Macam Tindakan Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Tindakan Ekonomi

Proses perekonomian diciptakan dari tindakan-tindakan masyarakat mulai dari tindakan kecil sehari-hari hingga pada tindakan mereka yang membawa perubahan dalam perekonomian suatu negara. Manusia sebagai makhluk sosial dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memerlukan adanya tindakan nyata secara lahir maupun batin, yang kemudian disebut sebagai tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi didorong oleh adanya hasrat untuk memenuhi kebutuhan namun terbatas oleh alat pemuas kebutuhan. Oleh karena itu, dalam menentukan tindakan ekonomi diperlukan pula adanya pengorbanan. Artikel ini akan membahas mengenai macam tindakan ekonomi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan bentuk tindakan yang dilakukan oleh manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan hidup. Tindakan ekonomi dilakukan untuk mencapai kesejahteraan dan kepuasan pelaku ekonomi yang melakukannya.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua pelaku ekonomi akan dengan mudahnya merasa puas dengan pencapaiannya. Hal ini berarti bahwa arti kebutuhan manusia tidak akan pernah ada habisnya. Sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas ketersediaannya. Oleh karena itu, dalam menentukan motif ekonomi perlu adanya pertimbangan-pertimbangan yang matang.

Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam melakukan tindakan ekonomi antara lain adalah dengan memperhatikan dana atau budget yang dimiliki. Selain itu, juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, disusun berdasarkan tingkat kepentingannya.

Sebagai contoh, seorang siswa ingin membeli buku tulis. Buku tersebut tersedia di toko A dan juga di toko B dengan bentuk yang sama. Namun, harga di toko B lebih murah dan lebih dekat. Hal ini akan mempengaruhi tindakan ekonomi yang nantinya dipilih oleh siswa dalam tujuannya memperoleh buku tulis.

Tindakan ekonomi dilakukan baik oleh individu maupun oleh kelompok-kelompok. Tindakan ini adakalanya dilakukan secara rasional maupun secara irasional. Maksudnya adalah tindakan ekonomi dapat memberikan keuntungan apabila berlandaskan pada pilihan yang paling tepat.

Inilah yang kemudian disebut sebagai tindakan ekonomi rasional. Sebaliknya, apabila pilihan ditentukan berdasar pada perkiraan, maka dimungkinkan akan mendatangkan kerugian, dan ini disebut sebagai tindakan ekonomi irasional.

Macam Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi dapat diklasifikasikan dalam beberapa macam. Seperti yang telah dituliskan sebelumnya, bahwa tindakan ekonomi dapat berupa tindakan rasional maupun irasional, maka tindakan ekonomi dapat pula diklasifikasikan menurut pelaku kegiatannya. Macam tindakan ekonomi tersebut akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut.

  1. Tindakan Ekonomi Perorangan

Kegiatan perekonomian tidak hanya untuk kelompok-kelompok tertentu saja, melainkan peran serta individu juga diperlukan dalam kegiatan perekonomian. Seorang individu juga memiliki kebutuhan dalam hidupnya yang juga bersifat individual. Oleh karena itu, terdapat tindakan-tindakan ekonomi yang sifatnya perseorangan.

Umumnya, tindakan ekonomi jenis ini muncul sebagai dorongan atas faktor intrinsik, yaitu adanya keinginan dalam diri seseorang. Seperti, seorang ibu rumah tangga yang menabung untuk dapat membeli peralatan dapur yang diinginkannya.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa tindakan ekonomi perseorangan juga dapat didorong oleh adanya faktor ekstrinsik, yaitu dorongan yang berasal dari luar diri seseorang. Biasanya faktor ini berasal dari lingkungan terdekat individu. Misalnya, masyarakat di wilayah wisata memilih untuk berjualan cinderamata khas wilayah tersebut seperti yang terlihat di Malioboro Jogjakarta. Hal ini dilakukan karena adanya faktor dari luar yaitu lingkungan wisata.

  1. Tindakan Ekonomi dalam Keluarga

Keluarga merupakan kumpulan individu yang juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Tujuannya adalah untuk dapat mempertahankan hidup keluarganya. Di dalam kehidupan berkeluarga tentu saja memiliki kebutuhan masing-masing yang membutuhkan adanya pengorbanan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Seluruh anggota keluarga bertanggungjawab atas pemenuhan kebutuhan individu anggota keluarganya maupun kebutuhan secara kolektif dalam keluarga tersebut.

  1. Tindakan Ekonomi dalam Lembaga Masyarakat

Ruang lingkup yang lebih luas dari arti ekonomi berupa tindakan adalah perseorangan maupun keluarga yakni tindakan ekonomi yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan.

Tujuan dilakukannya tindakan ekonomi ini adalah untuk dapat mencapai keuntungan secara kolektif masyarakat yang ada di suatu wilayah tertentu. Biasanya, tindakan ekonomi di lingkungan dalam arti masyarakat yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

  1. Tindakan Ekonomi dalam Lembaga Pemerintahan

Pemerintah sebagai salah satu pelaku ekonomi juga melakukan tindakan ekonomi dalam kehidupan pemerintahan sehari-hari. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu negara dan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

Pemerintah membuat rancangan program dalam mewujudkan tindakan ekonomi. Program-program itulah yang kemudian dijalankan untuk dapat mencapai tujuan pemerintahan, khususnya yang berhubungan dengan masyarakat dan negara.

  1. Tindakan Ekonomi antar Negara

Tindakan ekonomi tidak hanya terjadi antar individu ataupun antar kelompom, tetapi  juga terjadi antar negara. Tindakan ekonomi antar negara terjadi karena adanya kerjasama antar negara di dunia yang bertujuan untuk memperbaiki perekonomian.

Hal ini dikarenakan perekonomian selalu berkaitan erat dengan lembaga-lembaga negara. Kerjasama internasional yang terjalin antar negara ini dilakukan dengan saling membantu untuk memperbaiki perekonomian negara di berbagai sektor. Sektor tersebut antara lain politik, kemiskinan, pendidikan, dan pembangunan.

Contoh Tindakan Ekonomi

Adapun beberapa contoh tindakan ekonomi yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

Perorangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tindakan ekonomi perorangan adalah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh individu untuk dapat memenuhi kebutuhan pribadinya. Contohnya, seorang mahasiswi membutuhkan buku kuliah sebagai referensi belajarnya. Kemudian, ia bekerja sebagai guru les di suatu bimbingan belajar.

Upah yang ia peroleh dari menjadi guru les digunakannya untuk membeli buku tersebut. Hal inilah yang disebut sebagai tindakan ekonomi perseorangan karena mahasiswi tersebut melakukan tindakan ekonomi membeli buku dengan pengorbanan berupa bekerja sebagai guru les.

Keluarga

Tindakan ekonomi dalam keluarga salah satunya tampak pada tindakan yang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Seorang ibu akan menyisihkan uang bulanannya untuk berbagai kebutuhan dalam keluarga. Salah satunya adalah ibu berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari untuk satu bulan.

Hal ini merupakan tindakan ekonomi dalam keluarga yang dilakukan oleh ibu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Masyarakat

Pemilik Sritex, perusahaan tekstil yang ada di Sukoharjo membeli alat produksi baru berupa mesin produksi merupakan salah satu contoh dari tindakan ekonomi yang dilakukan dalam lembaga masyarakat. Pembelian mesin baru ini tidak lain manfaatnya adalah untuk dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Mesin baru tersebut digunakan untuk dapat memproduksi barang tekstil yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini merupakan contoh dari tindakan ekonomi lembaga masyarakat karena perusahaan melakukan pembelian mesin baru untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pemerintahan

Program raskin (beras miskin) yang dicanangkan oleh pemerintah merupakan salah satu contoh dari program pemerintah sebagai contoh tindakan ekonomi. Program raskin ini dijalankan dengan menyediakan beras yang harganya terjangkau bagi masyarakat yang rata-rata berpendapatan rendah atau dapat dusebut sebagai masyarakat miskin.

Dengan demikian, kebutuhan pokok masyarakat miskin akan bahan pangan (beras) dapat terpenuhi dengan baik. Hal inilah yang kemudian menjadi peran lembaga pemerintahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya melalui tindakan ekonomi yang dilaksanakan.

Aantar Negara

Tindakan ekonomi antar negara biasanya terjadi melalui kerjasama internasional. Kerjasama internasional salah satunya seperti bantuan negara-negara di ASEAN dengan memberikan pinjaman kredit kepada negara yang membutuhkan untuk pembangunan negaranya.

Sebagai contoh, Negara Indonesia yang memperoleh bantuan pinjaman luar negeri untuk meningkatkan pembangunan negaranya seperti pembangunan fasilitas-fasilitas umum.

Pembangunan fasilitas umum tersebut kemudian digunakan oleh masyarakat. Pemberian pinjaman kredit ini merupakan contoh dari tindakan ekonomi karena di dalamnya terdapat upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Itulah tadi penjelasan yang lengkap bisa kami uraikan kepada segenap pembaca terkait dengan macam-macam tindakan ekonomi di masyarakat dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui materi ini bisa memberikan pemahaman. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *