Macam-Macam Prilaku Jujur

Diposting pada

Macam Jujur dan Contohnya

Sikap berprilaku jujur adalah tindakan manusia sebagai makhluk sosial yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua orang. Alasannya karena dengan perilaku jujur itulah setiap individu dapat dipercaya perkataannya dan bisa menunjukkan kualitas pribadi yang baik pada dirinya sendiri.

Selain itu melalui implementasi berbagai macam sikap jujur itu pula, maka setiap pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dapat dilakukan dengan maksimal.

Jujur

Jujur sebetulnya memiliki arti sebagai bentuk ungkapan atau ucapan yang disampaikan dengan baik dan niat yang begitu tulus dalam perwujudan kata yang nyata tanpa rekayasa sedikitpun. Sehingga prihal ini pengertian jujur adalah bentuk tindakan yang menunjukkan segala sesuatu tanpa basa basi dan terkesan dengan apa adanya serta tidak terlihat sedang di buat-buat.

Oleh karena itulah setiap kejujuran yang dilakukan oleh seseorang diyakini akan mendapatkan suatu kebaikan yang jauh lebih besar pahala atau keuntungan yang diperoleh dari orang yang berkata jujur tersebut, hal ini sebagaimana diajurkan dalam kepercayaan (agama). Salah satunya ialah Islam.

Macam Jujur

Prilaku jujur dapat disampaikan dalam beberapa bentuk, termasuk macam-macam jujur menurut tempat dan objeknya yang terbagi atas;

  1. Niat dan kehendak

Perbuatan atau perkataan jujur dalam niat dan kehendak artinya yaitu segala sesuatu yang menjadi motivasi terdalam bagi setiap orang untuk melakukan perbuatan-perbuatan baik sesuai dengan alur yang benar dan nyata pada masing-masing langkah seseorang untuk menaati setiap aturan yang ada.

Dimana untuk perbuatan jujur ini pada dasarnya dapat disampaikan dengan tulus apa adanya dan dilakukan dengan tindakan yang nyata. Sehingga seseorang yang berpura-pura dalam menyampaikan kejujuran bisa diartikan sebagai orang yang tidak ikhlas dalam melakukan suatu perbuatan atau tindakan.

Contoh Jujur Niat dan kehendak

Prihal ini misalnya saja prilaku seseorang yang terleguh dalam hatinya untuk menghindari perbuatan menyontek dalam bentuk apapun. Dimana menyontek ini bagian daripada tindakan terlarang alasannya karena merugikan orang lain.

  1. Ucapan

Tindakan jujur dalam ucapan artinya yaitu melakukan penyampaian informasi atau suatu hal, tertentu dengan kenyataan yang sesuai atau berdasarkan fakta yang ada tanpa dibuat-buat maupun direkayasa. Bentuk kejujuran semacam ini sangatlah penting dilakukan karena sangat baik untuk kebaikan banyak orang.

Contoh Jujur dalam Ucapan

Contoh prilaku jujur dalam ucapan ini misalnya saja dengan senantisa meminta ijin apabila ingin meminjam barang kepada teman. Apabila tidak meminta izin termasuk dalam perbuatan terlarang, bahkan dianggap kriminalitas lantaran bagian daripada mencuri.

Selain itujuga setelah seorang teman memberikan izin harus pula dikembalikan, terkecuali sudah ada kesepakatan tertentu.

  1. Perbuatan

Tindakan jujur dalam perbuatan artinya yaitu perbuatan jujur yang dilakukan bukan hanya sekedar pembicaraan atau penyampaian informasi saja, melainkan juga dilakukan seimbang antara lahiriah dan batiniah. Sehingga baik perkataan maupun perbuatan sama sama dilakukan dengan nyata dan niatan yang tulus apa adanya untuk menyampaikan berbagai hal yang sesuai dengan fakta.

Contoh Jujur dalam Perbuatan

Hal ini misalnya saja tercermin dari tindakan seseorang yang berusaha untuk mengindari dalam berkata bohong sekecil apapun kepada orang tua, guru, maupun teman. Alasannya karena dengan tindakan tersebutlah seseorang bisa meminimalisir kesenjangan yang terjadi.

Cara Membiasakan Diri Agar Selalu Jujur

Secara singkat berikut adalah beberapa cara untuk membiasakan seseorang melakukan tindakan-tindakan yang jujur. Antara lain;

  1. Mencari teman yang berkualitas dengan memperhatikan perbuatan-perbuatannya. Apabila seorang teman tersebut terlihat dapat dipercaya dan selalu menyampaikan hal-hal dengan jujur maka perlu untuk ditiru. Karena semakin baik seorang teman, akan berpngaruh pula pada kepribadian diri kita masing-masing.
  2. Mencari lingkungan yang membawa pengaruh baik untuk diri sendiri salah satunya ialah lingkungan yang mendukung kejujuran dan menghindari perbuatan-perbuatan yang buruk.

Dari penjelasan yang dikemukakan, setelah mengetahui pentingnya sikap jujur yang perlu dilakukan setiap orang, maka sudah sepatutnya perilaku jujur ini harus diterapkan atau diajarkan sedari kecil. Alasannya karena semakin awal tingkat pendidikan kejujuran ini disampaikan oleh seorang anak, maka hal ini cenderung dapat menumbuhkan sikap jujur yang semakin baik dalam diri anak tersebut.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan jenis-jenis sikap jujur dan contohnya. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensi terkait materinya.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *