Macam Industri Kreatif dan Contohnya

Diposting pada

Industri Kreatif di Indonesia

Industri kreatif saat ini menjadi perbincangan yang hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Khususnya, diperbincangkan dalam forum ekonomi dan kalangan entrepreneur. Mengapa bisa demikian? Karena industri kreatif ini menggabungkan antara informasi, kreativitas, dan penciptaan produk.

Industri kreatif di Indonesia sendiri pun mampu tumbuh dan berkembang menjadi basis baru dalam sektor industri, baik yang berskala besar, menengah, maupun kecil. Industri kreatif memiliki keunikan, dengan sebagian besar prosesnya ditopang oleh faktor sosial, budaya, kearifan lokal, kelestarian lingkungan yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memperoleh arti pasar yang cukup luas bahkan mampu diekspor keluar negeri.

Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang mengunggulkan sisi kreativitas dengan berpotensi menghasilkan desain barang yang bernilai kreatif melekat pada barang yang dihasilkan tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa industri kreatif merupakan bentuk industri yang prosesnya mengandalkan modal utama melalui adanya informasi serta kreativitas individu (pelakunya) dalam tujuan kegiatan ekonomi.

Industri kreatif berperan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia serta secara global. Ekonomi di dunia kini memprediksi bahwa saat ini dan ke depan nanti ekonomi global akan semakin bergantung pada sektor industri kreatif.

Mengapa? Karena adanya ketergantungan masyarakat global pada teknologi infomasi dalam aktivitasnya sehari-hari, hal ini sudah menyebabkan pertumbuhan yang eksponensial pada industri kreatif. Pertumbuhan itu mencakup industri pada perangkat lunak seperti komputer, film, musik, publikasi, hiburan, maupun  fashion. Sebagai awalan, industri kegiatan ekonomi kreatif nasional sendiri sudah mengalami pertumbuhan eksponensial pada tiga tahun terakhir.

Macam Industri Kreatif

Berikut beberapa macam industri kreatif yang sering dikembangkan di Indonesia. Antara lain;

  1. Periklanan

Periklanan atau advertising adalah industri kreatif yang terkait dengan jasa. Kegiatannya meliputi proses kreasi, produksi serta distribusi dari iklan yang dihasilkan tersebut. Tidak hanya itu, namun juga dapat berbentuk riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruangan, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran brosur, selebaran dan pamphlet.

Industri kreatif juga dapat berupa pemasangan iklan di media cetak seperti surat kabar dan majalah serta media elektronik seperti televisi dan radio.

  1. Arsitektur

Induatri kreatif sektor arsitektur merupakan kegiatan industri yang berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh. Umumnya kegiatan industri ini membuat desain bangunan seperti arsitektur taman, dan perencanaan kota.

Tidak hanya itu, industri ini juga melakukan perencanaan biaya kronstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi berdasarkan desain yang ada. Industri kreatif arsitektur juga melayani konsultasi kegiatan teknik dan sipil serta rekayasa mekanika dan elektrikal.

  1. Pasar Seni dan Barang Antik

Industri kreatif jenis ini merupakan kegiatan industri yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli yang unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi. Kegiatan perdagangannya dilakukan melalui lelang, membuka galeri, membuka toko, pasar swalayan, serta memanfaatkan ketersediaan internet. Barang-barang bernilai estetika tersebut meliputi barang-barang musik, percetakan, kerajinan, automobile dan film.

  1. Kerajinan

Industri kreatif sektor kerajinan adalah kegiatan kreatif yang terkait dengan proses kreasi secara keseluruhan mulai dari dari desain awal sampai proses finishing produknya. Barang kerajinan yang tergolong ke dalam industri kreatif meliputi barang yang terbuat dari batu-batuan bernilai tinggi, serat alam maupun serat buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, kapur dan logam (baik yang berupa emas, perak, tembaga, perunggu, maupun besi). Namun, produk kerajinan tersebut pada umumnya bukan produksi massal melainkan hanya melayani produksi pesanan.

  1. Desain

Desain ialah suatu kegiatan yang kreatif berkaitan dengan proses berkreasi dalam bentuk desain grafis, interior, produk, industri, maupun proses memberikan pelayanan konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset produksi kemasan hingga jasa pengepakan.

  1. Fashion (Gaya Penampilan)

Fashion merupakan kegiatan kreatif yang berkaitan dengan proses kreasi desain pakaian, desain alas kaki, serta desain aksesoris mode lainnya.

Tidak hanya berhenti pada proses desainnya saja, melainkan juga mengenai produksi pakaian mode dan aksesorisnya, hingga adanya layanan konsultasi produk ashion, dan mendistribusikan hasil produksi dari produk-produk fashion.

  1. Sektor Video, Film dan Fotografi

Jenis industri kreatif sub sektor yang ini terkait dengan kegiatan kreasi produksi video, film maupun jasa fotografi. Selain jasa produksi, industri ini juga memberikan jasa distribusi rakaman video dan film, termasuk juga didalamnya terdapat penulisan skrip, dubbing suara dalam film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.

  1. Permainan Interaktif

Industri kreatif subsektor permainan interaktif adalah kegiatan kreatif yang berhubungan dengan kreasi, produksi hingga distribusi permainan komputer dan video yang sifatnya adalah sebagai hiburan maupun edukasi anak. Hal ini dikarenakan subsektor permainan interaktif bukan hanya didominasi sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.

  1. Musik

Musik merupakan kegiatan kreatif yang berhubungan dengan adanya kreasi dalam menciptakan musik. Pencipta musik memerlukan inspirasi untuk dapat membuat musik yang dapat mewakili suasan hati setiap orang yang menikmatinya.

Tujuan tersebut dicapai dengan proses kreasi pada komposisi nada, pertunjukan, reproduksi dan distribusi dari suatu rekaman suara.

  1. Seni Pertunjukan

Kegiatan kreatif yang satu ini tentu berbeda dengan subsektor yang sebelumnya. Industri ini berkaitan dengan usaha pengembangan konten produksi pertunjukan.

Pertunjukan apa yang dimaksud? Pertunjukkan ini dapat terbagi menjadi beberapa jenis seperti pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tour musik etnik. Industri seni pertunjukkan ini juga mendukung kegiatan melalui proses desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung dan tata pencahayaan.

Contoh Industri Kreatif

Contoh industri kreatif juga terdapat pada masing-masing subsektor yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut contoh industri kreatif tersebut.

  • Periklanan

Kreasi iklan shopee yang menggaet artis terkenal dan dikemas dengan kreatif. Selain tujuannya untuk menarik minat pembeli, juga memberikan hiburan melalui iklan yang ditampilkan. Iklan ini ditampilkan di televisi, maupun di media sosial dan media cetak.

  • Arsitektur

Industri kreatif satu ini sangat tercermin pada gedung-gedung yang mewah dan tidak biasa seperti gedung tertinggi di dunia bernama Burj Khalifa. Tidak hanya itu, Sydney Opera House merupakan salah satu industri kreatif arsitektur yang sukses di kancah dunia karena keunikannya.

  1. Pasar Seni dan Barang Antik

Industri jenis satu ini dapat di lihat pada beberapa pasar yang ada di wilayah Indonesia. Salah satunya di pasar Triwindu Solo. Di pasar tersebut menjual barang-barang antik yang bernilai tinggi.

  • Kerajinan

Industri kreatif jenis ini dapat dilihat pada produk kerajinan yang di hasilkan seperti patung, ukiran kaligrafi, perkakas rumah tangga, meja dan kursi, vas bunga, topi jerami, tas dari daun pandan maupun enceng gondok yang bernilai tinggi.

  • Desain

Industri kreatif ini dapat berupa desain produk yang sangat unik dan menarik. Seperti pada desain boneka kayu dengan berbagai karakter khas suatu daerah. Misalnya, membuat desain boneka tokoh pewayangan.

  • Fashion (Gaya Penampilan)

Fashion saat ini berkembang dengan kreasi yang luar biasa. Mulai dari busana muslim hingga konvensional lainnya. Kota yang industri fashionnya mendunia ialah Milan di Italia dan Paris di Prancis. Serta negara New York. Indonesia sendiri saat ini mulai terbit kreasi fashion muslim yang mempesona.

  • Sektor Video, Film dan Fotografi

Dunia perfilman yang saat ini berkembang pesat salah satunya terlihat pada negara Korea Selatan yang film dan dramanya ditonton oleh banyak kaum. Melalui sektor inilah kemudian budaya kehidupan Korea dikenal oleh masyarakat luas yang sebelumnya tidak mengetahui budaya tersebut.

  • Permainan Interaktif

Permainan interaktif yang menarik minat anak-anak merupakan media unuk mengeksplorasi keindahan alam, sebagai sarana hiburan serta sebagai media edukasi bagi mereka. Permainan semacam ini dapat kita lihat pada permainan modern seperti media belajar di internet. Namun, permainan tradisional juga ada seperti gasing, gobag sodor, main egrang, dan lompat tali.

  • Musik

Industri kreatif subsector musik dapat dilihat pada adanya berbagai genre musik yang berkembang di kalangan musisi salah satunya di Indonesia seperti musik keroncong, campursari, dangdut, musik pop, rock, reggae, dan juga musik tekno. Musik-musik ini merupakan identitas sekaligus kekayaan negara.

  • Seni Pertunjukan

Seni pertunjukkan yang terkenal di Indonesia seperti pertunjukkan ondel-ondel dalam budaya betawi, pertunjukkan wayang orang seperti yang diadakan di gedung wayang orang Sriwedari, pertunjukkan reog ponorogo serta jenis pertunjukkan lainnya.

Itulah tadi penjelasan dan uraian lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkaitan dengan macam-macam industri kreatif yang ada di Indonesia dan contohnya secara umum. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *