Macam Perusahaan Persekutuan dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Perusahaan Persekutuan

Sebuah perusahaan dapat bergkembang dengan cepat karena mendapat bantuan dari berbagai pihak. Salah satu bantuan yang diberikan adalah modal pinjaman ataupun modal campuran, sehingga membentuk sebuah perusahaan persekutuan yang bergerak pada berbagai bidang.

Persekutuan dalam badan usaha yang terbentuk bermacam-macam. Akan tetapi yang pasti pembentukannya sudah diatur dalam peraturan yang berlaku. Bagi siapapun yang ingin mendirikan perusahaan pasti memahmi regulasi yang berlaku. Hal pokok dalam mendirikan sebuah perusahaan persekutuan adalah struktur organisasi, modal, jenis usaha, dan pihak-pihak yang terkait dalam perusahaan tersebut.

Perusahaan Persekutuan

Perusahaan persekutuan banyak berdiri di Indonesia dengan berbagai bidangnya masing-masing. Setiap bidang memiliki peran yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemenuhann kebutuhan ini merupakan suatu keharusan bagi suatu negara.

Disisi lainnya, perusahaan persekutuan salah satu cara agar sebuah usaha yang dilakukan dapat berkembang dengan cepat. Perkembangan tersebut tergantung pada masing-masing pemilik perusahaan. Relasi merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah perusahaan. Maka, atas dasar inilah perusahaan persekutuan adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh lebih dari satu orang. Peran orang dalam perusahaan tersebut berbeda-beda tergantung pada bentuk dan jenis perusahaan yang didirikan.

Macam Perusahaan Persekutuan

Bentuk perusahaan ini digolongkan menjadi beberapa jenis tergantung pada sudut pandang masing-masing. Antara ain;

  1. Persekutuan perdagangan

Perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang dengan produk tertentu. Perusahaan ini bergerak pada bidang perdagangan barang. Persekutuan jenis ini lebih pada bentuk perusahaan berdasarkan barang yang dihasilkan. Perusahaan persekutuan dagang, kadang seseorang tidak hanya memiliki satu perusahaan tapi di beberapa perusahaan..

  1. Persekutuan jasa

Perusahaan yang bergerak dibidang jasa dimana pemilikinya lebih dari satu. Perusahaan jasa ini termamuk bentuk perusahaan berdasarkan barang yang dihasilkan. Perusahaan jasa akan lebih fokus pada kualitas pelayanan. Perusahaan ini bisanya mengedepankan pelayanan kepada pelanggan.

  1. Persekutuan umum

Perusahaan yang memberikan kebebasan kepada setiap anggotanya dalam mengembangkan usahannya. Setiap anggota diperbolehkan melakukan cara apapun yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan. Hal-hal yang dilakukan oleh anggota merupakan sepenuhnya tanggungjawab anggota tersebut.

  1. Persekutuan terbatas

Salah satu jenis perusahaan persekutuan yang fokus pada bidang tertentu. Pimpinan dari perusahaan ini hanya satu orang yang akan menentukan jalannya perusahaan tersebut. Perusahaan akan berjalan apabila terdapat kerjasama yang baik antar bagian, dimana semua bagian di perusahaan saling berkaitan.

  1. Persekutuan saham gabungan

Salah satu persekutuan yang memiliki modal yang sangat besar. Modal tersebut berasal dari pihak-pihak yang melakukan kerjasama. Kerjasama yang dilakukan kebanyakan jangka panjang, modal yang besar dapat membantu suatu keadaan keuangan yang stabil ketika awal memulai suatu usaha.

  1. Perseroan terbatas tertutup

Jenis perseroan terbatas yang permodalannya hanya pada pihak tertentu. Misal sebuah perusahaan yang dikelola oleh keluarga, perusahaan yang mengumpulkan orang-orang yang dikenal saja, dan lain-lain. Perusahaan ini biasanya memiliki berbagai jenis usaha sesuai dengan bidang-bidang yang diingikan oleh perusahaan keluarga tersebut.

  1. Firma dagang

Sebuah perusahaan yang mengambil peran untuk menjual berbagai jenis barang yang telah diproduksi oleh suatu perusahaan. Firma dagang dapat menjual beberapa produk yang berbeda, dimana produk tersebut bukan merupakan saingan di harga pasar.

  1. Perusahaan Komanditer (CV)

Perusahaan yang dapat bergerak pada berbagai bidang. Setiap anggota memiliki tanggungjawab yang berbeda-beda. Perusahaan jenis ini biasanya akan dikelola oleh orang yang menginisiasi perusahaan lain, sementara anggota lain hanya menitipkan modalnya untuk menjalankan usaha tersebut. Perusahan ini banyak kita jumpai disekitar kita.

  1. Firma non-dagang

Perusahaan yang fokus pada pelayanan jasa dimana anggota dari pemilik perusahaan merupakan tenaga ahli pada bidang tertentu.

Firma ini biasanya menyediakan jasa yang dibutuhkan dimasyarakat, memang tidak semua masyarakat memiliki kemampuan pada bidang tertentu. Firma non-dagang ini dapat membantu mereka yang membutuhkan tenga ahli diberbagai bidang. Bidang yang ada perpajakan, akuntan, pembuatan akta tanah, kuasa hukum, klinik, dan lain-lain.

  1. Perseroan terbatas terbuka

Perusahaan perseroan yang modal usahanya berasal dari berbagai pihak. Pihak-pihak yang menanamkan modal bersifat terbuka dan terbit pada pasar modal Indonesia. Semua orang yang memiliki modal dan berminat untuk menanamkan modalnya pada perusahaan ini memiliki kebebasan masing-masing. Kebebasan ini diharapkan dapat menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana.

  1. Koperasi

Sebuah unit usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotannya. Semua orang yang menjadi anggota memiliki jumlah setoran awal yang sama atau biasa disebut simpanan pokok. Simpanan pokok ini digunakan untuk modal awal dalam menjalankan sebuah koperasi. Bentuk koperasi sangat beragam tergantung pada kesepakatan.

  1. Yayasan

Salah satu jenis usaha yang berorientasi non profit. Usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang pada bidang tertentu. Yayasan yang saat ini kita temui pada bidang sosial dan pendidikan. Syarat mendirikan yayasan tidak jauh beda dengan perusahaan lain namun untuk tujuan pendirian tentu saja berbeda.

Contoh Perusahaan Persekutuan

Contoh Perusahaan Persekutuan
Contoh Perusahaan Persekutuan

Adapun untuk contoh perusahaan dari bentuk perusahaan yang ada antara lain;

  1. Lembaga pendidikan

Salah satu contoh yayasan yang bergerak pada bidang pendidikan. Struktur organsasi dalam sebuah organisasi sudah jelas dan tujuan terbentuknya lembaga tersebut tentu sudah dipikirkan oleh pendirinya. Lembaga pendidikan ini bisa pendidikan formal yang berkaitan dengan umum dan agama. Pendidikan non formal yang memberikan ruang belajar untuk masyarakat dan lain-lain.

  1. Perusahaan Diadora

Salah satu perusahaan yang terkenal dengan produk yang berkualitas. Perusahaan ini merupakan salah satu contoh perusahaan persekutuan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya dibidang fashion.

  1. Konsultan Pajak

Salah satu jenis jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama orang yang baru memulai sebuah usaha. Jasa konsultan dalam arti pajak biasanya didirikan dalam bentuk firma non-dangang. Konsultan pajak biasanya didirikan oleh beberapa konsultan yang melakukan kerja sama.

  1. Gudang Garam

Salah satu perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas terbuka. Kepemilikan modal dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada pihak-pihak yang memiliki saham di perusahaan tersebut. pemilik saham dapat menjual saham tersebut kepada siapa pun.

Perusahaan jenis ini dapat kita katakan pemiliknya tidak menentu, namun pemilik utama tetap orang yang memberikan modal paling banyak.

  1. Tunas Muda Perkasa

Salah satu perusahaan komanditer yang bergerak pada bidang jasa. Jasa yang dilakukan berkaitan dengan kebersihan rumah, taman, dan lain-lain. Perusahaan ini ada dibeberapa daerah. Tentu saja banyak pihak yang terlibat dalam usaha jenis ini.

  1. Grup bakrie

Salah satu perusahaan persekutuan jenis perseroan terbatas tertutup. Pemilik modal di perusahaan ini merupakan sebuah keluarga besar yang telah mengembangkan usahanya dalam berbagai jenis bidang. Perusahaan ini juga sangat terkenal di Indonesia, melihat banyaknya perusahaan yang tergabung dalam grup ini.

  1. Adam Air

Salah satu jenis perusahaan persekutuan yang tidak begitu terlihat dimata publik. Perusahaan ini akan nampak tenggelam dibanding dengan perusahaan penerbangan yang lain. Perusahaan ini hanya melayani penerbangan domestik saja, bahkan mungkin saat ini semakin tidak dikenal oleh publik.

  1. Bank Mandiri

Salah satu contoh bank yang merupkan perusahaan persekutuan. Pemilik modal bank ini memang paling banyak dari BUMN namun sebagian sudah dijual ke publik, sehingga siapapun boleh menanam modal di bank ini. Saat ini kepemilikan pemerintah tidak lebih dari 70% modal yang dimiliki bank ini.

  1. Koperasi simpan pinjam

Salah satu jenis koperasi yang banyak didirikan oleh beberapa orang baik di desa maupun di kota. Koperasi ini menjalankan usaha berupa simpan pinjam kepada anggota dan non anggota koperasi. Koperasi biasanya memberikan bunga yang lebih rendah dibanding dengan bank, hal ini sesuai dengan tujuan koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  1. Telkomsel Indonesia

Telkomsel Indonesia merupakan perusahaan pemerintah yang bertanggungjawab pada bidang telekomunikasi. Modal yang dimiliki telkomsel tidak sepenuhnya milik pemerintah melainkan sebagian milik pihak swasta. Hal ini akan membantu permodalan telkomsel, mengingat arti industri ini merupakan hal yang sangat penting di masa ini. Semua aspek kehidupan menggunakan jaringan internet atau bersifat online.

Nah, demikinalah artikelyang bisa kami ulaskan pada semua pembaca berkaitan dengan jenis perusahaan persekutuan dan contohnya yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *