Macam Bioma, Ciri, dan Wilayah Persebarannya

Diposting pada

Bentuk Bioma

Iklim yang terdapat di Planet Bumi umumnya terbagi menjadi 2, iklim tersebut adalah iklim tropis dan iklim subtropis. Pembagian kedua jenis iklim beralasan pada letak geografis dan letak astronomis. Daerah yang memiliki iklim tropis terletak di tempat yang dilalui garis ekuator (garis khatulistiwa), sedangkan daerah yang memiliki iklim subtropis terletak pada tempat yang jauh dari garis khatulistiwa.

Musim yang terdapat di daerah tropis hanya ada 2, disebut musim penghujan dan musim kemarau. Untuk jenis musim yang terletak pada daerah subtropis terdapat 4 musim, diantaranya musim semi (spring), musim gugur (autumn), musim dingin (winter), dan musim panas (summer).

Dengan terdapatnya perbedaan iklim diatas yang dipengaruhi oleh letak goegrafis dan letak astronomis maka menimbulkan perbedaaan jenis-jenis bioma. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang macam-macam bioma dan penjelasan.

Bioma

Bioma sejatinya ialah ekosistem yang terdiri dari flora dan fauna dalam jumlah besar serta luas dengan ciri khas melakukan perlindungan dari flora dan fauna tersebut. Dalam lingkup bioma, pelaku utama hadirnya kehidupan antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Produsen
  2. Konsumen 1
  3. Konsumen 2
  4. Konsumen seterusnya
  5. Pengurai (dekomposer)

Pengertian Bioma

Bioma adalah kategori besar ekosistem yang ditandai oleh asosiasi khasnya antara tanaman dan hewan, yang pada gilirannya paling baik disesuaikan dengan iklim, topografi, dan tanah di wilayah tersebut.

Bioma-bioma tersebut memainkan peran penting dalam mempertahankan kehidupan di bumi. Misalnya, bioma akuatik adalah rumah bagi jutaan spesies ikan dan sumber siklus air sehingga memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan iklim.

Bioma terestrial menyediakan makanan, memperkaya udara dengan oksigen dan menyerap karbon dioksida dan gas-gas jahat lainnya dari udara. Mereka juga membantu mengatur iklim dan sebagainya

Macam Bioma

Jenis Bioma
Macam Bioma

Di dunia ini khususnya di Indonesia seperti penjelasan uraian intro diatas, pembagian biomanya dipengaruhi oleh iklim.

Ciri khas iklim ini sangatlah dipengaruhi oleh letak geografis dan letak astronomis. Jadi secara tidak langsung jenis dan contoh bioma di Indonesia dan dunia terjadi berdasarkan letak geografis dan letak astronomis. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Stepa

Gambar Bioma Stepa

Bioma stepa sering disebut sebagai bioma padang rumput. Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa flora utama yang terdapat pada bioma tersebut adalah tanaman rumput. Tentu saja apabila flora utama yang terdapat saja adalah jenis rerumputan maka fauna yang hadir disitu adalah hewan herbivora (hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan).

Tidak serta merta fauna yang mendiami dataran padang rumput adalah hewan herbivora. Kijang, bison, rusa, kerbau, dan lain-lain merupakan hewan herbivora yang menjadi makanan kesukaan hewan-hewan karnivora. Maka pada bioma padang rumput kita dapat menjumpai fauna khas karnivora seperti macan, singa, cheetah, jaguar, dan lain-lain.

Ciri Bioma Stepa

Karakteristik yang ada dari bioma padang rumput adalah sebagai berikut;

  1. Curah hujan yang tidak terlalu banyak, hanya berkisar antara kurang lebih 25 mm per tahun.
  2. Ditinjau dari sedikitnya curah hujan di daerah bioma padang rumput maka akibatnya adalah kelembapan udara yang sangat rendah karena kurangnya daerah resapan air
  3. Daerah bioma stepa memiliki resapan air kecil penyerapannya sangat lambat, hal ini berakibat pada proses evaporasi yang sangat cepat. Karena daerah resapan air yang kecil dan proses evaporasi yang sangat cepat maka tekana temperatur suhu yang terdapat pada daerah padang rumput begitu panas.
  4. Pada siang hari, suhu udara yang terdapat di daerah bioma stepa berkisar mencapai 45 derajat celcius. Apabila pada malam hari suhunya berkebalikan yaitu sangat dingin hingga mencapai 0 derajat celcius.
Persebaran Bioma Stepa

Persebaran padang rumput di dunia adalah terletak di Australia, Afrika Utara, Asia, Brasilia, Amerika Serikat, dan Argentina. Sedangkan bioma padang rumput yang terletak di negara Indonesia adalah tersebar di daerah Sumbawa, Yogyakarta, dan Nusa Tengara Barat.

  1. Tundra

Gambar Bioma Tundra

Bioma tundra adalah ekosistem lanjutan diatas bioma padang rumput. Disebut demikian karena pada bioma tundra flora yang mendominasi adalah rumput-rumput liar dan tanaman-tanaman kecil. Secara iklim bioma tundra memiliki kebalikan dari bioma padang rumput. Hal ini dikarenakan pada bioma tundra terletak pada iklim dingin.

Letak pada bioma tundra ini memiliki suhu yang dingin hingga mencapai dibawah 0 derajat celcius. Matahari sepanjang tahun hanya menyinari bioma tundra pada musim panas, selebihnya matahari tidak dapat menyinari daerah tersebut.

Ciri Bioma Tundra

Ciri khas yang terdapat pada bioma tundra antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Lokasi daerah pada bioma tindra selalu tertutup salju dan es sepanjang tahun
  2. Musim dingin dan musim panas terjadi dengan jangka waktu yang sangat panjang. Rata-rata usia hidup tumbuhan hanya 4 bulan
  3. Fauna yang terdapat pada bioma tundra hanya binatang khas kutub yaitu pinguin, beruang kutup, dan lain sebagainya
  4. Flora yang dapat tumbuh pada bioma tundra hanya rumput liar, lumut, dan tumbuhan kecil.
Persebaran Bioma Tundra

Persebaran bioma tundra terletak pada daerah lintang kutub seperti dataran artik, Greenland, Russia, Eropa Utara, Kanada, Findlandia, New Zealand, dan Antartica. Bioma tundra yang ada di Indonesia hanya pada puncak Jayawijaya. Hal ini dikarenakan negara Indonesia memiliki iklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa.

  1. Taiga

Gambar Bioma Taiga

Bioma taiga adalah daerah berupa hutan yang memiliki jenis tanaman spesifik seperti hutan pinus, pohon konifer, pohon cemara, semak belukar, dan sedikit rerumputan. Fauna yang terdapat pada daerah bioma taiga adalah beruang, rubah, burung-burung, dan lain-lain.

Hal yang menarik pada bioma taiga adalah bioma ini merupakan yang paling luas jika dibandingkan dengan bioma-bioma yang ada di dunia.

Ciri Bioma Taiga

Karakteristik bioma taiga antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bioma taiga memiliki musim panas yang begitu pendek hanya berkisar antara 1 sampai 3 bulan.
  2. Musim hujan dan musim dingin yang terjadi pada bioma taiga lebih lama yaitu berkisar 9 hingga 11 bulan
Persebaran Bioma Taiga

Adapun untuk wilayah-wilayah dalam persebaran bioma taiga di Indonesia terdapat di Pulau Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Sedangkan untuk di dunia, persebaran bioma taiga terletak di Asia Tenggara, Afrika Utara, dan Brazil.

  1. Gurun

Gambar Bioma Gurun

Bioma gurun adalah satu-satunya bioma yang memiliki cuaca paling ekstrim. Hal ini dikarenakan bioma gurun memiliki suhu yang sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Dengan cuaca yang sangat ekstrim tersebut maka bioma gurun adalah bioma yang paling susah dihuni makhluk hidup.

Ciri Bioma Gurun

Karakteristik yang terdapat pada bioma gurun antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Keseluruhan daerah dalam bioma gurun ini senantiasa ditutupi oleh gurun pasir
  2. Kelembaban udara dan kadar air dalam bioma gurun sangat sedikit yang diakibatkan oleh minimnya curah hujan yaitu berkisar tidak sampai 10 mm per tahun.
Persebaran Bioma Gurun

Adapun untuk wilayah-wilayah yang menjadi persebaran bioma gurun tidak terdapat di Indonesia karena negara Indonesia memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Sedangkan untuk persebaran bioma gurun hanya terdapat di Negara Arab Saudi, Benua Australia, Benua Afrika, dan Amerika Serikat.

  1. Hutan Hujan Tropis

Bioma Hutan Hujan Tropis

Bioma hutan hujan tropis adalah bioma khas yang ada di wilayah dataran tropis, sebagi akibat dilaluinya garis ekuator (garis khatulistiwa) yang mana wilayah ini secara menyeluruh bisa dihidupi oleh beragam flora dan fauna, selain itujuga dikenal dengan kesuburan tanahanya.

Ciri Bioma Hutan Hujan Tropis

Ciri khas dari bioma hutan hujan tropis antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Memiliki curah hujan yang cukup tinggi yaitu lebih dari 2000 mm per tahun
  2. Sinar matahari senantiasa menyinari daerah yang masuk dalam bioma hujan tropis sepanjang tahun tanpa henti
  3. Tumbuhan khas daerah hutan hujan tropis adalah pohon hutan lindung dan tanaman hutan bakau
  4. Beragam jenis hewan liar bisa tumbuh dengan baik di wilayah yang termasuk dalam bioma hutan hujan tropis
Persebaran Bioma Hutan Hujan Tropis

Persebaran bioma hutan hujan tropis di dunia meliputi daerah Brazil, India, Malaysia, dan Afrika. Sedangkan persebaran bioma hutan hujan tropis yang terdapat di Indonesia meliputi hampir wilayah antara lain seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

  1. Hutan Gugur

Ciri Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur adalah bioma yang memiliki posisi dibawah bioma hutan hujan tropis. Bioma hutan gugur sering disebut sebagai bioma hutan hujan sedang lantaran curah hujan yang ada di wilayah ini akumulasinya tidak sebanyak yang ada dalam bioma hutan hujan tropis.

Ciri Bioma Hutan Gugur

Adapun karakteristik yang ada dalam bioma hutan gugur, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Curah hujan yang terdapat pada daerah ini berkisar antara 75 sampai dengan 1000 mm per tahun
  2. Cuaca yang dirasakan masyarakat menemapati wilayah ini relatif sangat panas
  3. Terdapat beragam jenis flora dan fauna endemik yang ada di wilayah bioma hutan gugur
  4. Pohon-pohon yang tumbuh di daerah ini akan menggugurkan daunnya pada iklim dingin dan berdaun lebat pada iklim panas.
Persebaran Bioma Hutan Gugur

Persebaran bioma hutan gugur di dunia terjadi pada negara Amerika Serikat bagian Timur, Britania Raya, Australia, dan Afrika Utara. Sedangkan untuk wilayah persebaran bioma hutan gugur yang terjadi di wilayah Indonesia meliputi berbagai daerah, antara lain seperti Bangka Belitung, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tengara Timur, Kepulauan Buton, dan Maluku.

  1. Sabana

Gambar Bioma Sabana

Bioma Sabana adalah bioma yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu bioma sabana murni dan sabana campuran. Disebut sabana murni karena pada daerah ini masih ditumbuhi tanaman asli. Sedangkan yang disebut sabana campuran adalah daerah yang ditumbuhi tanaman yang sudah tidak asli lagi.

Ciri Bioma Sabana

Secara garis besar, ciri khas yang terdapat dalam Bioma Sabana, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bioma sabana ini terletak pada daerah yang dilalui oleh garis ekuator (garis khatulistiwa)
  2. Curah hujan yang terjadi pada daerah bioma sabana cenderung relatif kecil yaitu hanya berkisar 100 sampai dengan 150 mm per tahun
  3. Drainase atau aliran air yang terjadi pada daerah bioma sabana ini sangat baik.
Persebaran Wilayah Bioma Sabana

Sedangkan untuk wilayah-wilayah yang menjadi persebaran bioma sabana di dunia terletak pada daerah Asia Tenggara, Amerika Tengah, India, dan Afrika Utara. Sedangkan persebaran bioma sabana di Indonesia terletak di daerah Pulau Kalimantan dan Papua saja.

Nah, artikel diatas merupakan penjelasan secara lengkap terkait dengan macam bioma, ciri, dan wilayah persebarannya yang ada di Indonesia dan dunia. Semoga sedikit uraian materi diatas mampu menambah wawasan pembaca. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *