Macam BUMS dan Contohnya

Diposting pada

Macam Badan Usaha Milik Swasta

Sumber daya ekonomi yang ada di alam semesta ini dilakukan pengelolaan agar dapat memenuhi arti kebutuhan hidup orang banyak. Namun, tidak semua kewenangan menangani sumber daya ekonomi tersebut dipegang oleh pemerintah saja atau oleh masyarakat saja. Melainkan, terbagi atas dua garis besar pengelolaan yaitu oleh negara dan juga oleh swasta.

Pengelolaan yang dilakukan oleh negara kemudian disebut sebagai BUMN sedangkan yang dilakukan oleh swasta disebut dengan BUMS. Artikel ini akan membahas terkait materi BUMS secara lebih mendalam dengan menyajikan macam bentuk BUMS serta dengan contohnya yang mungkin sering kita lihat di wilayah sekitar tempat tinggal kita.

BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

Badan Usaha Milik Swasta atau disingkat dengan BUMS merupakan badan usaha yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak swasta atau non-pemerintah. Pengelolaan yang dimaksud disini ialah mulai dari kepemilikan dan permodalannya. Dalam teori motif ekonomi, Badan Usaha Milik Swasta diartikan sebagai badan usaha yang dimiliki dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang tertentu.

Pengertian BUMS juga dicantumkan dalam UUD 1945 Pasal 33 yaitu BUMS merupakan badan usaha yang mana bidang usaha yang dilakukan oleh pihak swasta ini ialah sumber daya ekonomi yang sifatnya non-vital serta tidak menguasai sepenuhnya hajat hidup orang banyak.

Hal ini dikarenakan kegiatan ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak seperti listrik dan bahan bakar minyak dikuasai oleh pemerintah.  Meskipun demikian, BUMS ada juga untuk kemakmuran rakyat.

Macam Badan Usaha Milik Swasta

Adapun untuk jenis-jenis BUMS dan contohnya yang mudah kita kenal. Antara lain sebagai berikut;

  1. Perusahaan Perseorangan

Seperti namanya, maka perusahaan perseorangan merupakan bentuk usaha yang dilakukan oleh seseorang secara pribadi. Perseorangan yang dimaksud disini ialah mencakup kepemilikan, permodalan, dan taggung jawab ada di tangan satu pengusaha saja.

Meskipun tanggung jawab ada di tangan pribadi, namun proses pendiriannya pun memerlukan izin dari pemerintah daerah setempat. Salah satu keunggulan perusahaan perseorangan adalah rahasia perusahaan terjamin karena berada di tangan satu orang. Sedangkan kelemahannya ialah kemampuan modalnya terbatas.

Contoh BUMS Perseorangan

Contoh BUMS bentuk perusahaan perseorangan adalah Laundry yang ada di sekitar pemukiman warga. Usaha ini dimodali, dimiliki, dan di bawah tanggung jawab satu orang warga. Ia mengelola usahanya sendiri dengan modal yang diperoleh dari tabungan serta melakukan manajemen usahanya secara pribadi sesuai dengan yang ia inginkan.

  1. Firma

Apabila perusahaan perseorangan dilakukan oleh satu orang pengusaha saja, maka berbeda dengan firma yang dilakukan oleh dua orang atau lebih pengusaha. Pihak-pihak tersebut terlibat dalam suatu persekutuan yang mendirikan usaha dengan satu nama dan dilakukan pembagian hasil yang jelas.

Umumnya, pihak yang terlibat ialah masih memiliki ikatan kekerabatan atau keluarga. Meskipun masih satu keluarga, akta pendirian usaha juga dilakukan di hadapan notaris agar ada kejelasan hitam di atas putih. Keunggulannya, modal dapat dicari bersama. Namun, dimungkinkan aka nada perselisihan diantara kedua belah pihak.

Contoh BUMS Firma

Contoh firma sebagai BUMS ialah, perusahaan sepatu dengan merk Vans. Mengapa bisa dikatakan sebagai usaha firma? Karena didirikan oleh Paul Van Doren dengan saudara-suadaranya yang berawal hanya membuka toko sepatu.

  1. Persekutuan Komanditer (CV)

Persekutuan komanditer tergolong ke dalam BUMS karena dijalankan oleh masyarakat yang diklasifikasikan ke dalam dua sekutu, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Orang yang terlibat dalam CV sebagai sekutu aktif maka perannya ialah memimpin jalannya usaha, sedangkan yang terlubat sebagai sekutu pasif perannya adalah menyerahkan modal dan tidak ikut dalam tanggung jawabnya menjalankan usaha.

Keuntungan adanya pengklasifikasian ini ialah adanya perjanjian khusus di awal pendirian usaha. Sama halnya dengan bentuk BUMS yang lain, maka CV juga perlu didaftarkan melalui akta notaris dan Departemen Kehakiman.

Contoh BUMS CV

Contoh BUMS yang dikenal dengan bentuk CV yaitu  CV. Unicorp Indonesia yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan ini menjual bahan-bahan pendingin yang terbesar di Indonesia.

  1. PT Terbuka

Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan usaha yang modalnya terbagi ke dalam beberapa saham. Orang yang memiliki sham tersebut berarti juga memiliki hak yang sama dengan pemilik perusahaan tersebut yang lain. perseroan terbatas ini terbagi lagi atas dua bentuk  yaitu PT terbuka dan tertutup. Untuk PT terbuka, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memiliki saham untuk kemudian memiliki kontrol yang sama dalam perusahaan.

Contoh BUMS PT Terbuka

Contoh PT terbuka adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki tulisan Tbk. diakhir nama perusahaannya. Seperti misalnya PT Gudang Garab, Tbk yang berarti bahwa perusahaan rokok ini sahamnya telah terbuka untuk masyarakat umum memilikinya.

Selain itu, PT. Tiga Pilar Sejahtera Tbk yang memproduksi makanan serta beras juga merupakan contoh perusahaan terbuka karena kepemilikannya terbuka untuk seluruh lapisan swasta dengan prosedur jual-beli saham.

  1. PT Tertutup

Kebalikannya dari PT terbuka, maka PT tertutup merupakan salah satu jenis badan usaha perseroan terbatas yang mana sahamnya tidak diperjualbelikan secara umum dan bebas kepada masyarakat. Namun, prosedur jual-beli sahamnya terbatas pada kalangan tertentu saja. Misalnya, hanya pada kalangan keluarga saja sehingga kotrol perusahaan masih di satu keluarga meski melalui jual-beli saham perusahaan.

Contoh BUMS PT Tertutup

Contohnya, perusahaan Grup Bakrie. Perusahaan ini secara umum dimiliki oleh keluarga Bakrie saja. Hal ini dikarenakan saham perusahaan Grup Bakrie hanya diperjualbelikan pada kalangan tertentu yang masih satu keluarga. Sehingga, kepemilikan dan control Grup Bakrie ini dipegang oleh keluarga Bakrie.

  1. Yayasan

Berbeda dengan bentuk badan usaha yang sebelumnya, yayasan merupakan badan usaha yang dikelola oleh masyarakat dengan orientasi utamanya ialah kepentingan sosial. Namun, yayasan tetap mengambil margin dari pelaksanaan usahanya untuk dialokasikan pada pengembangan yayasan.

Pendiriannya masih sama dengan usaha-usaha lainnya yaitu dengan prosedur perizinan yang sesuai sehingga yayasan juga termasuk pada usaha berbadan hukum. Yayasan dikategorikan dalam beberapa bidang sesuai kepentingan sosial yang dikehendakinya. Misalnya, yayasan pendidikan, yayasan kesehatan, maupun yayasan sosial.

Contoh BUMS Yayasan

Sebagai contoh, yayasan pendidikan batik yang ada di Surakarta. Yayasan pendidikan ini terdiri dari pengelolaan sekolah mulai dari SMP, SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi. Orientasi utamanya adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan. Yayasan ini didirikan oleh pihak swasta yang kemudian secara bersama-sama mengelolanya.

  1. BUMS Nasional

Badan Usaha Milik Swasta nasional merupakan badan usaha yang dimodali dan dijalankan oleh pihak di luar pemerintahan. Dengan kata lain, BUMS modalnya secara utuh berasal dari pihak swasta dalam negeri. Tidak ada campur tangan dari pihak asing serta dari pemerintah sendiri kecuali sebatas perizinan.

Contoh BUMS Nasional

Contoh BUMS nasional ialah PT. Unilever Indonesia yang bergerak pada industri produk konsumen, PT. Air Mancur yang bergerak pada industri bidang makanan herbal, PT. Djarum yang bergerak di industri produksi rokok, dan sebagainya.

  1. BUMS asing

Kebalikan dari BUMS nasional yang modalnya dari pihak swasta dalam negeri, maka BUMS asing merupakan badan usaha yang mana modal dan kepemilikannya secara utuh berasal dari masyarakat luar negeri.

Contoh BUMS Asing

Sebagai contoh, PT. City Bank yang bergerak di bidang perbankan, dan PT. Ericsson di bidaang telekomunikasi.

Itulah tadi uraian atas materi yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan macam Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dan contohnya yang ada di Indonesia. Semoga bisa memberikan edukasi serta referensi bagi semuanya.

Daftar Pustaka
  1. Dkings. 2018. Pengertian dan Macam-Macam BUMS. (online) www.thekingslau.blogspot.com/2018/04/pengertian-dan-macam-macam-bums.html (diakses pada 28 April 2020).
  2. Husnil. 2011. Macam-Macam BUMS (Badan Usaha Milik Swasta). (online) www.husnil91.wordpress.com/2011/03/20/macam-macam-bums-badan-usaha-milik-swasta/ (diakses pada 28 April 2020).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *