Manfaat Skala Prioritas

Diposting pada

Membuat Skala Prioritas dalam Kehidupan Sehari-hari

Kegiatan menyusun skala prioritas sejatinya sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan melalui daftar ini kita dapat mengetahui berbagai kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu, utamanya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, alat pemuas dalam arti kebutuhan yang berupa uang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang kita miliki dapat dikelola dengan baik dan kebutuhan dapat terpenuhi semuanya secara bertahap serta berkesinambungan. Manfaat inilah yang menyebab seseorang harus menyusun skala prioritas.

Skala Prioritas

Skala prioritas adalah pedoman dan kesadaran diri individu masing-masing untuk berupaya secara rasional dalam menentukan kebutuhan yang paling mendesak. Sehingga, tidak akan ada lagi sifat konsumtif dalam diri kita karena semua tindakan pemenuhan kebutuhan sudah dipertimbangkan secara rasional.

Hal baik lain yang dapat diperoleh yaitu kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik sesuai dengan peruntukannya, serta penggunaan uang sebagai alat untuk memperoleh kepuasan kebutuhan dapat dikelola dengan baik juga. Manusia tidak akan merasa kekurangan kebutuhan dasar hidupnya apabila ia mampu untuk menaham pemenuhan kebutuhan yang kurang diperlukan.

Manfaat Skala Prioritas

Berdasarkan tujuan skala prioritas tersebut, maka kita dapat mengetahui manfaat dari penyusunan skala prioritas yaitu antara lain:

Membantu dalam hal mengelola keuangan

Skala prioritas sejatinya memungkinkan manusia sebagai makhluk ekonomi untuk mengelola keuangan dengan lebih baik setelah mendapatklan penghasilan, kemudian untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dan kemudian untuk kebutuhan lainnya.

Dapat menyelamatkan kebutuhan

Manusia sebagai makhluk sosial dapat memenuhi kebutuhannya dari yang paling mendesak dahulu dengan berpedoman pada skala prioritas. Sehingga kemudian dapat menggunakan uang dan kebutuhan tersebut dengan lebih efisien.

Mempersiapkan kehidupan di masa depan

Dengan adanya kegiatan menyusun skala prioritas, maka manusia akan dapat mengetahui kebutuhan mana yang harus dipenuhinya lebih dahulu di atas kebutuhan hidupnya yang lain. Sehingga, manusia dapat mempersiapkan kebutuhannya di masa depan beserta dengan pengelolaan uangnya sebaik mungkin.

Agar mampu membedakan antara kebutuhan penting, kurang, kurang, dan tidak

Inilah tujuan yang paling tampak dari adanya skala prioritas. Manusia dapat membedakan berbagai kebuthannya berdasarkan tingkat kepentingannya untuk dipenuhi. Sehingga, ia dapat mempertimbangkan berbagai hal sebelum membeli atau memenuhi kebutuhan tersebut.

Membiasakan diri untuk hidup teratur dan terencana

Pengelolaan keuangan dalam skala prioritas dengan bijak dapat membiasakan diri manusia untuk hidup teratur, hemat, dan menentukan pengeluaran sesuai kebutuhan sampai pada akhirnya dapat membantu dalam merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Dari penjelasan terkait manfaat skala prioritas diatas, dapatlah dikatakan jikalau terdaopat faktor terpenting dalam menyusun skala prioritas, yakni;

  1. Mempertimbangkan pendapatan yang diperoleh, agar tidak terjadi defisit dalam keuangan sehari-hari.
  2. Mampu untuk mencukupi pemenuhan kebutuhan
  3. Menghindari tindakan konsumtif yang merugikan.

Akan tetapi perlu juka seyogyanya dipahami, bahwa tidak dipungkiri manusia seringkali melupakan pentingnya penyusunan skala prioritas ini. Seperti contohnya kita selalu membeli barang yang kita inginkan tanpa mempertimbangkan tingkat kegunaannya hanya karena hasrat mengikuti keinginan saja.

Sehingga, hal inilah yang sering menjadikan alat pemuas kebutuhan (uang) yang kita miliki habis sedangkan kebutuhan belum terpenuhi secara utuh. Macam tindakan ekonomi seperti ini merupakan contoh tindakan yang tidak dipikirkan secara rasional.

Itulah bahasan lengkap yang bisa diuraikan pada pembaca, dimana berhubungan dengan manfaat dalam menyusun skala prioritas dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk pelajar, mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *