Manfaat Mempelajari Antropologi dalam Keseharian

Diposting pada

Manfaat dan Tujuan Mempelajari Antropologi

Antropologi pada dasarnya akan senantiasa berkaitan erat dengan kehidupan manusia di muka bumi ini. Selain itu dalam istilah mempelajari ilmu antropologi juga akan dibahas mengenai sifat, kondisi, kebudayaan, emosi yang dimiliki oleh manusia atau yang sering disebut dengan makhluk sosial.

Singkatnya dalam tujuan yang menjadi manfaat mempelajari antropologi ini dianggap pula sebagai ilmu tentang manusia dan kebudayaannya. Maka tidak heran jika segala aspek yang dimiliki setiap manusia itu dapat dipelajari dengan baik.

Antropologi

Antropologi adalah bidang ilmu yang mempelajari permasalahan hidup manusia mulai dari arti sikap, tingkah laku, kebudayaan dan lain sebagainya. Pada dasarnya dengan mempelajari antropologi di kehidupan manusia itu sendiri nantinya dapat dipakai untuk memajukan atau membangun kehidupan masyarakat.

Manfaat Mempelajari Antropologi

Berikut dibawah ini yang merupakan tujuan dan manfaat dari ilmu antropolgi dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Mengetahui pola perilaku setiap masyarakat dari berbagai suku bangsa

Mempelajari antrologi pada dasarnya membuat setiap orang lebih mengerti pola perilaku yang ada di lingkungan sekitar. Terlebih lagi dengan ilmu antropologi ini yang bisa diketahui tingkah laku manusia bukan hanya disekitar daerah saja, akan tetapi ranahnya jauh lebih luas karena bisa memahami karakteristik dari setiap suku bangsa.

  1. Mengetahui peran yang harus dilakukan dari masing-masing individu agar sesuai dengan harapan masyarakat di sekitar kita

Ilmu antropologi juga menyebabkan seseorang mampu mengetahui perannya sebagai manusia dan anggota masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Melalui pemahaman tersebut maka manusia diharapkan mampu menunjukkan sikap yang baik dan sesuai dengan aturan maupun norma yang ada pada tradisi lingkungan sekitar.

  1. Menimbulkan rasa toleransi yang tinggi karena adanya pengetahuan terhadap tata pergaulan dalam masyarakat

Antropologi pada dasarnya menjelaskan tingkah laku manusia dan cenderung dapat memberikan manfaat berupa rasa toleransi yang besar.

Hal ini dikarenakan adanya banyak perbedaan yang sudah diketahui antar suku maupun bangsa, sehingga dengan perbedaan-perbedaan tersebutlah akan timbul sikap saling menghormati agar sebuah kesatuan dan persatuan tetap terjaga dengan baik.

  1. Memperluas wawasan terhadap berbagai ragam karakteristik suku bangsa

Perluasan wawasan juga akan semakin meningkat apabila antropologi dalam kehidupan manusia ini dipelajari dengan baik. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena ilmu antropologi memiliki sifat yang luas dan fungsinya memberikan pemahaman terkait hal-hal yang lebih terbuka mengenai tingkah laku, tradisi, kepercayaan, kebudayaan, sikap sosial dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari ilmu antropologi tersebut dapat diambil wawasan atau pengetahuan yang lebih luas dari sebelumnya.

  1. Mengetahui berbagai macam permasalahan dalam masyarakat

Kehidupan yang terjadi dalam masyarakat pastinya tidak hanya berjalan mulus saja, melainkan akan timbul suatu permasalahan.

Melalui pengetahuan antroplogi seseorang dapat memahami permasalahan apa saja yang sekiranya dapat timbul di sekitar lingkungan. Sehingga dengan ilmu yang sudah dikantongi tersebut mampu membuat setiap individu bergerak dengan lebih hati-hati agar tidak muncul konflik yang bisa membuat hidup masyarakat tidak harmonis.

  1. Mudah mencari solusi dari masalah yang muncul

Mempelajari antropologi memang tidak ada ruginya, karena dengan ilmu tersebut seseorang dapat mencari suatu solusi dari permasalahan yang muncul di kehidupan masyarakat. Tentunya solusi-solusi ini hadir karena pemahaman yang sebelumnya diketahui, terkait cara-cara hidup dalam bermasyarakat, pantangan yang harus dihindari dan lain sebagainya.

  1. Pembangunan bangsa dan negara yang lebih maju

Setiap individu yang mau terbuka dengan wawasan atau pengetahuan baru maka akan memiliki daya pikir yang jauh lebih kedepan. Mereka juga akan menganggap bahwa ilmu antropologi sangat penting untuk dipelajari karena didalamnya berisi banyak hal terkait dengan kehidupan manusia.

Melalui ilmu-ilmu atau pengetahuan yang lebih terbuka tersebut, nantinya akan membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih maju karena adanya sikap yang ingin terus belajar dan mempelajari banyak hal.

  1. Memberikan rasa bentuk syukur kepada sang pencipta

Mempelajari ilmu antropologi juga mampu memberikan rasa bentuk syukur masing-masing pribadi kepada Tuhan YME. Hal ini dikarenakan manusia mengerti kekuasaan dari Sang Pencipta yang mampu menciptakan banyak sekali ragam manusia mulai dari kebudayaan, adat istiadat, tradisi, kebiasaan, dan pola tingkah laku yang berbeda dari masing-masing individu.

Sehingga dengan pemahaman tersebut, setiap orang merasa perlu mensyukuri kehidupannya ditambah pula dengan kemampuan mereka yang dapat berkomunikasi serta bertoleransi dengan banyaknya manusia lain yang ada diluar.

  1. Mengetahui unsur kemanusiaan secara utuh

Ilmu antropologi juga akan memberikan hal-hal atau pengetahuan baru mengenai unsur kemanusiaan yang sebelumnya mungkin belum diketahui banyak orang. Dengan demikian setiap manusia akan memiliki pemahaman yang lebih banyak lagi terkait kehidupan yang ada dalam dunia ini, salah satunya adalah sikap sosial yang harus dijaga selalu.

  1. Mengetahui prinsip-prinsip perilaku di setiap masyarakat

Prinsip-prinsip perilaku manusia memang sangat penting untuk dipelajari. Karena dengan prinsip tersebut, setiap orang akan memahami dengan betul cara-cara yang baik dan benar dalam bertindak maupun berperilaku pada kehidupan sehari-hari.

Sebagai informasi bahwa prinsip tingkah laku yang harus dimiliki dalam hidup tersebut pada umumnya bisa dipelajari dalam ilmu antroplogi, karena didalamnya mengandung banyak unsur pelajaran yang ada kaitannya dengan kehidupan manusia.

  1. Mengetahui tata cara kehidupan dari masyarakat terdahulu sampai zaman sekarang

Hal menarik lainnya dari pemahaman antropologi yang dapat dipelajari setiap manusia yaitu masing-masing orang bisa mengetahui arti sejarah hidup mulai dari zaman nenek moyang sampai pada masa kini. Melalui sejarah tersebut maka akan didapat pengetahuan baru terkait cara-cara hidup yang baik, benar, dan lebih dewasa dari sebelumnya.

  1. Memahami norma dan suatu tradisi dalam kehidupan bermasyarakat

Ilmu antroplogi juga memberikan arti penting dalam kehidupan manusia salah satu diantaranya yaitu memperkenalkan norma dan tradisi yang baik dan benar dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian manusia akan hidup dengan tingkah laku yang baik, sopan, dan berakhlak mulia karena pemahaman yang sudah dimiliki.

  1. Lebih tanggap, kritis, dan rasional dalam menghadapi gejala sosial masyarakat

Pemahaman hidup yang lebih kompleks mengenai tata cara bersosialisasi, menghormati perbedaan, sikap saling mendorong satu sama lain pada dasarnya bisa dipelajari dalam ilmu antropologi itu sendiri. Tidak heran dengan pemahaman yang sudah kuat tersebut nantinya bisa digunakan untuk menghadapai segala proses sosial yang akan terjadi dalam hidup bermasyarakat.

  1. Melihat dengan jelasa tentang manusia

Salah satu tujuan adanya ilmu antropologi yaitu agar setiap orang memahami dengan betul arti hidup dari manusia itu sendiri.

Pada saat masing-masing individu mengetahui manusia itu hidup untuk apa dan bagaimana harus bersikap, maka yang dirasakan dalam hatinya yaitu membuang segala bentuk ego agar terjadi sebuah penyatuan antara individu satu dengan yang lain. Mengingat bahwa kehidupan ini bukan satu-satunya milik diri kita pribadi, melainkan ada banyak orang didalamnya yang sama-sama harus dihormati.

  1. Mampu melihat dunia atau budaya lain yang belum diketahui

Terakhir, manfaat atau tujuan dari adanya contoh antropologi yaitu setiap manusia dapat melihat memahami, mempelajari, mengerti dari dunia dan kebudayaan yang sebelumnya belum diketahui.

Karena ilmu ini sifatnya sangat luas dan penting sekali untuk diketahui banyak orang agar segala macam bentuk perbedaan dapat ditoleransikan satu sama lain sekaligus membuat sebuah persatuan tetap bisa dipegang teguh secara bersama.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapatlah dikatakan bahwa kata antroplogi itu berasal dari dua kata yaitu anthropos dan logos. Kata pertama anthropos artinya manusia. Sedangkan logos memiliki pengertian ilmu. Sehingga jika digabungkan antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan manusia.

Sehingga dengan mempelajari disiplin ilmu antroplogi ini akan dilihat pula suatu perbedaan yang menonjol dalam kehidupan manusia. Sehingga dengan hal tersebut akan timbul rasa toleransi satu sama lain antara masyarakat dan menumbuhkan rasa integrasi dalam kehidupan manusia itu sendiri.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat ilmu antropologi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberikan edukasi serta referensi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *