Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Sumber daya alam maupun sumber daya ekonomi erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat. Ketidakseimbangan sangat tampak antara jumlah sumber daya ekonomi dengan segala arti kebutuhan masyarakat yang semakin besar. Hal ini menyebabkan adanya kelangkaan sumber daya alam dan ekonomi.

Padahal, keduanya merupakan sumber kehidupan manusia. Kelangkaan adalah permasalahan kegiatan ekonomi hingga masa serba modern seperti saat ini. Oleh karena itu, perlu diketahui cara untuk menghindari dan mengatasi permasalahan kelangkaan sumber daya ekonomi agar masyarakat dapat kembali berupaya meningkatkan taraf hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Artikel ini akan membahas mengenai topik tersebut.

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

Kelangkaan atau dalam bahasa inggris disebut scarcity merupakan keadaan dimana terdapat kesenjangan atau gap antara ketersediaan alat pemuas kebutuhan dengan kebutuhan masyarakat. Kelangkaan sumber daya ekonomi dapat dipandang dari sisi positif maupun sisi negatifnya.

Jika dipandang dari sisi positifnya, yaitu tampak pada manusia yang akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan pengorbanan yang mampu dilakukannya. Hal ini terjadi  karena munculnya kesadaran untuk memenuhi kebutuhan di tengan pergerakan dinamika penduduk yang padat.

Sedangkan apabila dilihat dari sisi negatifnya, maka kelangkaan berdampak pada munculnya permasalahan-permasalahan. Misalnya, meningkatnya harga, sulitnya mencari produk yang langka, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Adapun cara melakukan penanangan dalam mengatasi berbagai macam kelangkaan dalam kegiatan ekonomi di masyarakat serta contohnya antara lain sebagai berikut;

Membuat skala prioritas

Skala prioritas adalah susunan daftar mengenai berbagai kebutuhan yang dibuat seseorang berdasarkan tingkat kepentingannya. Skala prioritas dapat menjadi solusi dari kelangkaan ekonomi.

Contoh skala prioritas ini misalnya saja, seorang ibu rumah tangga membuat daftar kebutuhan keluarganya. Air merupakan kebutuhan dasar di keluarganya untuk berbagai aktivitas namun ketersediaannya sulit di wilayah tersebut.

Tentu saja air tersebut menjadi prioritas pertama dengan menggunakan berbagai usaha, diupayakan agar ketersediaan air terpenuhi dan mengesampingkan kebutuhan lain yang kurang mendesak.

Bersikap bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi

Sumber daya ekonomi jumlahnya terbatas, untuk itu sebaiknya dipergunakan secara bijaksana. Hal ini dapat dicapai dengan perilaku hemat serta efisien pemanfaatannya.

Contohnya, dalam hal ini ialah pemanfaatan kayu di hutan sebagai bahan baku membuat furniture atau penggunaan lainnya sebaiknya tetap memperhatikan alam. Yaitu dengan melakukan penghijauan dan tidak menebang hutan secara liar.

Mengeksplorasi sumber daya baru

Mengeksplorasi sumber daya alam baru bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kelangkaan. Hal ini karena dapat mengurangi bahkan menggantikan penggunaan sumber daya yang telah langka.

Contohnya, dalam kegiatan ini ialah memanfaatkan biogas sebagai bahan bakar minyak khususnya untuk memasak. Hal ini dilakukan karena terjadi kelangkaan minyak tanah yang menyebabkan munculnya inovasi penggunaan biogas.

Pemanfaatan terhadap kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya ialah untuk mengatasi kelangkaan yang terjadi. Melalui penggunaan cara-cara pengolahan baru yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan kemajuan teknologi, beberapa proses pengolahan sumber daya dapat lebih menekan biaya eksplorasi.

Contohnya, penggunaan teknologi mesin filter air dapat membantu mengatasi kelangkaan air bersih di wilayah Gunung Kidul. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat tetap merasakan dan memanfaatkan air bersih dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar karena harus membeli air bersih dari kota.

Memanfaatkan bahan substitusi

Kegiatan memanfaatkan bahan pengganti atau yang sering disebut dengan barang substitusi merupakan salah satu cara mengatasi kelangkaan sumber daya ekonomi. cara ini ditempuh dengan menggunakan sumber daya yang melimpah ketersediaannya untuk menggantikan sumber daya lain yang sudah mulai langka atau habis.

Contoh, kelangkaan atau berkurangnya jumlah ketersediaan bahan bakar fosil menyebabkan Bahan Bakar Minyak (BBM) juga menjadi langka dan mulai sedikit jumlahnya di muka bumi.

Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah untuk mengatasi kelangkaan BBM dengan menyarankan masyarakat untuk beralih menggunakan bioenergi yang masih bisa didapat dengan mudah. Dengan demikian, kelangkaan BBM tidak menjadi kendala yang berarti bagi masyarakat.

Daur ulang/memanfaatkan kembali

Daur ulang atau recycle adalah suatu proses pemanfaatan kembali bahan limbah ataupun residu dari suatu proses produksi atau konsumsi tertentu dalam suatu sistem ekonomi untuk nantinya diolah menjadi barang yang bernilai ekonomi kembali.

Pemanfaatkan kembali barang yang telah digunakan atau daur ulang dapat mengurangi tingkat ekploitasi terhadap sumber daya yang ada, sehingga kelangkaan bisa diperlambat ataupun dicegah.

Contohnya, penggunaan limbah kertas yang kemudian diolah kembali menjadi kertas seperti kertas tekstur kulit jeruk dari limbah kertas tak terpakai. Daur ulang kertas ini dapat menghemat penggunaan kayu sebagai bahan baku kertas yang sebenarnya.

Mengelola keuangan dengan cara yang efisien

Cara mengatasi kelangkaan yang selanjutnya ialah dengan mengelola keuangan dengan efisien. Hal ini dikarenakan uang merupakan salah satu alat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk ekonomi. Dengan uang, beberapa kebutuhan dapat dibeli maupun diusahakan terlebih dahulu.

Contohnya, seorang individu mengalokasikan uang dengan bijak sesuai dengan kebutuhan yang akan dipenuhi. Sehingga, tidak aka nada pembelian komoditas secara berlebihan yang akan menyebabkan rasa sulit mendapatkan dalam diri individu yang lain.

Tidak memanfaatkan sumber daya ekonomi berlebihan

Seperti yang kita tahu bahwa sumber daya ekonomi jumlahnya tidak lebih banyak dari kebutuhan manusia. Oleh karena itu, penggunaannya perlu dikontrol agar tidak menjadi langka.

Contohnya, dalam hal ini seorang nelayan menggunakan jarring untuk menangkap ikan agar tidak mematikan ikan-ikan kecil yang belum layak tangkap. Dengan demikian, maka nelayan tersebut telah memanfaatkan sumber daya secara tepat.

Meningkatkan proses pengelolaan suatu sumber daya alam

Sumber daya alam yang tersedia perlu untuk dikelola dengan optimal agar diperoleh pula hasil yang optimal. Sebagai contoh, tanaman gelombang cinta awalnya merupakan barang yang langka dan mahal. Namun, saat ini sudah banyak yang mengembangbiakkan tanaman tersebut sehingga mudah untuk ditemui. Hal ini terjadi karena pengelolaan yang dilakukan pada tanaman tersebut.

Memelihara serta melestarikan sumber daya alam yang ada

Cara ini merupakan kewajiban bagi setiap manusia yang ada di muka bumi. Pelestarian ini tentu saja untuk menjaga ketersediaannya bagi kebutuhan manusia. Contohnya, mereklamasi lahan bekas penggalian bahan tambang. Hal ini dilakukan agar ketersediaan tanah yang subur tidak semakin berkurang.

Berusaha untuk memperbaharui sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang masih dapat diperbaharui sebaiknya dijaga dengan baik agar tidak menjadi langka. Diperlukan kemampuan untuk dapat melakukan usaha ini. sebagai contohnya, dalam pemanfaatan beberapa hewan sebagai pemenuhan kebutuhan juga diperlukan kegiatan pemeliharaan dengan membudidayakan hewan tersebut agar tidak menjadi barang yang langka.

Tidak melakukan perusakan sumber daya alam yang ada

Cara ini tidak jauh berbeda dengan pemeliharaan sumber daya yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, apabila kita masih belum mampu melakukan pelestarian dan pemeliharaan sumber daya alam, maka setidaknya kita tidak melakukan perusakan.

Hal ini dikarenakan jika sering terjadi perusakan sumber daya alam maka lama-kelamaan akan terjadi masalah kelangkaan.

Sebagai contoh, kita tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak. Sebab, dengan menggunakan bahan peledak dapat merusak sumber daya yang tersimpan di dalam laut seperti terumbu karang, dan ikan-ikan kecil akan mati.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat dikatakan bahwa sumber daya ekonomi merupakan sesuatu yang sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari manusia, baik itu berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Keduanya saling melengkapi agar dapat tercipta alat pemenuhan kebutuhan manusia.

Namun, tidak hanya itu karena sumber daya ekonomi juga dapat berupa sumber daya modal serta kewirausahaan atau yang sering kita kenal dengan sebutan entrepreneurship.

Secara umum yang ada dalam realitas kehidupan, sumber daya ekonomi dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia. Perekonomian suatu daerah dapat dibilang tergantung kepada kualitas manusia yang ada di daerah tersebut.

Hal ini dikarenakan dengan kualitas sumber daya manusia yang baik, akan dapat mengelola sumber daya alam yang tersedia dengan baik pula. Tujuan tersebut dapat diwujudkan dengan memberikan program pelatihan kepada sumber daya manusia agar dapat memiliki kualitas yang baik.

Itulah uraian yang bisa kami sebutkan pada pembaca berkaitan dengan bahasan cara menangani kelangkaan ekonomi dalam berbagai bidang dan contohnya yang ada di masyarakat. Semoga memberikan uraian atas bahasan yang telah kami simpulkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *