Kelebihan Modal Asing dan Kekurangannya

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan Modal Asing

Modal pada hakekatnya terbagi menjadi beberapa macam dan salah satunya yaitu modal asing. Mendengar istilah asing tidak harus selalu dikaitkan dengan negara-negara yang ada diluar negari. Karena modal asing disini secara singkat diartikan sebagai modal dari luar perusahaan.

Hal ini penting, mengingat setiap jenis perusahaan persekutuan yang sedang merintis sebuah usaha pasti diawali dengan adanya modal asing dalam upaya membantu proses pendirian perusahaan tersebut. Meski disini lain memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Modal Asing (Pinjaman)

Modal yang pada dasarnya memiliki 3 jenis seperti modal sendiri, modal asing, dan modal campuran ini tentunya mempunyai ciri atau karakteristiknya masing-masing.

Dimana dalam modal asing disebutkan bahwa modal diperoleh dari luar perusahaan. Sehingga pengertian modal asing adalah modal yang didapatkan dari luar perusahaan dan bersifat sementara untuk bisa digunakan di dalam perusahaan, sedangkan bagi pihak perusahaan modal tersebut dianggap sebagai utang yang dalam jangka waktu tertentu harus dikembalikan secara utuh.

Kelebihan Modal Asing

Modal asing mempunyai beberapa kelebihan diantaranya yaitu sebagai berikut;

  1. Usaha/bisnis bisa lebih dikembangkan semakin luas

Melalui modal asing yang pada umumnya bisa diperoleh pinjaman dana dengan jumlah yang banyak, maka perusahaan atau suatu bisnis akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan usahanya. Selain itu dengan adanya modal yang banyak tersebut juga mempermudah proses produksi hingga proses pemasaran bagi bisnis yang sedang dijalankan.

  1. Meningkatkan motivasi dalam mencapai keberhasilan usaha.

Perusahaan yang memiliki modal asing, tentunya akan melakukan kinerja dengan lebih baik lagi. Karena mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk dapat mengembalikan pinjaman kepada pihak yang bersangkutan.

Oleh karena itu dengan adanya pinjaman modal asing ini justru dapat meningkatkan motivasi perusahaan atau pemilik bisnis untuk bisa melakukan manajemen usahanya dengan lebih baik lagi agar tercapai keberhasilan yang dikehendakinya.

  1. Bekerja dengan lebih sungguh-sungguh dan giat

Hampir berkaitan dengan penjelasan diatas. Dengan adanya modal asing ini maka para pekerja atau pebisnis akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik, alasannya karena mereka memiliki tanggungan yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu bekerja dengan sungguh-sungguh dan lebih giat menjadi salah satu dampak atau pengaruh positif dari pinjaman modal asing ini.

  1. Jumlah dari permohonan pinjaman modal tidak terbatas

Kelebihan berikutnya dari modal asing yaitu jumlah permohonan pinjaman yang dapat diperoleh yaitu tidak terbatas. Artinya dalam hal ini peminjam bisa mengaukan pinjaman dalam jumlah yang banyak dan dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk perluasan usaha agar semakin berkembang dengan lebih baik lagi.

  1. Adanya bukti maupun kesepakatan diawal

Mengenai bukti ataupun kesepakatan yang telah disetujui oleh kedua belah pihak juga menjadi bagian penting dan termasuk kelebihan dari modal asing.

Hal ini karena pihak pemberi pinjaman bisa sewaktu-waktu menagih pinjaman kepada pihak peminjam apabila belum membayarkan tagihan dalam jangka waktunya. Sebaliknya peminjam juga memiliki catatan atau tanda bukti yang benar mengenai jumlah pinjaman yang harus dikembalikan.

Kekurangan Modal Asing

Disini lain, modal asing juga memiliki beberapa kekurangan yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Modal asing memberikan waktu pengembalian yang telah terikat

Adanya jangka waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak baik peminjam dan pemberi pinjaman ini kadang kala membuat perusahaan yang sedang mengalami likuiditas merasa kesulitan untuk mengembalikan pinjamannya.

Sehingga hal inilah yang nantinya akan menjadi penyebab permasalahan yang lain, seperti terkendalanya proses produksi dan lain sebagainya.

  1. Adanya beban moral bagi perusahaan yang melakukan pinjaman modal asing

Hal ini bisa teradi karean jika perusahaan sedang berada dalam masalah keuangan atau kegagalan dalam produksi barang maka yang terjadi yaitu mengakibatkan kerugian.

Sehingga secara tidak langsung hal ini juga berdampak pada sulitnya perusahaan untuk mengembalikan pinjaman kepada pihak pemberi pinjaman. Kondisi inilah yang pada ahirnya menyebabkan beban moral tersendiri bagi pihak perusahaan.

  1. Adanya beban biaya bunga, biaya administrasi dan biaya-biaya yang lainnya

Modal asing ini tentu berbeda dengan modal sendiri yang tidak memerlukan biaya-biaya pendukung dalam hutang. Dalam modal asing ada beberapa biaya yang wajib untuk dibayarkan dan dipenuhi mulai dari biaya bungan setiap jatuh tempo pembayaran hutang maupun biaya administrasi lainnya yang diperlukan.

  1. Adanya tekanan yang kuat untuk melunasi berbagai tanggungan yang ada

Tekanan yang dianggap juga sebagai beban moral ini juga menjadi salah satu hal yang mungkin dapat menganggu pihak perusahaan untuk selalu melakukan berbagai cara agar sesegera mungkin dapat melunasi hutang. Sehingga secara tidak langsung justru tekanan-tekanan ini apabila tidak diimbangi dengan kinerja yang baik akan menjatuhkan usaha dari perusahaan itu sendiri.

  1. Jumlah keuntungan belum sepenuhnya bisa disimpan untuk perusahaan

Perusahaan yang masih memiliki hutang atau pinjaman yang diperoleh dari modal asing sudah pasti akan selalu menyisihkan hasil labanya untuk membayarkan hutang tersebut. Itulah sebabnya dengan pinjaman modal asing ini perusahaan belum bisa menyimpan seluruh keuntungan atau labanya secara penuh.

Itulah tadi penjelasan yang bisa diberikan tentang kelebihan menggunakan modal asing dan kekurangan mempergunakan modal asing bagi perusahaan.

Gambar Gravatar
Nama saya Nada Puspitasari saat ini sedang menempuh studi pendidikan IPS di salah satu kampus negeri terbaik di Jawa Tengah. Selain menulis di website https://www.ipsterpadu.com saya juga sedang menyelesaikan studi S1 saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *