Kelebihan dan Kekurangan BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

Diposting pada
Rate this post

Kelebihan dan Kekurangan BUMS

Pernahkah anda mendengar istilah BUMS?. BUMS merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Swasta yang dimaknai sebagai badan usaha berdiri sendiri karena adanya modal dari seseorang atau sekelompok orang yang ingin mencapai tujuan tertentu.

Disisi lain, badan usaha milik swasatamemiliki beberapa fungsi yang sangat baik untuk kalangan masyarakat secara luas bahkan dalam hal perkonomian negara. Meski disisi lain BUMS juga memiliki sejumlah kekurangan yang ada di dalamnya.

BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

Badan usaha milik swasta (BUMS) adalah badan usaha yang dimodali oleh pihak swasta dengan didirikan oleh individu atau sekelompok orang yang bekerjasama.

Sehingga badan usaha milik swasta ini bukan hanya sekedar usaha yang dirikan dengan sembarangan, akan tetapi BUMS ini memiliki tujuan yang penting yaitu untuk mencapai suatu keuntungan yang semaksimal mungkin. Selain itu BUMS juga bertujuan untuk mengembangkan sebuah usaha agar tercipta lapangan kerja yang lebih luas lagi. Sebagai informasi bahwa badan usaha swasta atau BUMS ini sebenarnya dibedakan dalam dua jenis yaitu badan usaha swasta dalam negeri dan badan usaha swasta asing.

Keduanya memiliki pengertian yang berbeda, dimana badan usaha swasta dalam negeri adalah badan usaha yang dirikan berdasarkan modal dari pihak masyarakat dalam negeri. Sedangkan yang dimaksud dengan badan usaha swasta asing adalah badan usaha yang didirikan dengan perolehan modal dari pihak masyarakat asing.

Kelebihan dan Kekurangan BUMS

Badan usaha milik swasta atau BUMS ini juga memiliki beberapan peran yang tidak kalah penting. Hal ini tidak terhindarkan karakteristik yang dapat dipelajari oleh banyak orang. Baik dari pembelajaran terkait dengan kelebihan dan keurangannya.

Kelebihan BUMS

Badan usaha milik swasta ternyata dianggap memilik kelebihan yang sangat baik dalam kegiatan ekonomi atau bisnis. Beberapa bentuk kelebihan tersebut ialah:

  1. Dapat mengambil keputusan dengan cepat dan cekatan, karena pemilik modal kadang kala juga dilibatkan langsung dalam pengelolaan badan usaha.
  2. Memberikan sumbangan pajak pada kas pemerintah.
  3. Memberikan kontribusi yang sangat baik dalam hal menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB).
  4. Menyediakan barang dan jasa dengan optimal.
  5. Dapat memperoleh modal dengan cepat.
  6. Membuka kesempatan kerja yang lebih luas, sehingga menciptakan berkurangnya pengangguran.

Kelemahan BUMS

Badan usaha milik swasta selain memiliki kelebihan, ternyata ada beberapa kelemahan yang tentunya dapat menghambat proses kerja dari badan usaha ini sendiri. Beberapa bentuk kelemahan BUMS ialah :

  1. Lebih mementingkan keuntungan yang hendak diperoleh tanpa memperhatikan lingkungan sekitar dengan baik.
  2. Mengalami beberapa kendalam dalam masalah pinjaman.
  3. Sering terjadi beda pendapat atau miss komunikasi dala manajemen perusahaan.
  4. Memicu timbulnya persaingan yang tidak sehat.
  5. Devisa mengalir ke luar negeri.

Bentuk BUMS

Badan usaha milik swasta terdiri dari beberapa macam diantaranya;

  1. Perusahaan Perseorangan

Badan usaha yang didirikan oleh seorang individu secara pribadi dan mandiri yaitu dengan modal dari dirinya sendiri. Sehingga segala bentuk resiko maupun keuntungan yang akan dirasakan menjadi tanggung jawab dirinya sendiri.

Adapun untuk contohnya dalam perusahaan perseorangan ini yaitu restoran dan sejumlah penginapan yang kerapkali ita temukan.

  1. Firma

Bentuk badan usaha yang didirikan 2 orang atau lebih dengan menjalankan sebuah bisnis menggunakan satu nama. Tujuan dari badan usaha ini ialah untuk memperoleh keuntungan maksimal dengan cara pembagian hasil laba secara merata.

Umumnya seseorang yang mendirikan usaha ini mempunyai hubungan keluarga yang satu sama lain telah memiliki kepercayaan yang tinggi.

Adapun untuk contoh firma sebagai BUMS ini yaitu seperti pengacara, konsultan hukum, konsultas investasi dan keurangan, serta yang lainnya.

  1. Persekutuan Komanditer (CV)

Badan usaha yang terdiri beberapa orang dan yang melakukan atau menjalankan usahanya hanya beberapa orang saja. Sedangkan yang lainnya hanya melakukan penyerahan modal tanpa ikut serta mengelola usaha yang sedang didirikan tersebut.

Adapun untuk contog CV misanya saja adalah CV Archen yang beralamat di Kabupaten Karanganyar yang kerapkali menerima jasa penelitian untuk pemerintah, baik seperti indeks persepsi korupsi, ataupun untuk penelitian terkait dengan pasar.

  1. Persekutuan Terbatas (PT)

PT merupakan salah satu jenis badan usaha yang terdiri dari 2 orang atau lebih dengan menjalankan usahanya secara sungguh-sungguh melalui modal yang didapatkan dari pengeluaran saham.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa dijelaskan pada semua kalangan berkenaan dengan kelebihan dan kekurangan yang ada didalam BUMS (Badan Usaha Milik Swasta).

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *