Pengertian Modal Campuran, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Modal Campuran Adalah

Apa itu modal campuran? Apakah anda sudah pernah mendengarnya? Secara umum kata modal sendiri bukan sesuatu hal yang asing untuk didengar dan pastinya sudah diketahui banyak orang. Modal adalah barang yang wujudnya konkret dan digunakan untuk menunjang keberjalanan suatu bisnis atau badan usaha.

Sedangkan untuk campuran sendiri merupakan hal yang dikombinasikan agar menjadi satu kesatuan. Sehingga jika dijadikan satu maka modal campuran adalah modal yang diperoleh dari berbagai pihak untuk membantu terciptanya bisnis yang sukses dan semakin berkembang.

Modal Campuran

Modal campuran umumnya bisa anda peroleh dari pribadi masing-masing maupun pihak luar yang bersedia memberikan pinjaman. Bahkan melalui modal campuran ini anda bisa memperoleh kuantitas modal yang jauh lebih banyak, karena sistemnya yang menjadi satu kesatuan dari modal sendiri dan modal asing.

Pengertian Modal Campuran

Modal campuran adalah modal yang diperoleh dari hasil patungan antara modal asing dan modal sendiri, sehingga  jumlahnya akan lebih banyak, apabila masing-masing pemberi modal memberikan jumlah peminjaman yang banyak. Karena keduanya akan digabung dan ditambahkan menjadi satu, sehingga sudah pasti hasilnya akan lebih tinggi.

Jenis Modal Campuran

Sedangkan untuk macam-macam dalam bentuk modal campuran, antara lain sebagai berikut;

  1. Pinjaman berjangka

Arti dari pinjaman berjangka yaitu suatu hutang yang mana pengembaliannya sudah ditentukan dalam jangka waktu pendek, menengah, maupun panjang. Sebagai informasi bahwa pinjaman berjangka ini memberikan beberapa keuntungan bagi sebagian manusia yang memiliki perusahaan karena bisa melakukan pinjaman.

Salah satu keuntungannya tersebut yaitu diperolehnya modal dengan jumlah yang cukup banyak dan pengembaliannya bisa disesuiakan dengan kemampuan pemilik usaha. Sekiranya dalam jangka waktu pendek mampu maka bisa dikembalikan, akan tetapi jika belum mampu dapat mengembalikan pinjaman hutang dalam jangka waktu yang lama.

Walaupun pinjaman modal ini terkesan memberikan kemudahan namun pasti tidak luput dari yang namanya kekurangan, diantaranya adanya biaya-biaya administrasi, bunga, dan potongan pinjaman yang sudah disepakati bersama.

  1. Laba ditahan

Pada dasarnya laba ditahan ini masuk dalam kategori modal sendiri. Namun keberadaannya bisa digunakan untuk melengkapi suatu modal dalam perusahaan yang digabungkan dengan modal asing. Sehingga keduanya bisa disebut sebagai modal campuran.

Agar jenis modal ini bisa anda peroleh dalam jumlah yang banyak, maka salah satu caranya yaitu mengusahakan agar bisnis memperoleh keuntungan yang banyak dan labanya bisa disimpan untuk modal di kemudian hari.

Kelebihan dan Kekuaranga  Modal Campuran

Modal campuran adalah jenis modal yang memiliki kelebihan dan kekuarangan. Yaitu sebagai berikut ini;

Kelebihan

Antara lain;

  1. Dapat mengatur komposisi modal yang diperlukan secara seimbang

Bisa mengatur komposisi modal yang diperlukan secara seimbang artinya yaitu melaui modal campuran, maka setiap perusahaan akan mengelola keuangan atau modalnya dengan lebih detail serta rinci. Hal ini bertujuan agar perusahaan atau bisnis mampu membagi modal sesuai dengan arti kebutuhannya masing-masing.

Tentunya cara ini membuat modal lebih terarah ke tujuan yang benar dan pengelolaannya bisa dilakukan secara seimbang, agar bisnis dapat maju dan modal segera bisa dikembalikan kepada pihak yang meminjamkan.

  1. Mampu meningkatkan peluang keberhasilan

Sebagai informasi bahwa modal campuran ini diperoleh dari 2 pihak, sehingga hal ini membuat relasi semakin terbuka sekaligus modal yang dimiliki jauh lebih banyak dibandingkan modal yang hanya diperoleh dari 1 pihak.

Maka dari itu tidak heran, apabila perusahaan atau pemilik bisnis jauh lebih siap untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnisnya, mengingat dengan modal yang lebih banyak dan bisa dipakai untuk biaya produksi maupun inovasi lain untuk keberhasilan perusahaan.

  1. Meningkatkan jumlah modal

Jumlah modalnya yang semakin meningkat bisa dianalogikan seperti ini, anda awalnya diberi roti ibu jumlahnya 1 dan hal tersebut pasti akan membuat rasa lapar anda hilang. Namun tidak berhenti sampai disitu ternyata ayah juga memberikan 1 roti lagi yang membuat perut anda semakin kenyang dan puas.

Sama halnya dengan modal campuran itu sendiri, apabila di awal modal hanya diperoleh satu pihak, maka jumlah yang diperoleh hanya sebatas dari pemberian pihak itu saja.

Namun dengan modal campuran maka jumlahnya akan jauh lebih meningkat, mengingat pemberian modal dilakukan dari 2 belah pihak dan hal tersebut bisa menambah faktor minat seseorang untuk mendapatkan modal campuran itu sendiri.

  1. Mampu menyelesaikan masalah dengan lebih cepat

Modal campuran memiliki kemampuan yang membuat suatu perusahaan jauh lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya perusahaan akan mengalami kendala dalam proses produksi maupun hal lainnya yang bersangkutan dengan keuangan maupun modal.

Maka dari itu dengan adanya modal campuran yang sebelumnya sudah di petak-petakan dana tersebut untuk kebutuhan masing-masing, tentunya ini membuat perusahaan yang mengalami kendala keuangan akan jauh lebih cepat penyelesaian masalahnya.

Kekurangan

Antara lain;

  1. Adanya sikap saling mendominasi

Tentunya masalah sikap yang saling mendominasi ini akan muncul pada bisnis yang modalnya campuran, terlebih lagi dari modal asing yang memberikan pinjaman lebih banyak. Karena biasanya dari pihak tersebut jauh lebih banyak memberikan pinjaman, sehingga sangat wajar apabila terkesan lebih mendominasi.

  1. Modal harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu

Modal harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu, anda pasti sudah tahu yang namanya meminjam memang harus dikembalikan.

Sama halnya dengan modal campuran itu sendiri, maka setiap pinjaman yang diberikan kepada perusahaan harus dikembalikan lagi kepada pihak yang meminjamkan. Namun semua ini ada batas-batas waktu tertentu yang mana di awal peminjaman sudah terjadi kesepakatan bersama.

Apabila pinjaman modal tidak dikembalikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan maka sudah pasti akan ada sanksi maupun denda-denda lainnya karena sudah telat jatuh tempo. Maka dari itu sebisa mungkin agar perusahaan bisa memanage keuangannya dengan baik dan segera bisa mengembalikan modal yang dipinjam.

  1. Adanya biaya-biaya lain

Biaya atau administrasi lain, hal ini tentunya berkaitan dengan masalah bunga, pemotongan pinjaman modal dan lain sebagainya yang sudah disepakati bersama antara pihak perusahaan dengan pemberi modal.

Namun perlu anda garis bawahi bahwa modal campuran ini diperoleh dari modal asing dan modal sendiri, maka pastinya yang mengenakan biaya-biaya lain adalah pihak modal asing. Mengingat jika modal sendiri merupakan modal yang diperoleh dari pemilik bisnis atau perusahaan yang berdiri.

Contohnya Modal Campuran

Beberapa contoh modal campuran yaitu sebagai berikut;

  1. Leasing dan biaya perawatan

Sebagai informasi bahwa leasing itu sendiri pada dasarnya adalah peminjaman suatu barang atau alat yang menunjang bisnis. Pastinya modal tersebut diperoleh dari luar pihak perusahaan.

Sedangkan untuk modal yang berasal dari pemilik bisnis sendiri yaitu berupa dana yang sudah dipersiapkan untuk melakukan perawatan barang yang sudah dipinjami oleh pihak asing. Sehingga dengan demikian hubungan industrial keduanya saling menyatu dan menjadi modal campuran yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

  1. Hutang dagang dan modal awal

Sebagai informasi bahwa hutang dagang adalah suatu pinjaman yang diperoleh karena pihak perusahaan yang melakukan pembelian dengan pihak luar namun masih tercatat sebagai kredit atau belum lunas dibayarkan. Walaupun sebagian barang yang dibeli sudah dibantu dengan adanya modal awal dari perusahaan yang dipakai untuk membayar.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian modal campuran, jenis, kelebihan, kekurangan, dan contohnya di masyarakat. Semoga memberikan pemahaman bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *