Manfaat Dana Desa di Masyarakat

Diposting pada

Fungsi Dana Desa

Dana desa merupakan salah satu sumber penghasilan desa. Tujuan adanya dana desa tentu untuk menjadikan desa menjadi lebih maju dan sejahtera. Pemerintah pusat telah memberikan anggaran yang cukup besar untuk mengembangkan kehidupan desa.

Hal ini merupakan wujud pengakuan desa sebagai subjek pembangunan berkelanjutan. Dana desa sendiri dialokasikan dengan mempertimbangkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis desa. Pada artikel ini akan disajikan mengenai beberapa manfaat adanya dana desa.

Dana Desa

Sumber pendapatan desa bukan hanya dari APBN. Sumber pendapatan desa antara lain dari sumber pendapatan asli desa, alokai APBN yang dilakukan secara bertahap, bagian dari pajak daerah dan retribusi daerah kabupaten/kota, bantuan keuangan dari APBD, hibah atau sumbangan pihak ketiga, serta pendapatan lain-lain yang sah.

Dana desa bersumber dari APBN yang mana merupakan wujud pengakuan negara terhadap kesatuan masyarakat hukum yang berwenang mengatur serta mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa, hak asal usul maupun hak tradisional masyarakat.

Pentingnya Dana Desa

Sebenarnya, tujuan awal diadakannya dana desa adalah meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan yang ada di desa seperti di bawah ini:

  1. Dana desa meningkatkan arti layanan publik di desa. Pelayanan publik sebagai ranah anggaran dana desa meliputi pelayanan kesehatan, pendidikan, serta pemyediaan sarana dan prasarana publik bagi masyarakat desa.
  2. Dana desa digunakan untuk mengentaskan kemiskinan. Salah satu tujuan utama pemerintah memberikan dana desa adalah mengatasi kemiskinan masyarakat desa. Pengentasan kemiskinan bisa melalui dana desa menggunakan tugas perbantuan, bantuan langsung maupun melalui pemberdayaan sumber daya manusianya.
  3. Dana desa memiliki manfaat untuk memajukan perekonomian desa. Tindak lanjut dari program pengentasan kemiskinan adalah meningkatkan sistem ekonomi desa. Melalui pemberdayaan masyarakat maupun pelatihan keterampilan, diharapkan masyarakat bisa mandiri mendapatkan penghasilan.
  4. Dana desa mampu mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa. Dana desa yang diberikan kepada desa adalah sama. Pembangunan di desa juga merupakan  upaya pemerintah. Melalui dana desa pemerintah bisa memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan

Manfaat Dana Desa

Berikut adalah lima belas contoh manfaat dana desa yang perlu kita ketahui seperti di bawah ini:

  1. Membangun insfrastruktur desa

Dana desa dialokasikan guna membangun insfrastruktur desa. Terutama pada daerah yang pembangunannya lamban dan jauh dari sa rana prasarana seperti yang kita jumpai di perkotaan. Alokasi dana desa bisa berwujud uang, atau tugas perbantuan di mana dana diberikan dalam bentuk proyek.

Insfrastruktur desa yang dimaksud seperti jalan, jembatan, tanggul, pasar desa, dan sebagainya. Untuk daerah pedesaan, yang sebelumnya jalan hanya  berupa tanah atau medannya sulit, maka melalui dana desa dilakukan renovasi menjadi jalan aspal.

  1. Membangun unit drainase dan irigasi

Mayoritas daerah di desa merupakan pertanian, maka perlu adanya sarana yang digunakan dalam menunjang pertanian. Irigasi sangat penting dalam menyediakan air bagi lahan pertanian maupun perkebunan.

  1. Menjamin ketersediaan air bersih

Ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat penting. Pada dasarnya terdapat daerah-daerah yang kekurangan air bersih maupun belum sadar akan pentingnya air bersih. Dana desa bisa digunakan dalam menyedaiakan peralatan penyulingan maupun sarana penampungan air bersih.

  1. Menjamin fasilitas kesehatan di desa (Posyandu, Polindes)

Beberapa desa tertinggal banyak yang mengalami gizi buruk dan jaminan kesehatan yang kurang. Pemerintah melalui dana desa membantu masyarakat dalam menyediakan sarana dan prasaran kesehatan seperti posyandu. Tujuannya adalah agar masyarakat mampu meninjau kesehatan mereka sehingga mampu meghindari hal-hal yang membuat kesehatan bayi maupun kesehatan mereka semakin memburuk.

  1. Meningkatkan sumber daya manusia di desa

Hal yang paling penting dalam membuat masyarakat semakin maju bukanlah dari seberapa banyak bantuan materiil yang diberikan.

Namun, bagaimana cara agar masyarakat dapat berkembang dan mempunyai keahlian. Maka dari itu, perlu adanya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya mereka. Hal itu dilakukan melalui program pelatihan yang dilaksanakan menggunakan dana desa seperti:

  • Mengadakan kursus pelatihan kerajinan tangan. Kerajinan tangan bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang hanya sebagai ibu rumah tangga untuk mengisi wajtu luang mereka dan mampu mendapatkan penghasilan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.
  • Pelatihan bussines plan. Masyarakat pedesaan yang mata pencahariannya biasanya adalah petani, nelayan, maupun buruh bisa merasakan bagaimana mereka mengambangkan mata pencaharian mereka menjadi bisnis. Masyarakat dilatih bagaimana merencanakan usaha melalui program yang dilaksanakan oleh desa.
  1. Menjamin pelestarian lingkungan hidup di desa

Lingkungan hidup juga merupakan sasaran dari dana desa. Tujuannya adalah agar lingkungan tetap bersih, nyaman, sehat dan tetap bisa dihuni oleh masyarakat. Pelestarian lingkungan hidup bisa dengan menyediakan bank sampah melalui program desa.

  1. Mengatasi bencana alam

Desa juga mempunyai anggaran mendesak ketika terjadi bencana alam, maka bisa menanggulanginya. Selain itu, masyarakat juga tahu bagaimana upaya mengadapi bencana alam. Maka dari itu, beberapa desa menggunakan dana desanya untuk mengadakan simulasi bencana alam, maupun untuk menyediakan sarana prasarana ketika menghadapi bencana lama.

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan sosial dasar

Dana desa juga bermanfaat dalam memberikan pelayanan sosial dasar bagi masyarakat. Pelayanan sosial dasar seperti PAUD juga harus disediakan di desa agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar. Pemerintah melalui desentralisasi memberikan anggaran kepada desa dalam mendirikan PAUD beserta sarana prasaran pendidikan lainnya.

  1. Meningkatkan pengelolaan sumber daya lokal

Setiap daerah memiliki karakteristik dan sumber daya yang berbeda-beda. Maka dari itu, pemerintah melalui APBN memberikan dana desa yang juga bermanfaat untuk mengembangkan karakteristik serta kekayaan alam di daerahnya terutama melalui lingkup desa. Misalnya melalui budi daya jamur, budi daya terumbu karang dan sebagainya.

  1. Menguatkan tata kelola desa yang demokratis

Dana desa digunakan dalam meningkatkan sistem tata kelola yang baik pemerintahan desa. Secara teknis, desa juga memerlukan biaya untuk kepentingan administratifnya. Mulai dari anggaran kesekretariatan, arsip dan sarana prasarana kantor memerlukan dana agar jalannya pelayanan masyarakat bisa lancar.

  1. Mengelola usaha ekonomi produktif

Masyarakat desa yang menjual hasil pertaniannya secara langsung kepada tengkulak memiliki keunutngan yang kecil. Maka dari itu, desa melalui dana desa yang diberikan oleh pemerintah melaksanakan program pelatihan ekonomi kreatif bagaimana mengolah hasil alamnya agar dijual tidak dalam bentuk mentah.

  • Mengadakan pelatihan kewirausahaan desa bagi pemuda. Desa memberikan anggaran bagi pemuda agar dapat berkarya memajukan desanya. Melalui pelatihan dan sarana prasarana yang diberikan, mereka difasilitasi dalam membuat usaha sendiri.
  • Mengadakan pelatihan e- marketing dan pembuatan industri rumah tangga. Seperti halnya pemberdayaan, dana desa juga digunakan agar masyarakat mampu mengikuti perkembangan jaman. Sistem usaha yang digunakan tidak harus selalu konvensional. Melalui pelatihan dan sosialisasi, mereka juga bisa mengikuti usaha online seperti yang dilakukan oleh masyarakat di perkotaan.
  1. Meningkatkan kelestarian adat, tradisi dan budaya desa

Setiap daerah, khususnya di sini desa mempunyai tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda. Terdapat upacara maupun kegiatan rutin yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di perbedaan. Dana desa sangat diperlukan dalam menyelanggarakan acara-acara tersebut. Misalnya penyelanggaraan wayang kulit, pertunjukan tari, pertunjukan ketoprak dan sebagainya.

  1. Menjamin ketersediaan pangan di desa

Tidak semua desa mempunyai bahan pangan melimpah. Tidak semua masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pangan mereka. Maka dari itu, dana desa juga digunakan dalam mendapatkan suplai bahan pangan dan meningkatkan hasil pangan yang ada di desanya. Selain itu, pemerintah melalui tugas perbantuan juga memberikan bantuan bahan pangan kepad amasyarakat yang membutuhkan.

  1. Meningkatkan potensi desa

Setiap desa mempunyai potensi masing-masing yang bisa diberdayakan dan dikenalkan oleh daerah lainnya. Melalui dana desa, potensi setiap desa dikenalkan ke daerah lain sehingga menjadi sumber penghasilannya. Misalnya melalui pembentukan desa wisata.

  1. Meningkatkan kemandirian desa

Dana desa diberikan dan dikelola oleh pemerintahan desa sendiri. Hal ini bertujuan agar dana dikelola sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik desa masing-masing.

Peningkatan sumber daya manusia melalui pemberdayaan maupun pengelolaan sumber daya alam secara efektif dan efisien mampu menjadikan desa tidak tergantung kepada pemerintah. Bahkan desa bisa mendapatkan sumber penghasilan lain selain dari pemberian pemerintah pusat.

Itulah tadi solusi atas materi yang bisa dituliskan kepada segenap pembaca terkait dengan bahasan lengkap yang bisa diperoleh dengan manfaat dana desa di masyarakat dalam berbagai bidang yang ada. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya, trimakasih.

Sumber Tulisan
  • https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/manfaat-bijak-dana-desa/
  • https://danadesa.id/peraturan-dana-desa/
  • https://www.kemenkeu.go.id/media/6749/buku-pintar-dana-desa.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *