Macam Bakat dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Bakat dan Contohnya

Setiap orang sebagai makhluk sosial memiliki potensi dalam dirinya untuk melakukan sesuatu. Potensi diri dapat dikembangkan jika ada kemauan dan juga pemaksimalan beragam macam minat untuk mengembangkan. Sebagian orang berhasil mengembangkan potensi dalam dirinya.

Potensi diri dapat dikembangkan hanya sekedar menjadi sebuah hobi dapat pula dijadikan sebagai sebuah profesi. Potensi diri sering disebut pula dengan bakat.

Bakat

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dan sudah melekat dalam dirinya, sehingga mempermudah dalam mempelajari maupun mengembangkan sesuatu yang berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki. Meskipun sudah melekat dalam diri seseorang, bakat masih perlu dikembangkan agar kemampuan yang dimiliki makin berkembang.

Jenis Bakat

Bakat dikelompokan menjadi beberapa macam yang mana kesemua itu sejatinya saling berhubungan satu sama lainya. Adapun jenis bakat dan contoh singkatnya. Antara lain:

Bakat Umum

Bakat umum merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu yang bersifat umum. Bakat umum biasanya dimiliki oleh semua orang. Namun hal tersebut akan menjadi hal yang biasa apabila tidak dikembangkan, dan akan menjadi sesuatu yang luar biasa ketika seseorang mampu megembangkankan bakatnya meskipun bakat tersebut banyak dimiliki oleh orang lain.

Contoh bakat umum antara lain:

  1. Mampu menulis

Menulis menjadi salah satu bakat umum atau dengan kata lain dimiliki oleh setiap orang. Meskipun bersifat umum, apabila kegiatan menulis menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan terus menerus, maka dapat menghasilkan suatu karya tulis yang tidak dimilikioleh setiap orang.

Kesempatan-kesempatan iniliah yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk sekedar mengembangkan hobi atau dapat juga dijadikan sebagai peluang usaha.

  1. Mampu berbicara

Berbicara dapat dilakukan oleh setiap orang. Kemampuan berbicara juga menjadi salah satau bakat umum atau mampu dilakukan olrh setiap orang. Meskipun begitu, kemampuan berbicara harus terus diasah dan dikembangkan supaya kemampuan kita dalam memahami dan menyusun kosa kata menjadi lebih baik.

Bakat Khusus

Bakat khusus merupakan kemapuan yang dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, tidak semua orang memiliki. Bakat khusus lebih berpotensi untuk dikembangkan. Bakat khusus dikelompokan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Bakat Numerial

Bakat numerial merupakan kemampuan atau potensi yang dimiliki seseorang dalam bidang angka atau matematika. Seseorang yang memiliki bakat numerial cenderung suka menghitung, lebih teliti, dan lebih selektif. Contoh orang yang memiliki bakat numerial adalah seorang akuntan.

Salah satu tokoh dunia yang memiliki bakat numerial adalah Pytagoras. Ia merupakan tokoh yang menemukan rumus pytagoras. Pytagoras adalah seorang matematikawan dan filsuf yunani yang sangat terkenal karena teoremanya. Ia juga dikenal dengan bapak bilangan karena kemahirannya dalam bidang numerial.

  • Bakat Abstrak

Bakat angka berbanding terbalik dengan bakat numerial. Bakat abstrak merupakan kemampuan seseorang dalam membuat dan memahami pola, rancangan, bentuk, ukuran, diagram, dan posisi lainnya yang berkaitan dengan keruangan.

Contoh bakat abstrak adalah seorang arsitektur. Seorang arsitektur memiliki kemampuan dalam menentukan pola, bentuk, tata ruang sebuah bangunan. Kejelian dalam menentukan pola menjadi kelebihan seseorang yang memiliki bakat abstrak.

  • Bakat Mekanik

Bakat mekanik merupakan kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam bentuk tata kerja, prinsip umum IPA, alat-alat dan lainnya. Contoh bakat mekanik adalah seorang teknisi mesin.

  • Bakat Verbal

Bakat verbal merupakan potensi atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bentuk hal konsep atau kata-kata. Contoh pekerjaan yang membutuhkan seseorang memiliki kemampuan verbal adalah guru, presenter, pengacara. Seseorang yang memiliki bakat verbal mampu mengolah kata-kata menjadi suatu konsep yang tertata rapi serta mudah dipahami oleh semua orang.

  • Bakat Bahasa

Seseorang yang memiliki bakat khusus dalam penalaran berbahasa dapat dikatakan bahwa ia memiliki bakat bahasa. Contoh pekerjaan yang dapat dikembangkan dari seseorang yang memiliki bakat dalam bidang bahasa adalah ahli linguistik, editing, dan bidang-bidang lainnya yang sejenis.

Salah satu contoh tokoh yang memiliki bakatbahasa adalah Ferdinand de Saussure. Dia merupakan linguis asal Swiss yang dipandang sebagai salah satu bapak linguistik modern dan semiotika.

  • Bakat Skolastik

Bakat skolastik merupakana kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengkombinasikan kata dan angka. Bakat skolastik meliputi kemampuan penalaran, mengurutkan, menciptakan hipotesis, mencari keteraturan konseptual. Kelebihan lain dari seseorang yang memiliki bakat skolastik adalah kemampuannya memiliki pandangan hidup yang bersiat rasional.

Contoh pekerjaan yang dapat dikembangakan oleh seseorang yang memiliki bakat skolastik adalah ilmuwan, programmer. Tokoh-tokoh dunia seperti Newton, Einstein, adalah para ilmuwan yang memiliki bakat khusus berupa bakat skolastik.

  • Bakat Relasi Ruang

Seseorang yang memiliki bakat relasi ruang atau bakat spasial biasanya memiliki kemampuan mengamati pola dua dimensi dan mampu berpikir dalam tiga dimensi. Dengan kata lain, seseorang dengan kemampuan relasi ruang mempunyai kepekaan terhadap detail visual.

Contoh pekerjaan yang dapat dikembangkan dari seseorang yang memilliki bakat relasi ruang adalah pilot, fotografer. Tokoh-tokoh yang memiliki kemampuan mengenali ruang adalah Pablo Picasso.

  • Bakat Kecepatan Ketelitian Klerikal

Seseorang yang memiliki bakat Ketelitian klerikal biasanya memiliki kemampuan dalam hal tulis menulis, ramu meramu dalam sebuah laboratorium. Contoh seseorang yang memiliki bakat kecepatan ketelitian klerikal adalah seorang ahli kimia.

Itulah tadi ulasan akan penjelasan yang bisa kami semapikan yang berhubungan dengan macam-macam bakat dalam diri manusia dan contohnya untuk kehidupan nyatanya. Semoga memberikan bahan edukasi serta referensi bagi semua. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *