Manfaat Kegiatan Ekonomi bagi Masyarakat

Diposting pada

Kegiatan Ekonomi bagi Masyarakat

Kegiatan ekonomi akan selalu kita lakukan karena adanya arti kebutuhan yang tidak terbatas sifatnya. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali contoh kegiatan ekonomi yang semestinya sudah dilakukan oleh setiap orang, baik sebagai makhluk sosial ataupun makhluk ekonomi.

Hal ini lantaran dalam melakukan kegiatan ekonomi memiliki fungsi yang menjadi manfaat dalam tindakan manusia sebagai seseorang yang tidak akan mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya sendiri. Ia akan membutuhkan bantuan orang lain yang berperan sebagai pelaku ekonomi produsen maupun dari pemerintah.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah serangkaian prilaku seseorang yang dilakukan secara individu atau kelompok dalam memenuhi setiap kebutuhan hidupnya. Baik dalam contoh kebutuhan primer, kebutuhan skunder, atau tersiar. Maka dalam hal ini yang perlu dipahamai bahwa semuanya bermuara pada motif ekonomi.

Manfaat Kegiatan Ekonomi

Berikut manfaat dari pelaksanaan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat di suatu negara, antara lain;

Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat

Dengan adanya kegiatan ekonomi berupa kegiatan produksi, maka akan diperlukan tenaga kerja untuk dapat menghasilkan barang/jasa. Diperlukannya beragam ciri angkatan kerja untuk menghasilkan tenaga kerja yang kemudian dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Meningkatkan pendapatan masyarakat

Apabila lapangan pekerjaan semakin terbuka bagi para pencari kerja, maka mereka akan dapat memperoleh upah/gaji sebagai kompensasi atas kinerjanya.

Oleh karena itu, pendapatan masyarakat juga akan meningkat. Selain itu, dengan meningkatkanya kebutuhan manusia, maka akan mendorong produktivitas tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui peningkatan penjualan.

Meningkatkan devisa negara

Devisa negara diperoleh melalui transaksi antar negara khususnya adalah ekspor dan impor. Kegiatan ekonomi terbuka dengan adanya contoh barang ekspor atau barang impor dapat meningkatkan devisa negara yang artinya adalah menambah penerimaan negara dari sektor perdagangan internasional.

Memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat

Manfaat yang utama dan paling utama dilakukannya kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. hal ini dicapai melalui kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan juga konsumsi. Tanpa adanya kegiatan ekonomi, maka akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Mencapai kesejahteraan masyarakat

Apabila kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat dapat juga dicapai. Kesejahteraan ini diindikasikan melalui terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat (kebutuhan primer). Kebutuhan tersebut diperoleh dari hasil kegiatan ekonomi produksi dan distribusi untuk bisa sampai ke tangan konsumen.

Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Contoh dalam kegiatan ekonomi di masyarakat ini adalah ketika kita dihadapkan pada dua pilihan barang yang sama namun harganya berbeda, maka kita tentu akan meilih harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan barang yang harganya lebih mahal.

Kemudian, untuk memperoleh barang tersebut kita tentu membutuhkan uang sebagai alat pembayaran yang sah. Uang tersebut dapat kita dapatkan apabila kita bekerja dan memperoleh gaji/upah. Dengan demikian, kita telah melakukan kegiatan ekonomi yaitu produksi ketika kita bekerja, dan juga kegiatan ekonomi konsumsi ketika kita berhasil membeli dan menggunakan barang tersebut.

Seperti halnya kongritnya kita yang membutuhkan pakaian, maka kita tidak akan mungkin memproduksi sendiri kapas, benang, kain dan pakaian yang akan kita gunakan. Untuk itu, kita memerlukan rumah tangga produsen sebagai pelaku ekonomi yang perannya adalah menghasilkan barang/jasa.

Begitu juga dengan adanya pemerintah, kita tentu akan memerlukan regulasi terkait kegiatan perekonomian agar dapat berjalan dengan lancer. Lalu masyarakat luar negeri pun berkontribusi dengan melakukan pergadangan internasional. Sehingga, kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang siklusnya adalah berjalan kontinu atau berulang.

Itulah beragam kegunaan yang menjadi manfaat kegiatan ekonomi bagi masyarakat secara umum. Semoga melalui postingan ini bisa memberikan pemahaman dan juga memberikan ulasan yang mendalam bagi setiap pembaca yang mencari referensinya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *