mengorganisasikan atau mengklasifikasikan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan keuntungan dari setiap proses atau cara – cara alternatif demi tercapainya kesehatan yang baik.

Akan tetapi, dalam kehidupan nyata ini, ekonomi kesehatan sangat jarang dilakukan baik dalam ranah pemerintah maupun pribadi.

  1. Ekonomi Institusional (institutional economics)

Ekonomi institusional adalah objek studi ilmu ekonomi yang membahas mengenai sistem – sistem sosial dan dibatasi dengan penggunaan maupun pertukaran sumber daya langka. Dalam ekonomi institusional ini ada pula berbagai usaha ataupun upaya-upaya yang dilakukan demi terciptanya berbagai bentuk pengaturan institusional yang berdampak pada kinerja ekonomi.

  1. Ekonomi Sumber Daya Alam (Natural Resource Economics)

Selain itu untuk ekonomi sumber daya alam adalah objek studi ilmu ekonomi yang senantiasa berkaitan dengan pengalokasian berbagai sumber daya alam yang memang pada dasarnya telah tersedia di alam itu sendiri sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai makhluk ekonomi.

  1. Ekonomi Matematika (Mathematical Economics)

Ekonomi matematika adalah objek studi ilmu ekonomi yang telah lama berkembang yaitu dari tahun 1950-an. Pada awalnya, sebelum ekonomi matematika ini muncul dengan teknik – teknik yang canggih dalam analisisnya, maka matematika ekonomi ini telah menitikberatkan fokusnya pada teknik -teknik analisis grafik dan presentasi.

  1. Ekonomi Pertahanan (defence economic)

Ekonomi pertahanan adalah objek studi ilmu ekonomi yang membahas tentang biaya-biaya pertahanan dan perdamaian dimana setiap langkah atau proses ini menggunakan metode ekonomi dari segi yang sempit hingga luas dan lebih kompleks yaitu berupa ekonomi mikro maupun makro.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkenaan dengan objek kajian yang ada di dalam studi ilmu ekonomi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *