Pengertian Makhluk Sosial, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Manusia sebagai makhluk sosial memiliki hubungan secara timbal-balik dengan manusia lain. Dalam arti sosiologi mahkluk sosial adalah sebuah konsep ideologis yang memandang masyarakat atau struktur sosial sebagai sebuah “organisme hidup”. Semua elemen masyarakat atau organisme sosial mempunyai fungsi yang mempertahankan stabilitas dan kekompakan dari organisme.

Dengan kata lain, manusia saling memiliki ketergantungan satu sama lainnya untuk menjaga keutuhan masyarakat. Salah satu ciri manusia sebagai makluk sosial yang paling mudah untuk kita pahami adalah bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain dalam hampir semua hal dalam kehidupannya.

Makhluk Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial karena dianggap seperti primata karena kualitas sosialnya. Tetapi di luar makhluk lain, manusia mahir dalam menggunakan sistem komunikasi yang efektif untuk ekspresi diri, pertukaran ide, dan organisasi, dan dengan demikian telah menciptakan struktur sosial yang kompleks yang terdiri dari banyak kelompok yang bekerja sama dan bersaing.

Kelompok manusia berkisar dari keluarga hingga negara. Ciri interaksi sosial antara manusia telah membentuk berbagai nilai, norma sosial, dan ritual yang sangat luas, yang bersama-sama membentuk dasar masyarakat manusia.

Makhluk Sosial Adalah

Pengertian Makhluk Sosial

Manusia adalah makhluk sosial artinya makhluk yang pada dasarnya memiliki keinginan untuk hidup bermasyarakat dengan manusia-manusia lainnya.

Hal itu menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki keinginan untuk berkumpul dan mengadakan hubungan satu sama lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan manusia lain. Masa ketergantungan manusia dengan sesamanya tidak akan pernah berhenti sejak lahir sampai meninggal dunia.

Pengertian Makhluk Sosial Menurut Para ahli

Adapun definisi makhluk sosial menurut para ahli, antara lain:

  1. Adam Smith, Adam Smith menyebut istilah makhluk sosial dengan Homo Homini Socius, yang artinya manusia menjadi sahabat bagi manusia lainnya. Adam Smith juga menyebut manusia sebagai makhluk ekonomi atau Homo Economicus, yang artinya makhluk yang cenderung tidak pernah merasa puas terhadap apa yang dimilikinya dan selalu berusaha secara terus menerus dalam memenuhi kebutuhannya.
  2. Thomas Hobbes, Thomas Hobbes menggunakan istilah Homini Lupus untuk menyebut manusia sebagai makhluk sosial, yang artinya manusia yang satu menjadi serigala bagi manusia lainnya.
  3. Listurgis, Makhluk sosial adalah makhluk yang saling berhubungan atau mempunyai hubungan dengan manusia yang lain, dan tidak dapat membuat dirinya lepas dari hidup bersama.
  4. Elly M. Setiadi, Makhluk sosial ialah seseorang individu dimana di dalam hidupnya dia tidak bisa melepaskan dirinya dari pengaruh orang lain disekitarnya.
  5. KBBI, Makhluk sosial ialah manusia yang berhubungan timbal balik dengan manusia lain.
  6. Aristoteles, Makhluk sosial atau zoon politicon, artinya menusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain.
  7. Dr. Johannes Garang, Makhluk sosial ialah makhluk yang hidup berkelompok dan tidak mampu hidup menyendiri.

Ciri Makhluk Sosial

Manusia merupakan homo socialis (makhluk sosial). Oleh sebab itu, manusia selalu berinteraksi dengan manusia lainnya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Melalui makna sosialisasi tersebut manusia bisa mengembangan potensinya di masyarakat.

Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai naluri untuk saling tolong-menolong, setia kawan dan toleransi serta simpati dan empati terhadap sesamanya. Keadaan inilah yang dapat menjadbisa mewujudkan masyarakat yang baik, harmonis dan rukun, hingga timbullah norma, etika dan kesopan santunan yang dianut oleh masyarakat.

Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai dua keinginan yaitu:

  1. Keinginan untuk bisa menjadi satu dengan manusia lain yang ada di sekelilingnya (masyarakat).
  2. Keinginan untuk bisa menjadi satu dengan suasana alam di sekitarnya.

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita ketahui ciri-ciri manusia sebagai mahluk sosial, yaitu:

  1. Manusia tidak dapat hidup sendiri.
  2. Manusia memiliki kebutuhan sosial (social needs), yaitu berinteraksi dengan orang lain.
  3. Manusia dapat mengembangkan potensinya, bila ia hidup di tengah-tengah manusia

Contoh Tinkakan Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa salah satu contoh sederhana manusia sebagai makhluk sosial adalah seorang bayi yang baru lahir tentu membutuhkan asuhan dari orang tuanya untuk bisa tumbuh dewasa. Begitu pula sebaliknya, ketika orang tua sudah menginjak usia lanjut, mereka membutuhkan perawatan dari anak-anaknya.

Contoh lain manusia sebagai makhluk sosial misalnya di sekolah, di rumah, bahkan di tempat kerja, kita pasti memiliki teman sebagai tempat untuk berbagi cerita.  Berikut ini beberapa contoh tindakan manusia yang menunjukkan dirinya adalah makhluk sosial, antara lain:

Kehidupan Keluarga

Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang penting dalam membangun hubungan atau interaksi manusia sebagai makhluk sosial. Biasanya baik buruknya sikap seseorang dalam masyarakat sangat dipengaruhi oleh bagaimana interaksinya dalam keluarganya Berikut beberapa contoh tindakan sebagai makhluk sosial dalam kehidupan keluarga, antara lain:

  1. Menghormati orang tua

Menghormati orang tua merupakan tindakan manusia sebagai makhluk hidup yang akan mendasar bagi setiap manusia. Sebab keluargalah yang akan memberikan pengaruh besar bagi manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Membantu pekerjaan rumah

Membantu pekerjaan di rumah sama halnya dengan kegiatan gotong-royong di lingkungan masyarakat. Apabila suatu kegiatan dilakukan secara bersama-sama, maka pasti akan terasa lebih ringan dan akan selesai lebih cepat. Oleh sebab itu, sebagai makhluk sosial sudah seharusnya kita saling membantu satu sama lain dalam lingkungan keluarga.

  1. Menjaga hubungan baik dalam keluarga besar

Sebagai makhluk sosial, kita juga harus menjaga hubungan atau silaturahmi dengan manusia yang lainnya, termasuk menjaga hubungan baik antar keluarga, sehingga bisa menjaga keharmonisan keluarga besar, dan menjaga komunikasi baik antar anggota keluarga.

Hal tersebut bisa berlangsung lebih mudah pada zaman sekarang sebab adanya perkembangan teknologi yang memadai, sehingga menjalin komunikasi bisa cepat dan mudah.

  1. Menaati peraturan di lingkungan keluarga

Menghindari munculnya konflik dalam hubungan antar anggota keluarga bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan saling menaati peraturan yang berlaku di lingkungan keluarga. Tindakan tersebut mendukung pembelajaran manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral baik sebab bisa menaati aturan-aturan atau nilai-nilai keluarga yang ada.

Kehidupan Bermasyarakat

Contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:

  1. Gotong-royong

Gotong royong adalah suatu aktivitas yang sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat, dimana manusia atau anggota masyarakat saling bekerjasama dalam menyelesaikan suatu kegiatan untuk kepentingan bersama.

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu turut serta dalam kegiatan gotong-royong di lingkungannya, agar tercipta kerukunan dan keharmonisan di lingkungan tersebut. Selain itu, gotong-royong yang dilakukan misalnya bekerja bakti membersihkan lingkungan bisa menjadi sarana untuk menjaga lingkungan masyarakat yang aman, bersih, dan nyaman.

  1. Saling membantu tanpa pamrih

Sebagai makhluk sosial yang menjadi anggota dari suatu masyarakat, manusia tidak bisa bersikap egois atau mementingkan diri sendiri. Manusia harus bisa menjaga hubungan atau interaksi yang baik dengan anggota masyarakat yang lain.

Misalnya melalui kebiasaan saling membantu tanpa pamrih apabila ada yang sedang membutuhkan. Sebab sudah menjadi kodrat bahwa manusia akan saling bergantung satu sama lain dalam memenuhi kebutuhannya.

  1. Mengikuti kegiatan lingkungan masyarakat setempat

Dalam kehidupan bermasyarakat biasanya sering diadakan kegiatan-kegiatan misalnya PKK, perayaan hari kemerdekaan, dan beragam kegiatan lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia harus bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan-kegiatan tersebut untuk tetap menjaga interaksi dan keharmonisan lingkungan masyarakat.

  1. Berperilaku sopan santun didalam lingkungan masyarakat

Hidup sebagai makhluk sosial haru dapat mengendalikan diri sendiri salah satunya dengan cara selalu berperilaku sopan dan santun dimanapun keberadaannya. Karena manusia tidak hidup sendiri dalam suatu lingkungan, pasti akan ada anggota yang lainnya untuk membentuk suatu lingkungan masyarakat.

Lingkungan Sekolah

Berikut beberapa contoh tindakan sebagai makhluk sosial di lingkungan sekolah, antara lain:

  1. Mendengarkan ketika kegiatan belajar dan mengajar berlangsung

Meskipun konteksnya lebih kecil dari sebuah lingkungan masyarakat, tapi lingkungan kelas juga menjadi salah satu sarana pelaksanaan hubungan atau interaksi antar makhluk sosial. Mendengarkan ketika kegiatan belajar dan mengajar berlangsung adalah salah satu tindakan baik sebaik makhluk sosial.

  1. Menghormati bapak dan ibu guru

Di lingkunan sekolah kita harus bersikap sopan dan santun serta menghormati bapak dan ibu guru serta warga sekolah lainnya, agar tercipta kedamaian di lingkungan sekolah, sehingga proses pembelajaran pun bisa berjalan dengan baik.

  1. Tidak mencontek

Memang tak bisa dipungkiri bahwa manusia sebagai makhluk sosial selalu bergantung kepada manusia atau anggota lain, tapi bukan untuk hal mencontek. Mencontek adalah sikap buruk manusia yang tidak baik dikembangkan. Oleh sebab itu, perlu adanya kebiasaan untuk tidak mencontek demi mewujudkan tindakan baik dari manusia sebagai makhluk sosial.

  1. Menaati peraturan sekolah

Sebagai salah satu contoh tindakan makhluk sosial yang bermoral adalah dengan menaati peraturan-peraturan yang berlaku di sekolah. Karena dengan hal ini hubungan atau interaksi dalam lingkungan sekolah akan terjalin dengan baik karena dapat menghindari konflik terjadi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan dapat dikatakan manusia adalah makhluk sosial yang dapat di indikasikan pada terjadinya interaksi sosial yang dilakukan dengan orang lain. Hal ini dianggap penting karena memberikan sejumlah besar informasi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Dengan jumlah informasi yang tersedia dari berbagai contoh yang disebutkan pada satu waktu, pikiran manusia secara alami mengembangkan cara pintas yang memungkinkan kita berfungsi lebih efisien di dunia sosial. Salah satu fungsi interaksi manusia adalah kemampuan untuk membuat penilaian cepat tentang orang lain.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian makhluk sosial menurut para ahli, ciri, dan contohnya di lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Semoga bisa bermanfaat. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *