Manfaat Kode Etik bagi Masyarakat

Diposting pada

Fungsi Kode Etik

Setiap profesi yang dilakukan oleh individu sebagai makhluk sosial ataupun makhluk ekonomi tentu memiliki kode etik yang mengatur perilaku masing-masing dalam menjalankan profesi tersebut. Bagik sebagai perawat, guru, tenaga kerja di perusahaan, ataupun dalam sebuah organisasi.

Hal ini sangat penting, alasannya karena manfaat kode etik akan memberikan aturan yang sesuai dengan harapan akan visi yang ingin didapatkan.

Kode Etik

Kode etik diartikan sebagai aturan tertulis terkait norma, nilai, dan hukum yang mengatur profesionalisme seseorang dalam menjalankan profesinya yang secara tegas dinyatakan baik maupun dinyatakan buruk. Umumnya, pelanggaran kode etik ini akan berujung pada adanya pemberian sanksi/hukuman sesuai dengan aturan tertulis tersebut.

Kode etik merupakan sumpah jabatan seseorang sesuai dengan profesinya. Artinya, memang tidak ada toleransi bagi pelanggar kode etik yang telah disusun dan disepakati. Bahkan, jika ada indikasi tindakan pidana dan perdata, maka pihak pelanggar dapat dibawa ke pengadilan.

Oleh sebab itu, kode etik menjadi penting dan harus ditegakkan dalam setiap sikap seseorang sebagai konsekuensi dari profesi yang dijalankannya.

Manfaat Kode Etik

Apabila telah dipaparkan tujuan-tujuan disusunnya kode etik, maka berikut adalah manfaat yang diperoleh dengan menyusun dan menegakkan kepatuhan terhadap kode etik.

  1. Profesional akan sadar menganai aspek moral dari profesi yang dijalankannya. Melalui adanya kode etik, maka para profesional akan bertindak dengan secara sadar dan tanggungjawab sebagaimana yang dituntut dalam kode etik.
  2. Kode etik merupakan acuan yang dapat diakses secara lebih mudah. Dengan demikian, maka dapat mengarahkan manajer untuk selalu menjaga perhatiannya terhadap etika.
  3. Ide-ide dari kode etik akan diaplikasikan ke segala situasi. Melalui manfaat ini maka kode etik berfungsi sebagai panduan normatif. Namun, kdeo etik perlu untuk dimaknai ke dalam bahasa yang lebih mudah untuk dipahami anggota profesi, sehingga akan dengan mudah diplikasikan pada situasi-situasi tertentu.
  4. Anggota merupakan suatu keseluruhan yang akan bertindak dalam cara yang lebih standar pada garis profesi. Adanya keragaman pandangan atas nilai dan norma yang didasari oleh berbagai latar belakang diri profesional akan tidak menguntungkan bagi pencapaian kinerja tertinggi dari sebuah profesi karena adanya kode etik.
  5. Kode etik adalah standar pengetahuan untuk menilai perilaku profesional. Kode etik sebagai pedoman perilaku profesional harus ditaati. Sehingga, dengan perangkat standar ini, siapa saja akan lebih mudah untuk menilai perilaku anggota dan sekaligus mengevaluasi kebijakan asosiasi profesi.
  6. Anggota professional dapat lebih baik menilai kinerja dirinya sendiri. Sehingga, kode etik berperan sebagai alat instropeksi diri sebelum dirinya dinilai oleh pihak lain atas kinerja moral profesionalnya.
  7. Adanya kode etik akan membantu dalam menjaga kepercayaan publik dan masyarakat akan selalu menghargai integritas profesi karena anggota professional akan selalu menjaga perilakunya agar sesuai dengan kode etik yang ada. Anggota dapat menyesuaikan perilakunya apabila dikritik oleh nasabah. Hal ini menjadi penting untuk dapat menghindari ketidakpastian penilaian atas perilaku profesional anggota.

Contoh Implementasi Kode Etik dalam Perusahaan

Untuk menjelaskan lebih dalam, kegunaan kode etik dalam perusahaan misalnya saja seperti bekerja di BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang menangani berbagai kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Bekerja di perusahaan ini memiliki kode etik tersendiri, yakni bagi angkatan kerja yang baru ingin mendaftar di larang menikah. Hal ini agar lebih fokus pada tangaung jawab yang ingin diberikan.

Selain itu ketika memutuskan untuk menikah masih memiliki larangan untuk tidak menikah dalam satu kantor. Kondisi ini dilakukan agar menghindari nepotisme serta adanya ketidak profesionalitasan dalam bekerja di salah satu lembaga pemerintahan tersebut.

Itulah tadi bahasan lengkap yang bisa kami lakukan penjebaran pada segenap pembaca yang berkaitan dengan manfaat kode etik bagi masyarakat dalam berbagai bidang pekerjaan yang ada. Semoga memberikan edukasi serta referensi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *