Pengertian Modal Sendiri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Modal Sendiri Adalah

Istilah modal pasti sudah sering didengar oleh banyak orang. Pada dasarnya modal merupakan hal yang sangat penting untuk mendirikan usaha atau bisnis. Melalui modal, maka bisa diperoleh keberlanjutan bisnis yang lebih mudah dan lancar. Selain itu modal juga bisa dipakai untuk memperluas kegiatan ekonomi bisnis agar lebih berkembang.

Membahas istilah modal mungkin akan ada banyak macamnya, salah satu diantaranya yaitu modal sendiri. Dilihat dari katanya, maka modal sendiri dianggap pula sebagai modal yang berasal dari simpanan uang pribadi atau pemilik bisnis.

Modal Sendiri

Modal sendiri sebetulnya bisa anda peroleh dari proses mengumpulkan tabungan pribadi. Maka dari itu biasanya seseorang yang baru mulai untuk mendirikan bisnis akan melihat uang pribadinya terlebih dahulu sebagai bentuk modal awal tanpa adanya pinjaman.

Pengertian Modal Sendiri

Modal sendiri adalah suatu modal yang asalnya dari pemilik bisnis dan sifatnya tertanam dalam perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Ada pengertian lain yang menjelaskan bahwa modal sendiri adalah modal yang dimiliki oleh suatu individu dan digunakan untuk menjalankan bisnis atau industri agar bisa berjalan lebih maju dan menghasilkan banyak keuntungan terutama dalam perekonomian.

Pengertian Modal Sendiri Menurut Para Ahli

Definisi yang ada dalam modal sendiri menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Polak, Modal sendiri yaitu suatu kekuasaan yang berfungsi untuk menggunakan barang modal agar bisa dipakai untuk memenuhi segala kebutuhan secara mandiri yang nantinya mampu menciptakan keberhasilan suatu badan usaha atau bisnis.
  2. Bakker, Modal sendiri adalah barang atau benda yang fisiknya terlihat secara konkret atau nyata dan berada dalam suatu rumah tangga perusahaan tanpa adanya pinjaman karena di gunakan untuk keperluan suatu bisnis atau usaha secara mandiri.
  3. Bambang Riyanto, Modal sendiri adalah suatu hasil produksi yang dipakai untuk membuat produk baru agar memiliki nilai jual lebih.

Jenis Modal Sendiri

Adapun macam jenis modal sendiri yang di jelaskan sebagai berikut ini:

  1. Modal saham

Modal saham yaitu tanda bukti pengambilan bagian dari suatu perusahaan agar memiliki kesempatan dalam hal keuntungan. Bisanya modal saham ini ada banyak macamnya salah satu diantaranya yaitu saham biasa, saham kumulatif, dan saham preferen.

  1. Cadangan

Cadangan biasanya terkumpul dari suatu keuntungan yang diperoleh pada suatu perusahaan dalam beberapa waktu berjalan. Beberapa macam candangan antara lain yaitu cadangan modal kerja, cadangan selisih kurs, cadangan ekspansi, dan cadangan umum.

  1. Laba ditahan

Laba ditahan adalah suatu keuntungan yang diperoleh perusahaan yang mana sifatnya ditahan dalam perusahaan itu sendiri sebagai bentuk modal tetap atau bahkan bisa membuat modal bertambah lebih besar jika keuntungan yang diperoleh semakin banyak.

Dengan kata lain bahwa laba ditahan disini bisa dikatakan sebagai saldo keuntungan yang akan memperbesar modal perusahaan. Maka dari itu pada saat kerugian datang maka modal sendiri yang terdapat pada perusahaan bisa berkurang.

Kelebihan Modal Sendiri

Adapun untuk kelebihan dari adanya modal sendiri yang diuraikan sebagai berikut ini;

  1. Tidak perlu mengembalikan modal

Kelebihan modal diantaranya yaitu tidak perlu mengembalikan modal. Hal ini dikarenakan modal diperoleh dari diri sendiri atau individu. Sehingga secara lebih mudah modal bisa didapatkan dan tidak perlu dikembalikan lagi kepada pemilik, karena pemilik bisa memperoleh keuntungan dari bisnis yang sudah didirikan.

  1. Tidak ada waktu yang mengikat untuk mengembalikan modal

Tidak adanya waktu yang mengikat untuk mengembalikan modal merupakan kelebihan dari modal sendiri yang artinya yaitu pemilik perusahaan tidak perlu bingung terkait modal yang harus dikembalikan. Hal ini dikarenakan modal berasal dari pemilik bisnis itu sendiri, sehingga ada keterikatan waktu tertentu untuk pengembalian pinjaman modal.

  1. Tidak adanya persyaratan yang rumit

Tidak memerlukan persyaratan yang rumit dalam hal ini perusahaan atau bisnis bisa memperoleh modal dengan cara yang mudah. Karena pada dasarnya modal ini diperoleh atau dikeluarkan melalui uang pribadi, sehingga secara otomatis persyaratan bukan menjadi kewajiban yang harus dipenuhi agar bisa memeproleh pinjaman modal.

  1. Jumlahnya bisa ditentukan sendiri

Modal sendiri juga memiliki kelebihan yaitu jumlahnya bisa ditentukan sendiri. Hal ini dikarenakan modal memang dikeluarkan dari masing-masing setiap pribadi yang mendirikan usaha atau bisnis tersebut.

Kekurangan Modal Sendiri

Kekurangan yang dijelaskan dalam adanya modal sendiri adalah sebagai berikut;

  1. Pengembangan bisnis sulit dilaksanakan

Pengembangan bisnis sulit dilaksanakan karena adanya modal sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi? Alasannya yaitu karena modal sendiri umumnya diperoleh dengan lebih mudah dan berasal dari keuangan pribadi atau diri sendiri. Maka dari itulah bisnis ini cenderung berjalan secara normal-normal saja dan sulit untuk dikembangkan karena kurangnya rasa ambisi, mengingat bahwa modal bukan berasal dari pinjaman uang orang lain.

Selain itu, pengembangan bisnis sulit dilaksanakan karena dalam usaha ini, hanya dilakukan oleh orang-orang yang jumlahnya terbatas. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut mempengaruhi sistem manajemen yang kurang lengkap atau kompleks dari bisnis yang didirikan.

  1. Jumlah modal terbatas

Jumlah modal yang terbatas juga menjadi kekurangan dari modal sendiri. Alasannya dengan jumlah modal yang sedikit tersebut, justru tidak bisa memberikan keleluasaan pada pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Alasannya karena mereka cenderung kekurangan modal dan secara otomatis bisnis hanya bisa stagnan di tempat yang terpenting tidak mengalami kemunduran atau kerugian.

  1. Kurangnya motivasi pemilik

Kelemahan atau kekurangan modal sendiri yang lainnya yaitu motivasi pemilik rendah. Pernyataan ini memiliki arti bahwa pemilik cenderung mempertahankan bisnisnya tanpa adanya motivasi untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Selain itu mereka juga kurang bersemangat karena tidak adanya ambisi atau ketentuan untuk mengembalikan modal dalam bisnisnya tersebut. Maka dari itu pemilik bisnis cenderung berjalan ditempat dan kurang melakukan inovasi, karena menganggap tidak ada tanggung jawab untuk pengembalian modal kepada orang lain yang sudah meminjaminya.

Contoh Modal Sendiri

Langsung saja berikut dibawah ini adalah contoh usaha dengan modal sendiri. Antara lain;

  1. Gedung

Gedung masuk dalam modal sendiri, karena tempat ini terkadang sudah dibangun oleh pemilik dan menggunakan uang yang berasal dari dirinya pribadi. Maka dari itu gedung dapat digolongkan sebagai modal sendiri.

Sebagai informasi saja bahwa modal itu bukan berarti berupa uang, melainkan benda atau alat-alat yang memang dapat difungsikan untuk melengkapi atau membantu perkembangan bisnis disebut modal juga. Oleh karena itu gedung, rumah produksi, mesin dan lain sebagainya termasuk modal.

  1. Kendaraan

Kendaraan termasuk contoh modal, hal ini sangat jelas dan masuk akal, karena hampir semua orang pasti memiliki kendaraan.

Bahkan kendaraan itu sendiri juga bisa dipakai untuk menunjang keberjalanan dari suatu bisnis karena kendaraan dapat berfungsi untuk membantu serta mempermudah sistem transportasi agar bisnis bisa berjalan dengan lebih cepat, lancar dan sesuai dengan target.

  1. Laba yang diinvestasikan

Mengapa laba masuk dalam kategori modal sendiri?, hal ini karena pada dasarnya laba atau keuntungan akan diterima oleh pemilik bisnis, sehingga tidak heran jika laba tersebut nantinya bisa dipakai atau digunakan lagi untuk modal bisnis.

  1. Uang tabungan

Uang tabungan termasuk contoh modal sendiri karena pemilik bisa dengan mudah menggunakan uang tersebut kapanpun mereka mau. Selain itu syarat untuk pemakaian uang tabungan juga tidak rumit atau bahkan tidak ada syaratnya sama sekali, karena kepemilikan bersifat pribadi.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya pengertian modal sendiri menurut para ahli, jenis, kelebihan, kekuarangan, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga memberi edukasi serta referensi bagi setiap kalangan yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *