Kelebihan Modal Sendiri dan Kekurangannya

Diposting pada
Rate this post

Kelebihan dan Kekurangan Modal Sendiri

Modal bisa dikatakan sebagai bagian terpenting dalam suatu jenis perusahaan persekutuan atau bisnis yang sedang dijalankan oleh seseorang. Karena tanpa adanya modal maka bisnis tidak mungkin dapat dilakukan. Disisi lain, modal dalam setiap memulai membentuk badan usaha yang paling mendasar adalah modal sendiri meski memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Selain itu, modal juga bukan hanya diwujudkan dalam bentuk uang saja. Melainkan ada banyak hal lainnya seperti gedung, alat-alat produksi, dan lain sebagainya yang dapat membantu proses produksi dari suatu barang.

Modal Sendiri

Modal sendiri adalah suatu modal usaha yang diperoleh atau didapatkan dari pemilik perusahaan atau bisnis itu sendiri. Sehingga pada umumnya modal sendiri ini hanya memiliki jangka waktu yang terbatas atau tidak bertahan dengan lama.

Oleh karena itu modal sendiri bisa ditinjau dari sudut likuiditas berbeda dengan penggunaan modal asing atau modal campuran.

Kelebihan Modal Sendiri

Beberapa kelebihan yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang terkait penggunaan modal sendiri. Antara lain;

  1. Tidak harus mengembalikan modal yang telah digunakannya untuk bisnis atau usaha

Hal ini karena modal tersebut diperoleh dari uang pribadi pemilik usaha atau bisnis tersebut. Sehingga tidak perlu pusing atau bingung untuk mengembalikan modal dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu dengan menggunakan modal, sendiri inipun juga mampu menghilangkan adanya beban biaya bunga dari setiap pinjaman yang dilakukan. Justru modal tersebut bisa diputar luaskan atau digunakan untuk kepentingan usaha tanpa tertekan dengan waktu pengembaliannya.

  1. Tidak ada keterikatan waktu untuk melakukan pengembalian modal

Modal sendiri yang diperoleh dari diri pribadi atau pemilik usaha umumnya tidak memiliki batasan waktu tertentu untuk pengmbalian. Karena logikanya modal tersebut merupakan milik diri pribadi yang tidak wajib harus ada batasan waktu tertentu untuk pengembaliannya.

  1. Tidak memerlukan persyaratan khusus untuk mengajukan peminjaman modal

Sudah semestinya dengan menggunakan modal sendiri tidak perlu ada syarat-syarat yang rumit. Karena modal bisa diambil dari tabungan pribadi pemilik usaha yang kapanpun bisa diambil tanpa mengajukan persyaratan seperti melakukan pinjaman ke pihak lain.

  1. Jumlah modal yang bisa digunakan biasanya akan disesuiakan dengan jumlah modal yang dimiliki pemilik itu sendiri

Umumnya dengan modal sendiri setiap pemilik usaha bisa menentukan jumlah modalnya tersebut sesuai dengan kepemilikan jumlah tabungannya sendiri. Dengan kata lain, apabila pemilik memiliki jumlah tabungan yang semakin banyak, maka secara tidak langsung hal ini juga akan mempengaruhi mereka untuk mendapatkan modal lebih banyak pula.

  1. Memberikan rasa tenang walaupun modal belum kembali diperoleh dalam jangka waktu tertentu

Kelebihan modal sendiri yang terakhir yaitu tetap memberikan rasa tenang, meskipun dalam jangka waktu tertentu usaha yang didirikan pemilik belum mampu mengembalikan modal. Rasa tenang ini dikarenakan modal tidak diperoleh dari pinjaman luar perusahaan.

Akan tetapi modal berasal dari uang pribadi pemilik usaha tersebut. Setidaknya rasa tenang ini menghilangkan rasa tertekan pemilik untuk segera membayar pinjaman modal ke luar pihak perusahaan.

Kekurangan Modal Sendiri

Selain memiliki kelebihan yang begitu banyak, ternyata modal sendiri juga mempunyai beberapa kekurangan. Antara lain;

  1. Sulit untuk digunakan pengembangan suatu usaha

Alasannya yaitu karena modal sendiri memiliki sifat yang terbatas dan jumlahnya kebanyakan tidak terlalu banyak. Oleh karena itu umumnya dengan modal sendiri usaha yang dirintis pemilik masih dalam ranah yang kecil atau UMKM.

  1. Waktu pengembalian yang tidak ditetapkan dalam jangka waktu tertentu membuat pemilik merasa lebih tenang dan kurang bersemangat untuk segera mengembalikan modal

Semakin tidak dikendalikan usaha maka usaha tersebut akan kurang berkurang. Hal ini juga dikarenakan modal yang pemilik gunakan berasal dari dalam dirinya sendiri, sehingga membuat mereka gampang meremehkan terkait dengan administrasi keuangan. Berbeda kondisinya ketika menggunakan modal asing yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

  1. Jumlah modal sendiri yang terbatas membuat pemilik hanya bergantung dengan usaha atau bisnis yang bisa disesuaiakan dengan modal tersebut

Artinya bisnis hanya sebatas modal yang diperoleh. Apabila jumlah modal rendah maka bisnis yang didirikan juga tidak dapat menjangkau dalam ranah yang luas. Karena pemilik harus dapat mempretimbangkan kinerja dan prospek usahanya dengan baik agar tidak terjadi kerugian.

  1. Pemilik usaha merasa dengan mudah dapat mengambil modal sewaktu-waktu yang menyebabkan arus keuangan bisnis tidak tertata dengan baik

Pengambilan modal yang tidak memerlukan persyaratan khusus membuat pebisnis merasa dengan mudah mendapatkan modal kapanpun. Tentunya hal ini akan membuat arus keuangan bisnis menjadi berantakan apabila tidak diatur dengan sistem akuntansi yang baik.

  1. Kurangnya perjuangan yang lebih berat dalam mendirikan sebuah usaha atau bisnis

Kelemahan terakhir dari modal sendiri yaitu kurang dilihatnya perjuangan yang lebih keras dari pemilik usaha yang hendak mendirikan bisnisnya. Hal ini karena mereka hanya masih sebatas menggunakan modal sendiri yang jumlahnya lebih minim jika dibandingkan dengan modal dari luar perusahaan

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada segenap pembaca berkenaan dengan kelebihan mempergunakan modal sendiri dan kekurangannya dalam membangun usaha.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *