Manfaat Bersikap Mandiri dan Faktor yang Mempengaruhinya

Diposting pada

Manfaat Mandiri

Manusia pasti memiliki beragam sikap yang selalu muncul dalam kehidupannya. Baik mulai dari contoh sikap positif maupun contoh sikap negatif. Akan tetapi dari semua sikap tersebut, perbuatan-perbuatan baiklah yang dapat memberikan dampak positif pula dalam hidup manusia.

Selain itu salah satu sikap yang harus dimiliki seseorang agar hidupnya jauh lebih baik ialah sikap mandiri. Kemandirian pada dasarnya akan membuat individu lebih yakin akan kemampuan dirinya dan tidak mudah bergantung dengan orang lain.

Keandirian

Berbicara mengenai arti sikap mandiri, sebetulnya semua orang bisa saja menciptakan perilaku tersebut. Terlebih lagi jika sikap tersebut sudah dibiasakan dari kecil, maka semakin dewasa kemandirian akan lebih terlihat. Adapun definisi kemandiri adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tindakan atau kegiatan sesuai dengan keinginan mereka tanpa adanya rasa bergantung kepada orang lain karena yakin akan prinsip dan usaha yang dilakukannya.

Manfaat Sikap Mandiri

Manfaat memiliki sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Mengetahui apa yang diinginkan

Berbagai bentuk sikap mandiri memiliki manfaat yang mana salah satunya adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh masing-masing diri individu. Hal ini dikarenakan setiap orang mampu mengatur kehidupannya dengan baik tanpa adanya rasa beban ditambah pula dengan keyakinan yang ada dalam dirinya.

Terlebih lagi jika individu tersebut memiliki pengalaman yang banyak maka mereka cenderung bisa menentukan kearah mana langkah mereka harus digerakkan, karena sudah banyak pembelajaran yang mereka ditemui.

  1. Lebih percaya diri

Rasa percaya diri adalah keadaan mental yang yakin dan mampu menunjukkan kualitas dirinya tanpa rasa minder sama sekali. Sebetulnya sikap percaya diri ini bisa muncul karena adanya perilaku mandiri dalam hati setiap manusia.

Kemandirian ibarat tembok kokoh, kuat dan selalu yakin akan kemampuannya untuk bertahan dalam menjalani berbagai kehidupan, dengan begitu maka rasa percaya diri akan timbul karena sikap keyakinan yang awalnya sudah dimiliki tersebut.

Contoh kemandirian ini misalnya saja saja anak remaja yang sudah terbiasa hidup mandiri dari orang tua karena sekolahnya  yang jauh, maka akan memiliki rasa percaya diri yang sudah diasah terlebih dahulu, melalui kemandirian yang dimilikinya tersebut. Mulai dari harus bertemu dengan orang-orang baru tanpa didampingi orang tua, berinterkasi dengan banyak orang dan lain sebagainya.

  1. Mengatur hidup lebih enak

Karakteritik kemandirian membuat seseorang mampu mengatur kehidupannya jauh lebih enak. Karena melalui sikap mandiri tersebut masing-masing individu pasti memiliki cara ataupun schedule yang sudah diatur untuk melakukan setiap kegiatan agar sesuai dengan apa yang harus dikerjakan dan meminimalisir rasa lupa.

  1. Menjadi diri sendiri

Tidak kalah penting, bahwa kemandirian mampu membuat seseorang menjadi diri sendiri, karena mereka yakin akan kemampuan yang dimilikinya.

Apalagi sikap mandiri tersebut mengarah pada tanggung jawab yang mampu mereka pikul, sehingga keadaan tersebut berhasil membuat individu untuk melakukan sesuatu tanpa dipengaruhi oleh orang lain atau percaya pada diri mereka sendiri.  

  1. Mampu mengembangkan diri

Pengembangan potensi diri juga bisa diasah melalui rasa kemandirian yang dimiliki seseorang. Apabila sikap mandiri sudah dimiliki individu sejak kecil, maka hal tersebut akan membuat seseorang lebih yakin akan kemampuan dirinya sendiri.

Sehingga dengan begitu setiap orang akan jauh lebih berhasil dalam mengembangkan dirinya melalui berbagai hal yang sudah dialaminya selama ini. Secara tidak langsung orang mandiri pasti mempunyai pengalaman yang lebih banyak, dibandingkan orang – orang yang belum terlepas dari rasa bergantung kepada manusia lain.

  1. Memiliki kebebasan pribadi untuk untuk mencapai tujuan hidup

Kebebasan pribadi untuk mencapai tujuan hidup sudah pasti akan dirasakan oleh sseorang yang mempunyai sikap kemandirian. Mengapa ini bisa terjadi? Karena sikap mandiri membuat individu merasa memiliki kemampuan dalam menghadapi segala persoalan dalam hidupnya.

Maka dari itu tidak heran jika orang-orang mandiri tersebut mempunyai kebebasan atau cara-cara khusus dalam mencapai tujuan hidupnya tanpa harus mengikuti perintah dari orang lain.

  1. Memiliki kemampuan untuk mengambil putusan tanpa pengaruh dari orang lain

Seorang yang memiliki sikap mandiri biasanya mampu mengambil keputusan atas dasar apa yang sudah dipikirkannya terlebih dahulu, bukan karena pengaruh dari orang lain. Karena masing-masing individu tersebut sudah jelas pola kehidupannya yang diatur dengan sebaik mungkin sehingga setiap keputusan yang diambil pastinya juga berdasar atas pertimbangan berbagai hal.

  1. Dapat berhubungan baik dengan orang lain

Hubungan baik dengan orang lain bisa dibangun dari sikap mandiri. Hal ini karena melalui kemandirian seseorang dapat melakukan interaksi sosial dengan banyak orang dan membuatnya semakin mudah dalam menjalin hubungan dengan orang lain.

Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian

Adanya sikap mandiri pada diri seseorang umumnya juga dipengaruhi oleh bebarapa hal. Antara lain;

  1. Pola asuh orang tua

Sikap mandiri pada umumnya juga dipengaruhi oleh faktor pola asuh orang tua. Apabila sedari kecil seorang anak didik dan diajarkan untuk memiliki sikap mandiri. Maka selama masa pertumbuhan tersbut anak akan lebih terbiasa dengan kemandirian dan berhasil menjadi manusia yang siap dan yakin akan kemampuannya sendiri.

  1. Usia

Sikap kemandirian tidak lain dan tidka bukan juga dipengaruhi oleh adanya faktor usia. Sebut saja anak balita pasti belum memiliki sikap mandiri, karena karakternya yang masih kekanak-kanakan dan belum mengerti akan kemampuan yang dimiliki dalam dirinya sendiri.

  1. Pendidikan

Faktor pendidikan juga mempengaruhi seseorang dalam memiliki sikap mandiri. Biasanya semakin tinggi pendidikan seseorang mereka jauh akan memiliki pemikiran yang lebih logis dan matang, sehingga dengan pengetahuan-pengetahuan yang mereka miliki akan membuatnya merasa yakin terhadap kemampuannya sendiri. Dengan demikian, sikap kemandirian akan terikat secara langsung dalam kehidupannya.

  1. Urutan kelahiran

Biasanya sikap mandiri juga dipengaruhi oleh faktor urutan kelahiran. Misalkan saja antara si bungsu dan anak pertama, jauh lebih mandiri anak pertama karena merasa memiliki tanggung jawab yang harus dipikulnya dan dianggap sebagai contoh untuk adik-adiknya.

Sehingga anak yang urutan lahirnya lebih dulu cenderung akan menahan rasa manja mereka dibandingkan anak nomor 2 seterusnya hingga si bungsu.

  1. Jenis kelamin

Masalah jenis kelamin juga mempengaruhi sikap mandiri dari dalam diri seseorang. Biasanya seorang laki-laki akan jauh lebih mandiri dibandingkan dengan perempuan. Alasannya karena seorang laki-laki akan memiliki rasa keberanian yang lebih besar dan ketertarikan untuk mencoba hal-hal baru sekaligus menantang.

Maka dari itu tidak heran jika mereka mempunyai sikap mandiri yang lebih tinggi, ditambah pula nantinya laki-laki akan menjadi tulung punggung bagi keluarganya.

  1. Intelegensi

Faktor intelegensi atau kecerdasan seseorang dapat memicu timbulnya sikap mandiri. Semakin tinggi tingkat intelegensi seseorang maka mereka akan menemukan berbagai hal perbedaan atau cara pandang yang lebih kompleks dan harus dijadikan pembelajaran dalam hidup agar semakin mantap dan yakin dalam mengambil langkah-langkah di hidupnya sekaligus meningkatkan sikap kemandirian mereka.

  1. Interaksi sosial

Interaksi sosial adalah kegiatan sosial atau komunikasi yang dilakukan antara dua orang atau lebih. Melalui tujuan interaksi sosial, seseorang akan dengan mudah untuk menyesuaiakan diri dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut nantinya dapat membuat orang tersebut lebih percaya diri dan mau untuk bergaul dengan sesama.

Sehingga secara tidak langsung sikap mandiri juga akan ditunjukkan melalui kegiatan sosial dalam masyarakatnya tersebut.

  1. Gen/Keturunan orang tua

Terakhir, faktor gen atau keturunan orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kemandirian seorang anak. Anggap saja bahwa orang tua sudah memiliki sikap mandiri yang begitu tinggi. maka secara tidak langsung sikap tersebut akan menurun kepada anak-anak mereka.

Selain karena faktor gen, biasanya orang tua juga akan menerapkan hidup atau mendidik anaknya dengan sikap yang mandiri.

Tujannya agar pada saat mereka tumbuh dewasa perilaku mandiri tersebut bisa dimilikinya tanpa harus minder dengan apa yang menjadi kekurangan. Namun justru sebaliknya kelebihan yang mereka punya harus diperlihatkan dengan jelas, sebagai bentuk aktualisasi diri.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai manfaat kemandirian dalam kehidupan sehari-hari dan faktor yang dapat mempengaruhinya. Semoga memberikan referensi bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *