Manfaat Mempelajari Psikometri dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Ilmu Psikometri

Sudah pernahkah anda mendengar kata psikometri? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami arti kata tersebut. Lain halnya bagi para psikolog maupun mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan untuk memahami makna psikologi secara mendalam.

Pada dasarnya tujuan dan manfaat mempelajari psikometri ini berhubungan dengan psikologi yang mengukur persoalan segenap tingkah laku manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga tidak heran jika setiap perilaku manusia ini memiliki ukurannya masing-masing.

Psikometri

Psikometri adalah ilmu yang mempelajari tentang prosedur pengukuran tingkah laku manusia yang dikombinasikan dengan pengukuran psikologi dan statistika serta dianggap pula sebagai bentuk pengembangan ataupun penggunaan cabang ilmu psikologi itu sendiri.

Sebagai arti yang telah disebutkan bahwa tingkah laku manusia itu mengandung banyak aspek yang ada didalamnya baik mulai dari aspek psikis dan fisik yang semuanya penting untuk dipahami dalam disiplin ilmu pengetahuan.

Manfaat Psikometri

Tujuan yang menjadi manfaat yang bisa diperoleh dari belajar psikometri diantaranya adalah berikut;

  1. Mengetahui kekuatan dan kelemahan individu

Psikometri ini memiliki manfaat salah satunya dapat memberikan kemudahan bagi diri sendiri agar mengetahui kelemahan maupun kelebihan dalam diri seseorang. Hal ini dikarenakan manusia dapat memahami karakteristik pada pribadinya masing-masing.

Misalkan saja manusia bisa menjadi pendengar baik untuk orang lain, maka hal tersebut dianggap sebagai sifat kelebihan yang dimiliki orang tersebut.

Sedangkan sebaliknya apabila orang tidak dapat menyampaiakan pendapatnya dengan baik maka dianggap pula sebagai kelemahan. Maka dari itu seseorang harus belajar dan mengasah kemampuannya agar menjadi manusia yang lebih lihai dalam berkomunikasi.

  1. Memiliki peran penting dalam interaksi sosial

Ilmu psikometri ternyata memiliki peran penting dalam interaksi sosial. Artinya yaitu adanya keterikatan hubungan sosial dengan orang lain, sehingga masing-masing individu dapat berkomunikasi dan memberikan umpan balik dengan seseorang yang diajaknya untuk berinteraksi.

  1. Membantu penilaian kemampuan kerja

Ketika seseorang melakukan tes psikometri maka mereka akan menunjukkan cara interaksinya dengan orang lain maupun rekan kerjanya. Sehingga dengan demikian psikometri ini bisa digunakan untuk menilai bakat atau ketrampilan yang dapat dipakai untuk membantu penilaian kemampuan kerja seseorang.

  1. Membantu proses pengembangan diri

Mempelajari psikometri juga membuat seseorang mampu dalam melakukan pengembangan dirinya. Hal ini dikarenakan setiap orang mengetahui dengan pasti kemampuan maupun kekurangan yang ada pada dirinya. Sehingga dengan demikian masing-masing individu dapat melakukan proses pengembangan diri sesuai dengan kemampuan yang sudah mereka miliki.

  1. Membantu menyesuaikan diri

Psikometri dapat pula digunakan untuk menyesuaiakan diri dengan sesuatu hal yang baru. Tujuannya agar masing – masing pribadi menemukan kenyamanan yang dirasakan pada dirinya sehingga nantinya dapat memperlancar dan mempermudah setiap kegiatan yang individu lakukan.

Sekaligus penyesuaian diri ini juga diharapkan dapat membantu seseorang agar terhindar dari rasa canggung maupun kegagalan.

  1. Memantau kemajuan individu

Pemantauan kemajuan individu ternyata dapat dilihat dari psikometri. Pada dasarnya psikometri ini dijadikan sebagai alat monitoring yang mampu mengukur kemajuan individu mulai dari tahap awal hingga tahap – tahap berikutnya.

Bahkan melalui psikometri ini dapat dilihat perubahan sikap pada seseorang mulai dari kepribadiannya maupun sampai dengan ketrampilan yang dimiliki.

  1. Membantu penyembuhan sakit hati

Psikometri pada hakekatnya akan senanti membantu seseorang untuk menyembuhkan rasa sakit hati atau sebuah trauma yang menimpa hidupnya, yaitu dengan langkah konsultasi yang dilakukan secara rutin kepada para ahli psikolog.

  1. Pencarian jati diri

Manfaat lain dari psikometri ini adalah pencarian jati diri yang ada pada hidup seseorang. Proses pencarian jati diri ini dirangkai melalui beberapa proses mulai dari pengenalan dirinya sendiri sampai dengan pemahaman akhir yang berkaitan dengan kelebihan maupun kekurangan pada setiap kepribadian yang ada pada dirinya.

  1. Sebagai diagnosis

Psikometri memberi kemudahan bagi psikolog untuk mendiagnosis suatu masalah yang bersangkutan dengan kepribadian maupun tingkah laku manusia. Dengan tujuan agar diagnosis dapat memberikan kesimpulan dan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ditemukan.

  1. Memprediksi

Proses mempresiksi suatu hal juga bisa dilakukan dengan mempelajari psikometri ini. Melalui cara tersebut maka anda bisa memprediksi kelemahan maupun kekuatan yang ada pada diri sendiri. Selain itu psikometri juga dapat memprediksi jabatan atau jenis kerjaan yang cocok untuk setiap invidu karena disesuiakan dengan karakteristik atau sifatnya masing-masing.

  1. Pemahaman diri

Psikometri juga memberikan dampak yang sangat baik untuk manusia salah satunya yaitu mampu digunakan untuk mengenali pemahaman diri setiap individu. Melalui pemahaman diri inilah seseorang dapat mengatur tingkah lakunya agar dapat berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari segala aturan.

  1. Melakukan seleksi

Hasil yang diperoleh apabila mempelajari persoalan psikometri salah satunya yaitu mampu menentukan seleksi pada dirinya sendiri.

Contohnya yaitu seseorang sudah memiliki pemahaman tentang dirinya sendiri cenderung lebih mudah untuk menyeleksi perilaku maupun bakatnya tersebut apakah bisa diterima atau tidak dalam perusahaan yang sedang mencari karyawan.  

  1. Mengklasifikasikan

Psikometri juga memberi kemudahan dalam hal pengklasifikasian. Misalkan saja dalam suatu sekolah terdapat beberapa siswanya yang bermasalah, dalam hal ini psikometri dapat mengukur setiap permasalahan siswa tersebut dan diklasifikasikan sesuai dengan permasalahan yang sejenis atau sama.

  1. Mengevaluasi sebuah treatment

Tujuan lain dari psikometri yang berikutnya yaitu mampu mengevaluasi sebuah treatment. Sebagai informasi bahwa evaluasi disini merupakan tahap penilaian, sehingga melalui psikometri akan dilihat apakah dengan pemberian tindakan seseorang sudah berubah sikapnya atau belum.

  1. Menghemat waktu dan biaya

Tes psikometri bermanfaat untuk mengetahui hasil kepribadian yang dimiliki masing-masing individu. Sehingga hal ini membuat penghematan waktu dan biaya khususnya untuk perusahaan yang akan merekrut karyawan baru agar bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan pencocokan dari hasil tes psikometri itu sendiri.

Pihak perusahaan juga akan menerima manfaat lebih salah satunya yaitu karyawan yang diterima sudah memiliki bakat yang sesuai dengan pekerjaannya.

  1. Memberi gambaran tentang individu

Psikometri pada umumnya juga memberikan manfaat lain bagi seseorang yang mempelajarinya. Salah satu manfaat tersebut yaitu memberikan kemudahan bagi seseorang yang ingin mengenali individu lain. Karena dengan psikometri ini akan dilihat atau diukur tingkah laku setiap manusia baik dari buruk maupun baiknya.

  1. Pengenalan lebih jauh tentang individu

Pengenalan lebih jauh tentang individu pastinya akan mudah dilakukan oleh seseorang yang melakukan tes psikometri ini. Mengingat bahwa tes ini akan mengukur segala sesuatu yang berkenaan dengan diri masing – masing individu. Sehingga dengan demikian sebuah pengenalan tentang seseorang akan jauh lebih untuk dilakukan.

  1. Mengetahui tingkat intelegensi

Perlu anda ketahui bahwa psikometri ternyata dapat pula digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan dari masing-masing individu.

Bahkan bukan hanya tingkat intelegensinya saja, melainkan ketrampilan, bakat, dan karakter yang dimiliki oleh setiap individu itu sendiri. Maka dari itu tidak heran jika ada orang yang melakukan tes ini agar mengetahui bakat dan minatnya sebelum memilih jurusan kuliah dan lain sebagainya.  

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri seseorang

Tes psikometri mampu membuat seseorang mengenali kelebihannya masing-masing. Sehingga dengan hal tersebut seseorang bisa didukung agar memiliki rasa kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi karena melihat kemampuan yang dimilikinya.

  1. Mendorong seseorang agar memiliki motivasi yang baik dalam hidup

Motivasi seseorang dalam hidup untuk terus berkembang dan berprestasi bisa lebih ditingkatkan dengan tes psikometrik ini. Terlebih lagi untuk mereka yang sudah mengetahui kelebihan masing-masing pribadinya, maka sudah pasti dapat mengarahkan keinginannya dan memotivasi diri mereka sendiri untuk berhasil pada pilihan yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa psikometri ini sebetulnya memusatkan perhatian pada pengukuran aspek psikologis manusia agar diketahui dengan pasti terkait kesehatan mental, kepercayaan diri, dan hal-hal lain yang lebih dipahami oleh ahli psikolog.

Oleh karena itulah tujuan mempelajari psikometri akan senantiasa berkaitan dengan pengukuran maka sudah pasti semua hal yang dilihat dari tingkah laku manusia tersebut memiliki ukurannya masing-masing.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada kalian tentang adanya berbagai manfaat psikometri dalam psikologi yang mudah kita rasakan untuk kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *