Manfaat Simpati dan Empati

Diposting pada

Sikap Simpati dan Empati

Simpati dan empati adalah bentuk interaksi sosial yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kedua sikap ini terjadi bukan sebuah kebetulan, melainkan karena adanya tujuan dan manfaat yang akan dirasakan oleh dirinya sendiri ataupun terhadap orang lain. Salah satu diantaranya fungsi empati dan simpati ialah dapat mempererat hubungan sosial yang ada di masyarakat.

Simpati dan Empati

Simpati adalah suatu contoh proses sosial yang merasa tertarik dengan orang lain atau merasakan perasaan yang sama terhadap orang lain. Rasa tertarik ini bisa muncul karena sikap, perbuatan, ataupun penampilan seseorang. Sedangkan arti empati cederung lebih dalam yakni berupa penghayatan akan peristiwa yang dialami seseorang dengan mengedepankan pada perasaan.

Manfaat Simpati dan Empati

Perwujutan sikap simpati dan empati juga memiliki manfaat terhadap kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dalam sehari-hari. Antara lain;

Sarana memahami pengalaman dan situasi yang dirasakan oleh orang lain

Kondisi ini dapat dicapai dengan berfokus pada kesejahteraan individu baik yang positif maupun negatif. Seringkali akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan berdasarkan informasi emosional, hal ini karena semua manusia memiliki pemahaman mengenai emosi.

Melalui pemahaman sinilah yang memungkinkan seseorang menggunakan simpati dan empatinya dalam membuat keputusan yang berdampak pada orang lainnya.

Membantu motivasi yang diikuti pemberian bantuan

Dengan merasakan yang dirasakan oleh orang lain, bukan tidak mungkin dapat juga diikuti dengan sikap empati dan simpati. Sikap ini muncul ketika seseorang tidak lagi sekadar memahami yang dirasakan oleh orang lain, melainkan memberikan penyelesaian masalah.

Berperan dalam menjaga ketertiban

Dengan merasakan yang orang lain rasakan kita dapat menilai karakter orang tersebut. Hal ini juga akan membantu untuk menjaga tatanan sosial, memastikan apabila mereka mendapatkan rasa nyaman sehingga tidak melakukan penyimpangan sosial.

Menimbulkan perasaan saling menghargai

Rasa saling menghargai dalam kehidupan masyarakat dapat terwujud dengan memahami yang dirasakan oleh orang lain. Dengan demikian, kita akan lebih berhati-hati dalam berucap dan bertindak karena sudah memahami karakter dan perasaan orang lain.

Menenangkan pikiran dan perasaan

Dengan bersimpati dan merasakan yang dirasakan orang lain berupa empati, maka kita dapat memberikan mereka dukungan. Melalui dukungan yang diberikan inilah kedua belah pihak dapat saling menenangkan satu sama lainnya.

Kongritnya perwujutan sikap ini misalnya saja saat ada tetantangga, atau sadara yang terkena musibah maka dalam hal ini kita mengedepankan pikiran dan perasaan bukan lagi melakukan kepentingan individu, seperti bekerja, dan lain sebagiainya.

Timbul rasa pengertian satu sama lain

Simpati dan empati bermanfaat bagi terciptanya rasa pengertian satu sama lain. Jika kita mengetahui yang dirasakan oleh orang lain, maka kita akan lebih mengerti dan selektif pada apa yang kita katakana dan lakukan pada mereka, untuk saling menjaga perasaan.

Memberi rasa nyaman

Seseorang yang merasa ada orang lain dapat memahami perasaannya akan merasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan adanya dukungan-dukungan yang muncul sebagai respon dari rasa simpati atas perwujutan sikap empati yang kita lakukan.

Dapat mendukung tindakan positif

Rasa empati dan sikap simpati memang dapat memberikan dukungan, termasuk pada pelaku penyimpangan positif. Sebagai contoh, rasa simpati kepada seorang ibu yang bekerja sebagai kuli bangunan untuk menafkahi keluarganya. Dengan memahami yang ibu tersebut rasakan, kita dapat mendukung yang dilakukan ibu tersebut meskipun itu merupakan sebuah penyimpangan (positif).

Mendorong pelaku penyimpangan negatif

Berbeda dengan pelaku penyimpangan positif, maka pelaku penyimpangan negatif perlu diberikan arahan agar tidak lagi melakukannya. Hal ini juga dapat terjadi karena adanya sikap simpati. Dengan memahami yang dirasakannya kita dapat memberikan nasihat agar tidak lagi berperilaku menyimpang negatif.

Meringankan beban orang lain

Sikap seseorang yang mengedepankan pada empati dan simpati dapat meringankan beban yang dirasakan orang lain. Hal ini dapat terjadi karena mereka merasa ada orang lain yang dapat memahami yang mereka rasakan. Dengan demikian, mereka akan merasa ringan bebannya.

Contoh Simpati dan Empati di Masyarakat

Sebagai contoh untuk kehidupan masyarakat Indonesia dapat melihat kedua sikap ini bersamaan. Misalnya saja adanya seseorang yang paham mengenai perasaan korban banjir di Jakarta yang hampir terjadi setiap tahunnya, kemudian tergerak hatinya untuk memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Bantuan pokok yang diberikan inilah salah satu manfaat dari adanya perasaan simpati, yaitu mendorong melakukan keputusan-keputusan yang positif. Proses ini terjadi melalui sikap empati yang merasa memiliki tangungjawab untuk meringankan beban sesama.

Itulah tadi ulasan yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkaitan dengan manfaat simpati dan empati di masyarakat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan penjelasan serta bahan bacaan bagi semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *